Better You

6 Tanda Persahabatan Anda Kurang Sehat

  by: Alvin Yoga       7/6/2017
  • Anda dan the girls memang sudah bertahun-tahun menjadi sahabat. Di mana ada Anda, di situ ada mereka. Jika ada satu sahabat yang memutuskan untuk tidak pergi, kalian semua tidak pergi. Hmm, tunggu dulu, yakin ini persahabatan yang sehat? Baca artikel ini.

     

    Sahabat Yang Baik Selalu Berusaha Untuk Jujur Dan Terbuka



    Hubungan persahabatan yang baik ditandai dengan rasa jujur dan saling terbuka. Jika Anda bisa menjadi diri sendiri tanpa perlu berpura-pura ketika berada di depan mereka, maka persahabatan tersebut betul-betul tulus. Sebaliknya, jika Anda berusaha untuk menutupi sesuatu di depan mereka, atau justru sahabat Anda menutupi sesuatu di depan Anda, uh-oh ini adalah tanda awal bahwa persahabatan Anda tidak sehat. Persahabatan yang baik adalah ketika Anda bisa merasa nyaman di depan mereka, tanpa perlu menutup-nutupi sesuatu.

    Memang, terkadang bersikap jujur bisa menyakitkan. Memberi tahu fakta bahwa ada sifat Anda yang mengganggu, atau memberi tahu kenyataan bahwa kekasih Anda berbohong di belakang Anda pasti menyakitkan. Namun sahabat yang baik tahu apa yang baik untuk Anda. Justru ketika sahabat Anda berusaha untuk menyenangkan Anda setiap waktu, ini saatnya untuk mempertimbangkan kembali hubungan kalian.

     

    Anda Kurang Percaya Diri Tanpa Mereka

    Mencari dress yang tepat untuk ke acara undangan? The girls harus bersama Anda. Ke pesta ulang tahun kerabat? Anda bersama the girls juga. Bahkan untuk sekadar mencuci pas foto, Anda harus ditemani the girls. Dear, ini sih bukan sahabat, tapi kalian yang saling bergantung satu sama lain. Sahabat bukan berarti Anda harus melulu melakukan segala sesuatunya bersama-sama, lho. Jika Anda tidak bisa mandiri tanpa kehadiran the girls, ini waktunya berpikir ulang soal hubungan pertemanan kalian.

     

    [BACA JUGA: 5 Cara Tetap Dekatkan Diri dengan Sahabat ]

     

    Kalian Membutuhkan Persetujuan Satu Sama Lain

    Ingin berlibur bersama si dia, Anda harus izin dulu dengan the girls. Ingin pergi makan dengan teman kantor, Anda harus izin juga dengan the girls. Ingin menonton film terbaru pun, kalian harus menonton bersama. Tunggu dulu dear, sejak kapan segala rencana Anda membutuhkan persetujuan dari the girls? Jika memang untuk hal-hal kecil saja the girls tidak membiarkan Anda, berarti hubungan persahabatan kalian terlalu posesif. Sahabat yang baik tidak akan banyak mengatur soal kehidupan pribadi Anda. Jangan sampai di kemudian hari Anda diminta untuk membenci seseorang hanya karena mereka membencinya. Uh-oh, too much drama!

     

    Kalian Sering Berselisih Paham



    Memiliki pandangan dan gaya hidup yang berbeda antara Anda dan the girls memang merupakan hal yang wajar, toh sifat kalian bahkan mungkin tidak sama kan? Terkadang perbedaan ini juga berguna agar masing-masing bisa berubah ke arah yang lebih baik. Namun persahabatan yang tidak sehat adalah ketika pilihan kalian yang berbeda dianggap salah oleh satu sama lain. Sahabat yang baik adalah mereka yang mau menghargai pilihan temannya, meski pilihan tersebut menurutnya kurang baik. Sahabat yang tulus tahu bahwa memaksakan pilihan atau sarannya bukan hal yang baik. Jika untuk hal ini saja kalian sering bertengkar, ada baiknya Anda melihat kembali hubungan persahabatan tersebut.

     

    [BACA JUGA: 7 Tipe Sahabat yang Harus Anda Miliki]

     

    Lebih Sering Menerima Dibanding Memberi

    Dalam sebuah persahabatan, take and give seharusnya memang seimbang. Tidak hanya dalam hal memberi barang saja, namun juga memberi perhatian, semangat, kasih sayang, serta pujian. Jika the girls lebih banyak menerima bantuan namun tak pernah punya inisiatif untuk bertanya dan menawarkan bantuan ketika Anda sedang dilanda masalah, tanyakan lagi pada diri Anda sendiri: Apakah ia memang sahabat yang baik untuk Anda?

     

    Sahabat yang Baik Tahu Caranya Bertengkar Dengan Sehat

    Dalam kehidupan pertemanan, berselisih paham itu memang terkadang terjadi. Persahabatan yang sehat pun pasti pernah mengalami konflik sesekali. Hal ini tidak salah, karena dari pertengkaran tersebut terkadang hubungan persahabatan bisa menjadi lebih dewasa dan bijaksana.

    Sahabat yang baik tahu mengenai hal ini, karena dibalik hubungan persahabatan yang erat, masing-masing tidak takut untuk menyatakan ketidaksetujuan jika ada yang salah. Seorang sahabat sejati tahu bagaimana cara untuk menyelesaikan perbedaan ketika sedang berselisih paham. Nah, apakah the girls termasuk dalam kategori ini?

    (Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Outnow.ch)