Better You

Tip Hilangkan Kantuk Saat Puasa

  by: RedaksiCosmopolitan       26/6/2015
  • Mengantuk di jam kerja menjadi problem yang dihadapi hampir semua pekerja di Bulan Ramadhan. Untuk mengatasi dan meminimalisir rasa kantuk di siang hari ketika puasa, berikut adalah empat hal yang bisa Anda lakukan.

    Meditasi
    Cobalah untuk bermeditasi selama lima menit. Meditasi tak hanya dilakukan dengan menutup mata, karena ini justru akan membuat Anda semakin mengantuk. Meditasi yang optimal adalah dengan membuat diri Anda relaks, kemudian melakukan beberapa latihan pernapasan. Ini akan membantu melancarkan sirkulasi udara dan oksigen ke otak dan seluruh tubuh.

    Cuci Muka
    Ketika mengantuk dan tak bisa mengonsumsi makanan apapun untuk meningkatkan energi, tubuh membutuhkan stimulus lain dari luar agar bisa “terbangun”. Salah satunya adalah dengan mencuci muka. Ketika Anda merasa wajah mulai kaku karena lelah dan ngantuk, pergilah ke kamar mandi dan cuci muka.



    Pergunakan Jam Istirahat Makan Siang
    Berhubung ketika berpuasa Anda tidak bisa makan siang, manfaatkan waktu makan siang ini dengan benar-benar beristirahat. Membalas waktu tidur yang terpotong karena sahur bisa dilakukan saat jam makan siang ini, setelahnya Anda pasti akan merasa segar dan siap untuk melanjutkan pekerjaan.



    Dengarkan Musik Penambah Semangat
    Pilihlah musik yang yang up-beat. Lagu-lagu bergenre hip-hop ataupun R&B bisa membantu Anda menghilangkan kantuk. Jangan lupa untuk mengenakan earphone agar tidak menganggu rekan kerja Anda yang lain.


    Jalan-Jalan
    Jalan-jalan sebentar di sekitar tempat kerja akan membuat tubuh kembali segar. Jadi, bangun dari kursi Anda dan berjalan-jalanlah sejenak ke luar ruangan. Berjalan-jalan juga bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan membuat saluran pernapasan lebih longgar. Ini akan menyingkirkan rasa kantuk dan malas yang menempel pada tubuh Anda (Salli Sabarrang/VP/Image: various)