Better You

5 Kebiasaan yang Membuat Payudara Mengendur

  by: Redaksi       19/6/2015
  • Ladies, kabar buruk bagi Anda. Hasil penelitian dari University of California, Los Angeles menemukan bahwa usia jaringan di payudara dua sampai tiga tahun lebih cepat menua dibandingkan jaringan lainnya dalam tubuh. Yup, ini yang menjadi alasan mengapa payudara bisa mengendur meskipun usia masih terhitung muda. Untuk mengurangi masalah tersebut, Cosmo sarankan Anda untuk berhenti melakukan hal-hal di bawah ini.

    Diet Yo-yo

    Tidak teratur dalam menerapkan diet dapat membuat payudara semakin mengendur, lho. Ahli bedah payudara dan Presiden dari American Society for Aesthetic Plastic Surgery, Michael Edwards, MD, mengatakan setiap kali berat badan Anda naik dan turun, jaringan payudara akan menjadi semakin kendur. Sebaiknya hindari untuk melakukan diet yo-yo yang membuat berat badan tidak stabil.



    Merokok

    Bahkan payudara Anda tidak dapat terhindar dari efek buruk dari merokok. Tidak hanya itu, para dokter ahli kulit-kosmetik dan dokter ahli bedah plastik sangat tidak menganjurkan kebiasaan ini. Merokok sangat buruk bagi kesehatan kulit dan jaringan bawah kulit. Dr. Ahmad Fawzy, SpBP dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan kebiasaan ini dapat membuat kulit menjadi kering dan cepat tua karena suplai darah dalam kulit berkurang.

    Tidak Memakai Sunscreen

    Meski selalu dalam keadaan tertutup, payudara Anda ternyata masih rentan terhadap bahaya sinar UV. Sebaiknya gunakan juga sunscreen pada bagian payudara agar aman dari serangan sinar UV. Ini karena sinar UV dapat membuat kolagen kulit rusak dan cepat menua sehingga payudara pun lebih mudah untuk “melorot”.



    Mengenakan Bra yang Tidak Tepat

    Salah mengenakan jenis bra juga dapat menjadi alasan payudara mengendur. Hal ini berlaku pada bra yang dikenakan sehari-hari maupun bra yang Anda gunakan saat berolahraga. Ukuran yang tidak tepat dapat menyebabkan kulit di sekitar payudara rusak. Pastikan untuk mencoba bra sebelum membelinya karena setiap toko dan brand memiliki ukuran yang berbeda-beda.

    Olahraga Intensitas Tinggi

    Gerakan olahraga yang repetitif dengan intensitas tinggi, seperti berlari dan melompat, juga dapat menyebabkan kerusakan pada kolagen payudara. Namun, hal ini dapat diatasi dengan menggunakan sports bra yang tepat. Selain itu, Anda sebaiknya juga sesekali melakukan olahraga intensitas rendah seperti jalan santai dan berenang dengan kecepatan rendah. (Hana Devarianti / VP / Image: d oc. alexovicsattila / iStock / Thinkstock)