Career

Cara Jitu Terhindar dari Utang Kartu Kredit

  by: Redaksi       29/6/2015
  • Memiliki kartu kredit memang memudahkan berbagai transaksi keuangan. Namun di sisi lain, kartu kredit juga dapat mendatangkan masalah baru: utang! Jangan sampai kartu kredit menggangu kesehatan finansial Anda, dear. Berikut adalah cara jitu agar terhindar dari utang kartu kredit.

    Buat Perencanaan Keuangan

    Utang kartu kredit disebabkan karena perencanaan keuangan yang buruk. Hal pertama yang harus diingat dalam penggunaan kartu kredit adalah kartu ini merupakan opsi dalam transaksi keuangan, bukan tambahan penghasilan Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah membuat perencanaan keuangan dan tidak tergoda untuk menggunakan kartu kredit secara berlebihan.



    Selesaikan Tagihan Satu per Satu

    Bisa dibilang melunasi tagihan beberapa kartu kredit dalam waktu yang bersamaan adalah sebuah kerja keras. Agar tidak merasa terbebani, lebih baik selesaian tagihan satu per satu. Lunasi tagihan dari kartu yang memiliki saldo terendah sambil membayar biaya minimun di kartu lainnya. Ini akan memudahkan Anda untuk membayar tagihan dari setiap kartu kredit.

    Selalu Bayar Melebihi Biaya Minimun

    Kartu kredit biasanya memiliki biaya minimun pembayaran sebesar 10 persen dari total tagihan. Untuk menghindari tagihan yang semakin membengkak, sebaiknya selalu bayar di atas nilai minimum. Perhatikan pula tanggal jatuh tempo dari tagihan agar Anda tidak dikenai denda keterlambatan pembayaran.



    Pilih Kartu Kredit dengan Biaya Rendah

    Ketika berencana mengajukan aplikasi kartu kredit, sebaiknya pilih yang biayanya rendah, termasuk biaya tagihan dan bunganya. Hal ini akan mengurangi besar tagihan setiap bulan. Tidak hanya itu, ini juga akan mencegah Anda menggunakan kartu kredit secara berlebih.

    Manfaatkan Cicilan Bebas Bunga

    Saat menggunakan kartu kredit selalu perhatikan bunga yang ditawarkan. Lebih baik pilih cicilan yang memiliki bebas bunga sehingga Anda lebih mudah untuk melunasi tagihan dengan tepat waktu. Selain itu, hal ini juga akan mempermudah Anda mengatur cash flow bulanan. (Hana Devarianti / VP / Image: various)