Better You

5 Risiko Penyakit Akibat Gangguan Kesehatan Mulut-Gigi

  by: Redaksi       4/6/2016
  • Jangan anggap remeh kesehatan gigi dan mulut Anda dear, karena penyakit berikut bisa saja muncul akibat gangguan kesehatan mulut.

    1. Halitosis

    Bau napas tak sedap atau halitosis adalah kondisi di mana seorang menghasilkan bau napas yang tak sedap dari mulutnya. Bau napas ini anehnya tidak hilang meski sudah menggosok gigi, flossing, dan berkumur dengan air biasa. Sebesar 80% penyebab halitosis di antaranya adalah masalah oral, seperti gigi berlubang, penyakit gusi, gigi retak, dan gigi palsu yang tidak bersih. 



    2. Diabetes

    Penderita diabetes mempunyai kemungkinan tiga kali lebih besar untuk menderita penyakit gusi. Begitupula sebaliknya, penderita penyakit gusi dapat menderita diabetes.

    3. Kelahiran Prematur

    Wanita hamil dengan penyakit gusi parah memiliki kecenderungan tujuh kali memiliki bayi prematur.

    4. Penyakit Jantung



    Orang-orang yang menderita penyakit gusi akan dua kali lipat berpotensi mengalami penyakit jantung dan penyempitan arteri karena bakteri periodontal (bakteri dari penyakit gusi) dan plak yang memasuki aliran darah melalui gusi. Faktanya, studi menunjukkan bahwa hadirnya penyakit gusi, gigi berlubang, dan gigi tanggal pada seseorang sama seperti tingkat kolesterol yang dapat memprediksi kemungkinan penyakit jantung. 

    5. Gangguan Pernapasan

    Bakteri dari penyakit gusi dapat "berjalan" ke dalam paru-paru melalui aliran darah yang dapat memperburuk sistem pernapasan seseorang, terutama pada orang yang sebelumnya telah lebih dulu memiliki gangguan pernapasan. (Vidi Prima / SS / Image: doc.  / Shutterstock / Clickphotos)

     

    Sumber: Listerine.co.id; The Relationship of Oral Health to Overall Health and Logetivy, McGuire, T2000.