Lifestyle

5 Tips Traveling Ke Korea Selatan Tanpa Bikin Bangkrut

  by: Silvya Winny       1/6/2017
  • Sudah pernah datang ke negara yang tempat Gong Yoo tinggal ini? Karena sesukanya Anda traveling keliling dunia, harus sih mendarat di negeri ini walaupun hanya sekali. Selain karena pria-pria tampannya, Korea Selatan menyimpan banyak kekayaan sejarah, panduan gaya (pastinya!), dan juga makanan-makanan yang luar biasa menggugah selera.

    Jangan khawatir, karena untuk pergi ke sini tidak harus menguras semua tabungan Anda dalam beberapa bulan terakhir (apalagi sampai harus pinjam uang di bank). Yang Anda butuhkan adalah beberapa trik pintar ini supaya saat pulang nanti Anda masih bisa bayar apartemen, beli sepatu dan lipstik.

     



    Pernah Dengar Tinggal Di Kuil?
    Selain ada pilihan hostels – yang cukup populer di Korea Selatan – sebenarnya ada pilihan lebih low budget dengan memilih tinggal di kuil untuk merasakan pengalaman yang beda. Sekali-sekali Anda mengalami gaya hidup sehari-hari dan ritual umat Budha Korea, yang membuat Anda lebih dekat dengan budaya tradisional penduduk setempat. Harga tinggal di kuil ini tergantung dari berapa malam Anda tinggal, normalnya akan menghabiskan biaya antara 30ribu – 100ribu won. Jika Anda membaginya dengan tinggal di hotel juga, lumayan bisa menghemat dengan harga hotel yang dimulai dari Rp200ribuan per malam.

     

    [ BACA JUGA: Tips Bikin Resolusi Traveling Anti Gagal di Tahun 2017 ]

     

    Beli T-Money Card
    Prinsipnya sama dengan EZ Link yang dimiliki Singapura. Anda hampir bisa memakai T-Money Card untuk banyak transaksi dari kereta, bus, beberapa taksi, hingga belanja di toko swalayan. Anda juga bisa pindah jurusan dari satu subway ke yang lainnya, pindah bus jurusan lain, selama batas pemakaian kartu Anda masih berlaku. Jika ingin perbandingan, memakai T-Money jauh lebih murah daripada harus beli single trip. Kartunya sendiri seharga 2500 won, tapi Anda bisa melakukan refund sesuai dana yang tersisa di akhir trip dengan biaya tambahan 500 won. Saran Cosmo sih, kartunya tidak akan expired kok, siapa tahu bisa Anda pakai saat datang lagi ke sini.

     

    Mau Kunjungi Istana? Manfaatkan Intergrated Pass
    Pass ini akan memberi Anda akses ke lima atraksi utama di Seoul, yaitu empat istana utama: Gyeongbokgung, Changdeokgung, Changgyeonggung, dan Deoksugung - dan Kuil Jongmyo. Tanpa pass terpadu ini, Anda akan menghabiskan total 14ribu won untuk masuk ke semuanya. Jika dengan pass Anda hanya perlu membayar 10ribu won saja. Lebih menguntungkan, kan?

     

     

    A post shared by 프래 (@baboprae) on



     


    [ BACA JUGA: 7 Produk Kecantikan Korea Untuk Anda Coba!  ]

     

    Hindari Area Belanja
    Kalau Anda memang butuh berhemat, maka masuk ke area belanja akan jadi warning keras. Karena  saat melangkah ke butik lucu Garosu-gil atau toko kosmetik di Myeong-dong, pasti akan melemahkan pertahanan hemat Anda. Lalu di mana dong mencari barang-barang murah? Incar underground mall yang biasanya ada di sekitaran stasiun kereta. Di sini Anda bisa menemukan atasan dengan harga mulai dari Rp50ribuan.

     

     

     

    Makan Murah
    Enjoy streats. Streats = street eats. Makanan jalanan Korea di mana-mana serba enak dan terjangkau kok. Popcorn chicken with rice cake bisa Anda beli seharga Rp50ribu; egg muffin Rp30ribu-an; gimbap Rp30ribu-an.  Dengan uang Rp150ribu, Anda sudah bisa makan banyak! (Silvya Winny / Image: hwancul / Shutterstock / Clickphotos  )