Lifestyle

97 Karya Seni Hiasi ArtJog 2016

  by: Redaksi       13/6/2016
  • Salah satu pameran seni terbesar di Indonesia, ArtJog, kembali digelar di kota Yogyakarta. Dibuka secara resmi oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X tanggal 27 Mei 2016 lalu, pameran seni tahunan ini telah memasuki penyelenggaraan yang ke-9. Bertempat di Jogja National Museum, acara ini berlangsung mulai dari tanggal 27 Mei hingga 27 Juni 2016 mendatang.

     



    ("Axonometric Space" by Agapetus A. Kristiandana).

     

    Sebanyak 97 karya dipamerkan di ArtJog kali ini yang terdiri dari karya lukisan, foto, patung, video, art performance, hingga instalasi yang unik. 72 seniman dari dalam dan luar negeri diundang untuk memamerkan karya mereka di ArtJog yang tahun ini bertema "Universal Influence". Sejumlah nama tenar seperti Eko Nugroho, Agus Suwage, Joko Pekik, Davy Linggar, Agan Harahap, hingga Titarubi memamerkan karyanya bersamaan dengan beberapa seniman dari Jepang, Australia, Malaysia, hingga Liechtenstein.  

     

    (Salah satu karya pelukis ternama Djoko Pekik yang kabarnya laku terjual miliaran rupiah! Fantastis!).

     

    Beberapa karya unik yang ditampilkan antara lain Indonesia Space Science Society atau ISSS; karya seniman Venzha Christiawan sebagai commissioned artist berupa satu antena yang dipasang di menara setinggi 36 meter dan satu kelompok antena yang dipasang di atas alat penangkap sinyal dan frekuensi. Ada juga karya pelukis ternama Djoko Pekik yang kabarnya laku terjual dengan harga fantastis, instalasi bordir Eko Nugroho yang merupakan kolase arsip foto yang ia kumpulkan selama traveling ke berbagai negara, hingga kapal besar bertajuk "Abyss of History" karya Titarubi yang menghiasi halaman belakang JNM.

     



    ("Blue Moon" karya Ichwan Noor ini dipajang bersamaan dengan diputarnya lagu Blue Moon dari Ella Fitzgerald).

     

    Jika Anda sedang berada di Yogyakarta dan ingin menikmati "asupan" seni untuk jiwa Anda, ArtJog dibuka untuk umum setiap hari mulai dari jam 9 pagi hingga 10 malam dengan membayar tiket masuk Rp25 ribu untuk mahasiswa dan pelajar, serta Rp50 ribu untuk umum. (Vidi Prima / SW / Image: doc. Vidi Prima)

     

    Baca juga:

    Beragam Talenta dalam Satu Atap di Singapore Art Week

    Bersiap Menyambut Gempuran Seni di ART JOG 13

    Art Stage Singapore 2016 Banyak Tampilkan Karya Futuristik-Urban