Career

Cara Mengalokasikan Dana Tunjangan Hari Raya

  by: Redaksi       28/6/2015
  • Beberapa hari lagi dana THR akan “menghiasi” rekening Anda. Nah, agar dana ini tidak terbuang sia-sia dan salah kelola, ada baiknya Anda simak dulu beberapa tip keuangan seputar penggunaan dan alokasi tunjangan hari raya yang Anda dapatkan tersebut.

    Masukkan ke Dalam Tabungan
    Sebelum Anda gunakan untuk membeli segala macam keperluan, sebaiknya langsung sisihkan 10 hingga 30 persen untuk simpan di dalam tabungan sesaat setelah dana tunjangan hari raya telah dibagikan kantor.

    Sedekah
    Prioritas pengeluaran selanjutnya adalah untuk zakat. Selain memberikan kepada orang yang tidak mampu, Anda pun harus ingat untuk mencantumkan nama-nama keponakan yang akan Anda berikan “cipratan” THR saat momen Lebaran nanti.



    Belanja Pakaian dan Perlengkapan Ibadah.
    Tradisi Lebaran tak dapat dipisahkan dengan tradisi untuk tampil istimewa di hari raya dengan pakaian terbaik. Tak harus baru, memang. Namun jika ada uang, tidak ada salahnya untuk belanja pakaian dan perlengkapan ibadah yang baru. Nah, gunakanlah dana THR Anda untuk mempercantik tampilan di hari raya ini.



    Dana Mudik
    Harga tiket pesawat dan transportasi lainnya pasti akan semakin meroket menjelang hari Lebaran. THR bisa menjadi sumber dana yang bisa Anda gunakan untuk membeli tiket pulang ke kampung halaman agar bisa merayakan hari besar bersama keluarga.

    THR Untuk Orang Lain
    Bagi Anda yang memiliki asisten rumah tangga atau supir di rumah, sebaiknya sisihkan juga dana THR Anda untuk mereka. Bisa dalam bentuk barang berupa parcel, pakaian, atau sembako. Kalaupun dalam bentuk uang, sebaiknya nominalnya sebanyak satu kali gaji mereka. (Salli Sabarrang/TA/Image: various)

    tags: thr, uang, biaya, lebaran