Beauty

Update Klarifikasi Ditariknya Krim Wajah Milik Kiehl's

  by: Arinda Christy       9/6/2017
  •  

    Beberapa waktu lalu Cosmo sempat menghadiri acara pelansiran salah satu produk Kiehl's, yaitu Pure Vitality Skin Renewing Cream. Namun sayangnya, krim yang dinyatakan tercipta dari 99,6% bahan alami, seperti Manuka honey dari New Zealand dan akar ginseng merah ini ditarik dari peredaran pada bulan Mei 2017, tidak begitu lama dari peluncuran perdananya di Indonesia. Apa sih sebabnya?



    Awalnya Cosmo membaca tulisan dari seorang beauty influencer, Kae Pratiwi yang mengatakan untuk membaca tulisan dari seorang beauty blogger asal Malaysia, Paris B tentang kesulitannya untuk menemukan krim wajah yang baru dilansir di Malaysia bulan Januari lalu itu (baca di sini). Di dalam tulisannya tersebut sebenarnya Paris merasa sangat cocok dengan formula yang dimiliki oleh krim ini. Namun, tiba-tiba ia tidak bisa menemukan produk ini di mana pun. Akhirnya ia mendapatkan jawaban via Twitter dari akun resmi milik Kiehl's yang menyatakan bahwa mereka sedang melakukan pengkajian ulang dalam skala kecil akan bahan baku yang terdapat di dalamnya. Sayangnya, memang tidak ada penjelasan lebih detail mengenai pengkajian tersebut dan membuat blogger ini bertanya-tanya.

     

    Cosmo pun menjadi penasaran dan ingin membagikan informasi yang baik bagi para beaty junkie yang memang sudah terlanjur menggunakan krim wajah ini. Apakah aman, atau tidak?

     

    Setelah bertanya kepada tim L'Oréal Indonesia, akhirnya Cosmo mendapatkan pencerahan yang menghalau keraguan kami akan masalah ini. Menurut Melanie Masriel selaku Head of Communications Kiehl's Indonesia, penarikan produk ini dari counter disebabkan oleh adanya pengkajian ulang produk Pure Vitality Skin Renewing Cream yang kemungkinan mengalami variasi bahan baku dalam level sangat kecil. “Untuk itu sebagai tindakan proaktif kami menghentikan penjualan atas formula ini untuk memastikan konsumen kami hanya mendapatkan standar kualitas produk yang terbaik,” ujarnya.

     

    Lalu, apa dong solusinya jika Anda sudah terlanjur menggunakannya, atau membeli produk ini? Melanie mengatakan bahwa tim riset Kiehl's tengah mengkaji lebih lanjut namun dapat dipastikan bahwa tidak terdapat masalah safety (keamanan) pada penggunaan produk ini. “Kami juga menawarkan Kiehl's Super Multi-Corrective Cream sebagai produk alternatif. Sedangkan, bagi pelanggan kami yang meminta pengembalian uang, tentu kami juga akan menerimanya. Silakan datang ke counter atau butik kami dengan membawa produk tersebut. KCR (asisten toko) kami dengan senang hati membantu Anda.”



     

    Jadi singkat kata, Anda tidak perlu khawatir akan masalah kulit jangka panjang yang akan ditimbulkan oleh produk ini. Karena menurut pernyataan resmi yang Cosmo dapatkan dari tim Kiehl's Indonesia, Pure Vitality Skin Renewing Cream hanya sedang dalam pengkajian ulang dan tidak terdapat masalah keamanan pada penggunaan produk yang bersangkutan.

     

    UPDATE

    Setelah melakukan kajian lebih lanjut, Kiehl's Indonesia memberikan informasi terkini pada Cosmo. Bahwa, apabila Anda merasa cocok saat menggunakan produk Pure Vitality Cream dan tidak menemukan rasa tidak nyaman selama pemakaian, maka Kiehl's menyatakan bahwa krim tersebut aman untuk digunakan lebih lanjut. Berikut adalah pernyataan resmi terbaru dari Melanie Masriel, Head of Communications Kiehl's Indonesia:

     

     
    "Kiehl's berkomitmen untuk selalu memberikan produk dan pengalaman yang terbaik bagi konsumen kami. Walaupun sebagian besar konsumen telah mencoba dan menyukai produk ini, namun ada sebagian kecil yang tidak menemukan pengalaman serupa. Dalam kasus yang jarang terjadi, konsumen tersebut mengalami rasa kurang nyaman pada kulit yang kemungkinan disebabkan oleh variasi bahan baku dalam level minor yang terdapat dalam formula.Untuk memastikan standar terbaik kami dan untuk memastikan semua konsumen kami mendapatkan pengalaman produk yang sama, kami memutuskan untuk mengkaji kembali formula produk ini dan menghentikan distribusi serta penjualan produk ini."
     
     
    Bagi Anda yang telah memiliki dan menyukai produk ini, maka silakan untuk melanjutkan penggunaannya. Namun bila Anda menggunakan produk ini dan merasakan adanya rasa kurang nyaman, maka silahkan menghubungi  Consumer Advisory Department L'Oréal Indonesia melalui email di: [email protected] atau melalui layanan bebas pulsa: 0-800-1-567-325. Tetapi, jika Anda mengalami reaksi kurang menyenangkan,  Anda dapat mengunjungi butik/konter Kiehl’s terdekat, di mana Kiehl's akan dengan senang hati  merekomendasikan produk alternatif ataupun melayani layanan Jaminan 100% uang kembali. (Arinda Christi/Image: Dok. Kiehl's)