Better You

Tip Ampuh untuk Menjadi Morning Person

  by: RedaksiCosmopolitan       21/6/2015
  • Coba jawab Cosmo, berapa kali Anda menekan tombol snooze pagi tadi? Atau jangan-jangan Anda malah terlambat bangun dan selalu terburu-buru berangkat ke kantor. Hal ini jelas bukan cara yang baik untuk memulai hari. Pagi yang dimulai dengan rasa tergesa-gesa dapat menimbulkan stres dan mengganggu produktivitas sepanjang hari. Padahal tidak sulit menjadi morning person. Melalui cara di bawah ini, pagi hari akan berubah menjadi bagian terbaik dari hari Anda.

    Jam Tidur yang Cukup

    Salah satu hal yang dapat membuat Anda bangun lebih pagi adalah dengan mendapatkan tidur yang cukup. Tidur selama 7-9 jam sehari adalah bagian penting bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Usahakan jam tidur tersebut habis di malam hari. Sesi curi-curi tidur di kantor tidak akan memiliki efek yang sama dengan sesi tidur di malam hari. Tidur yang cukup akan membuat Anda merasa lebih segar saat bangun di pagi hari. Tidak menutup kemungkinan Anda dapat bangun sebelum alarm berbunyi!



    Hindari Melihat Layar Sebelum Tidur

    Anda sebaiknya mulai menghentikan kebiasaan tidur di depan TV yang menyala. Meskipun dalam kondisi mute, sinar yang dipancarkan TV dapat membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Hal yang sama juga berlaku pada smartphone Anda. Layar akan memberikan sinyal kepada otak untuk “bangun dan bekerja” alih-alih “tidur dan istirahat”. Sebaiknya batasi kontak dengan layar setidaknya satu jam sebelum tidur. Jika Anda benar-benar perlu menggunakan si ponsel pintar, atur brightness seredup mungkin.


    Rutinitas Pengantar Tidur



    Agar tertidur lebih cepat, buat rutinitas yang dapat menenangkan tubuh dan pikiran. Coba mandi dengan air hangat tiga puluh menit sebelum tidur. Temperatur tubuh yang meningkat dapat memancing rasa kantuk Anda. Setelah itu pastikan untuk mengatur suhu kamar menjadi lebih dingin. Menurut Stephanie Silberman, PhD penulis dari The Insomnia Workbook, seseorang akan tidur lebih cepat dan nyenyak dengan suhu ruangan yang dingin. Bisa pula dilengkapi dengan meminum susu hangat atau teh kamomil yang akan membuat Anda segera terlelap begitu merebahkan tubuh ke tempat tidur.

    Segera Tidur Saat Merasa Lelah

    Saat tubuh lelah, ia akan segera mengirim sinyal kepada otak untuk segera istirahat. Mengacaukan sinyal tersebut dengan menahan rasa kantuk akan membuat Anda sulit tertidur. Otak akan memerintah Anda untuk tetap bekerja meski tubuh sudah sangat lelah. Hal ini tentu dapat menganggu kualitas tidur. Jadi, ketika sudah merasa lelah sebaiknya segera arahkan diri Anda menuju ke tempat tidur. (Hana Devarianti / VP / Im age: doc. Ammentorp Photography / iStock / Thinkstock)