Better You

Kerja 12 Jam Sehari Tingkatkan Risiko Serangan Jantung

  by: RedaksiCosmopolitan       29/6/2016
  • Dengan persaingan yang ketat di dunia pekerjaan, tidak heran bahwa para pekerja kerap dituntut bekerja lebih keras, bahkan tak jarang mereka dengan sukarela lembur untuk menunjukkan dedikasi terhadap profesi yang dijalani. Tetapi di luar peningkatan karier yang bisa Anda peroleh dari kantor, pernahkah Anda pertimbangkan dampak yang muncul dari bekerja 12 jam sehari?

    Well, sebuah studi dari Universitas College London menunjukkan bahwa orang-orang yang bekerja lebih dari 11 jam sehari menunjukkan peningkatan terkena serangan jantung 67% lebih banyak dari yang bekerja dalam waktu normal. Peneliti tersebut mengumpulkan data lebih dari 7000 pegawai dalam jangka waktu lebih dari 11 tahun dan memantau jam kerja mereka setiap harinya. Mereka membandingkan semua data peserta yang terkena serangan jantung dan didapat hasil bahwa 192 orang terkena serangan jantung.

    Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa orang yang berkerja lebih dari 11 jam sehari terkena risiko serangan jantung 67% lebih daripada pegawai yang berkerja nine to five. Diharapkan dengan penelitian tersebut, sebagaimana dipublikasikan dalam jurnal Annals of Internal Medicine dapat mencegah lebih banyak orang yang terkena serangan jantung. Menurut studi tersebut, pasien serangan jantung harus memperhatikan jam kerja mereka sebagaimana konsumsi alkohol dan rokok. So, bagaimana dengan Anda? (Vidi Prima / VP / Image: doc. outnow.ch)