Celebrity

Mengenal Ahok Lebih Dekat

  by: Adya Azka       27/6/2015
  • Dalam rangka memperingati ulang tahun Jakarta yang ke-488 tahun, kali ini Cosmo sudah mengumpulkan fakta-fakta dari berbagai sumber dan akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dekat sosok Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih akrab disapa Ahok, yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. (Adhia Azka/IR/Image: dok. Esquire Indonesia, dok. Humas DKI Jakarta)


    Hobi Sebar Kartu Nama

    Salah satu keunikan yang dimiliki pejabat negara ini dan yang membuatnya berbeda dengan aparat pemerintahan yang lain adalah ia tak segan-segan untuk membagikan kartu nama dan menyebarluaskan nomor telepon yang dapat dihubungi. Dengan begitu, menurutnya masyarakat akan lebih mudah untuk mengadukan kejanggalan yang ditemui.


    Lahir di Kota Seribu Warung Kopi

    Ahok lahir pada 29 Juni 1966 di Manggar, Belitung Timur. Manggar sendiri adalah salah satu wilayah yang cukup terkenal di Belitung Timur. Pasalnya, jika Anda berjalan-jalan di Manggar, maka Anda akan menemukan warung kopi di setiap sudut kota. Maka tak heran jika daerah ini akhirnya dijuluki kota 1001 warung kopi.




    Makna di Balik Panggilan Ahok

    Mungkin banyak di antara Anda sudah akrab dengan panggilan Ahok, namun jarang yang mengetahui makna sebenarnya. Konon, panggilan tersebut berasal dari sang ayah yang menginginkan Ahok tumbuh menjadi seorang yang sukses. Sang ayah pun memberikan panggilan khusus yaitu Banhok, yang berasal dari kata Ban yang berarti puluhan atau ribuan serta kata Hok yang memiliki arti belajar. Jika digabungkan, kedua kata tersebut memiliki makna “tidak pernah berhenti belajar”, namun seiring berjalannya waktu, akhirnya panggilan Banhok pun berubah menjadi Ahok.


    Aktif di Dunia Maya

    Selain aktif untuk membenahi Jakarta di dunia nyata, Ahok juga cukup aktif di dunia maya. Tak hanya aktif di Twitter dan Facebook saja, ternyata Ahok juga memiliki link Youtube dan website pribadi yang menayangkan hasil kerjanya lho.


    Kisah Cinta Ahok

    Membahas sosok Basuki Tjahaja Purnama tentu tak bisa lepas dari sosok Veronica Tan yang sering mendampinginya dalam acara-acara khusus. Ternyata keduanya pertama kali bertemu di gereja dan saling jatuh cinta. Tak perlu berlama-lama, hanya beberapa waktu sejak pertemuan tersebut, keduanya pun menikah. Kini, pasangan ini sudah dikaruniai tiga orang anak yaitu Nicholas Sean, Nathania, dan Daud Albeenner.