Better You

Fakta Baru High Heels yang Wajib Anda Ketahui!

  by: Adya Azka       19/6/2015
  • Bila sudah menonton Jurassic World, pasti Anda salah satu orang yang terkesima dengan kemampuan sang leading lady untuk berlari cepat (bahkan lebih cepat dari T-Rex!) dengan high heels. Ouch, that gotta hurt later! Sebelum Anda memutuskan untuk jogging dengan high heels, berikut beberapa fakta yang mesti Anda ketahui terlebih dahulu.


    Studi awal oleh peneliti dari Harvard University mengungkap kalau memakai high heels dapat mengakibatkan penyakit artritis. Penyakit ini bisa terjadi di bagian tubuh lain tapi paling umum memang pada lutut, di mana “bantalan” yang berfungsi melindungi tulang saat Anda bergerak mulai terkikis. Namun menurut peneliti Warwick University dan Oxford Brookes University, dari 111 wanita berusia 50 – 70 tahun (29 dari partisipan akan melakukan operasi lutut), mereka justru tak menemukan korelasi kuat antara memakai high heels dan cidera otot lutut. Interesting.


    Hasil studi tersebut justru mengungkap fakta kalau penderita obesitas sebelum usia 40 tahun, pekerja yang melakukan tugas berat sehari-hari (termasuk ibu rumah tangga!) justru yang paling berisiko terkena cidera lutut. Hasil studi lain yang paling mengejutkan adalah ada link kalau berdansa dengan 3” heels justru dapat mengurangi risiko masalah pada lutut. Start dancing, ladies!



    High Heels = High Awareness. Walau studi tersebut mengatakan memakai high heels aman bukan berarti Anda boleh mengenakannya sepanjang hari! Menurut The Spine Health Institute, saat Anda mengenakan high heels Anda akan berjalan seperti berada di jalan yang landai: tekanan akan berat pada telapak kaki bawah, belum lagi pinggul dan tulang belakang akan terdorong ke depan, dan, ya, memfokuskan beban tubuh pada lutut. Hmm, so what to do??




    The Stiletto Rules: The Spine Health Institute menganjurkan untuk meregangkan otot kaki sebelum mengenakan high heels, tinggi sepatu ideal adalah dua inci (karena hanya menahan 57% beban tubuh pada kaki), batasi penggunaan pointed heels, dan pilih sepatu dengan insole dari bahan kulit untuk menjaga posisi kaki. Sounds reasonable, right?

    Lantas apa kesimpulannya? Well, tak dimungkiri memakai high heels adalah jalan pintas paling gampang untuk membuat Anda tampil photo-ready, tapi bila Anda akan survei ke lapangan yang menuntut Anda untuk berdiri terus dan bergerak aktif, mungkin lebih ideal untuk menyimpan high heels 5 inci Anda di rumah. Dan bila mendadak Anda dikejar dinosaurus di tengah hutan, it’s okay, you can run with it, karena menurut sang sutradara Jurassic World, Colin Trevorrow (yang pastinya sudah mendapatkan masukan dari para konsultan), “Justru akan lebih berbahaya bila dia berlari tanpa sepatu.” Cosmo couldn’t agree more. (Sahiri Loing / SW / Image: branislav ostojic / iStock / Thinkstock)