Career

5 Hal Sederhana yang Dapat Meningkatkan Karier

  by: Adya Azka       24/6/2015
  • Setiap wanita karier sudah mengetahui pentingnya memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan. Namun, tidak semua orang dapat mencapainya, terlebih ketika ingin mendapatkan karier yang gemilang. Julie Morgensten, penulis buku laris Shed Your Stuff, Change Your Life, memberikan beberapa cara jitu agar Anda tetap produktif di kantor dan mencapai work-life balance. Berikut lima di antaranya.

    Goal yang Spesifik
    Satu hal yang penting dilakukan untuk meningkatkan karier adalah memiliki tujuan yang spesifik. Goal atau tujuan akhir inilah yang dapat membantu Anda untuk tetap fokus. Tidak hanya memikirkan hal-hal yang ingin dicapai, coba buat pula cara atau strategi untuk mencapainya. Tuliskan apa yang ingin dicapai dan taruh di tempat yang dapat dilihat, sehingga Anda akan selalu ingat tentang goal tersebut.

    “Detoks” Sosial Media
    Anda sering merasa tidak fokus ketika menyelesaikan pekerjaan? Smartphone dan sosial media mungkin menjadi penyebabnya. Terlalu sering memeriksa sosial media dapat memecah konsentrasi dan membuat Anda semakin lama menyelesaikan pekerjaan. Sebaiknya buat jadwal tertentu untuk membuka sosial media. Boleh juga menantang diri sendiri untuk tidak mengakses sosial media hingga pekerjaan benar-benar selesai.



    Tahu Cara Bernegosiasi yang Baik
    Ketika bekerja, Anda dituntut untuk dapat bernegosiasi dengan banyak orang, mulai dari rekan kerja, atasan, hingga klien potensial sehingga penting untuk menguasai keahlian negosiasi yang baik. Seseorang yang dapat bernegosiasi akan dipandang sebagai seseorang yang terpercaya dan dapat diandalkan. Dengan mengetahui cara menyampaikan pendapat dan menemukan solusi yang “win-win”, Anda dapat dengan mudah meningkatkan karier.



    Selalu Siapkan Rencana
    Memiliki rencana yang detail tentang hal-hal yang harus dilakukan hari ini bahkan tiga hari ke depan juga penting untuk dilakukan agar karier semakin meningkat. Selalu memiliki rencana akan menyiapkan kondisi mental Anda untuk dapat menjalankan rencana tersebut. Jadi, biasakan diri untuk membuat to-do list yang harus dikerjakan esok hari sebelum pulang dari kantor.

    Tahu Kapan Harus Istirahat
    Cara Anda menghabiskan waktu istirahat sangat berpengaruh pada kulitas kerja di kantor. Ada alasan mengapa perusahaan memberikan waktu senggang kepada para karyawannya. Hal itu dilakukan agar para karyawan dapat me-recharge energi sehingga menjadi lebih produktif di kantor. Ketika waktunya istirahat, jauhkan diri dari segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan. Lebih baik gunakan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan suasana hati dan menambah produktivitas Anda. (Hana Devarianti / VP / Image: doc. shironosov/iStock/Thinkstock)