Career

5 Cara Jitu Jadi Lebih Percaya Diri di Lingkungan Kerja

  by: Kezia Calesta       6/6/2017
  • Apakah Anda sering merasa minder di lingkungan kerja? Perbaiki perilaku tersebut dan jadi lebih percaya diri dengan lima tips karier jitu dari Cosmo.

     



    Fokus Dulu Pada Kekuatan Anda

    Jangan terlalu memfokuskan diri di kelemahan Anda, karena ini membuat Anda jadi ragu melangkah. Saat meeting, Anda malah ragu angkat tangan menyalurkan ide karena takut ditolak. Please, deh. Dengan latihan skill yang lebih giat, Anda akan semakin unggul, dan Anda pun akan merasa lebih percaya diri.

     

    [ BACA JUGA: Untuk Sukses Berbicara Depan Umum, Lakukan Ini! ]

     

    Tambah Pengetahuan

    Anda selalu bisa membuat diri semakin baik. Serap banyak hal baru dari orang-orang yang melakukan pekerjaan mereka dengan baik. Get out of your comfort zone, dan lakukan kegiatan produktif seperti mengikuti seminar yang dapat memicu kreativitas Anda.

     

    Jangan Terlalu Baper

    Hindari kata-kata seperti “saya tidak bisa” atau “saya tidak mampu”. Ubah pikiran negatif tersebut dengan “Bagaimana caranya saya bisa...?” Berhenti berkata “tetapi” atau mencari alasan, dan carilah solusi paling efektif.

     



    [ BACA JUGA: Stres Dengan Kehidupan Kantor? Lakukan Ini! ]

     

    Ingat Keberhasilan Anda

    Ingat waktu di mana Anda memberikan presentasi dengan sukses, atau ketika Anda berhasil menyelesaikan proyek yang sulit? Gunakan memori itu sebagai reminder bahwa Anda bisa melakukan apapun jika Anda fokus!

     

    Akui dan Terima

    Ketika Anda mengakui perasaan minder yang dirasakan, stres justru makin cepat mendera. Orang-orang sukses pun pasti pernah merasa insecure, kok. Anda merasa lebih baik jika sharing dengan orang terdekat? Lakukanlah. Jika Anda mendapat kritik konstruktif, terimalah dan gunakan nasihat tersebut untuk menjadi seseorang yang lebih baik.

     

    [ BACA JUGA: Anda Lebih Cocok Bekerja Full-Time atau Freelance? ]

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Shutterstock / Yuralaits Albert / Clickphotos)

    tags: career, tips