Lifestyle

Cara Mudah Membuat Donat Sendiri

  by: Silvya Winny       12/6/2016
  • Si bulat menggemaskan dan mengeyangkan ini bisa Anda buat di dapur sendiri dengan resep yang Cosmo dapatkan dari Dopenuts! Mulai sekarang donat buatan Anda bisa secantik yang terlihat di Instagram.

    Bahan yang dibutuhkan:
    ½ kg   Tepung terigu
    200cc  Air
    5sdm  Gula pasir
    ½bungkus Ragi instan
    3sdm  Susu bubuk
    2sdt  Garam
    2butir  Telur
    3sdm  Mentega

    Cara Membuat:



    Step 1
    Panaskan susu hingga menghangat. Dalam mangkuk besar, campur dengan ragi dan aduk ringan. Diamkan sampai campuran berbusa sekitar 5 menit.

    Step 2
    Dengan mixer, kocok telur, mentega, gula dan garam ke dalam campuran ragi. Tambahkan setengah tepung, campur hingga menyatu. Sambil mengocoknya, ambil tepung dan campurkan perlahan (cup per cup) ke dalam adonan sampai adonan tidak lengket di mangkuk. (Tambahkan tepung lagi, apabila adonan masih terlalu basah).
    TIPS:
    Saat menggunakan mixer, adonan mungkin jadi gampang menebal. Jika itu terjadi, cari permukaan yang sudah ditaburi tepung dan uleni sampai jadi adonan halus.

    Step 3
    Oles adonan dengan sedikit minyak, dan tutup mangkuk dengan handuk basah dan diamkan selama sekitar 1 jam di bawah suhu ruangan.



    Step 4
    Giling adonan sampai rata, dan gunakan donat cutter dengan ketebalan ½ inci. Kalau membuat donat isi, jangan lubangi bagian tengahnya. Jika sudah selimuti adonan donat di balik kain sampai mengembang.

    Step 5
    Panaskan minyak dengan suhu 300 derajat. Goreng satu per satu, 5 menit di setiap sisinya.

    Fotografer: Insan Obi
    Food Stylist: Silvya Winny
    Resep dari: Dopenuts


    (Silvya Winny / Image: dok. Cosmopolitan Indonesia)