Lifestyle

5 Negara Yang Nyaman Dikunjungi Saat Bulan Puasa

  by: Hana A. Devarianti       9/6/2017
  • Ingin jalan-jalan saat bulan puasa? No problemo! Lima negara ini cocok kok untuk dikunjungi saat sedang menunaikan ibadah puasa.

     

    Istanbul, Turki



     

    A post shared by Gaby Gómez (@modacapital) on

    Istanbul jadi salah satu kota yang unik karena di kota yang mayoritas penduduknya adalah muslim ini Anda dapat menemukan perpaduan budaya Barat dan Timur. Menelusuri kota dapat memberikan pengalaman perjalanan magis yang tidak terlupakan.

    Ada banyak bangunan historis Islam di sini, tetapi saran Cosmo sempatkan diri untuk ngabuburit di sekitar Sultan Ahmed Mosque atau Blue Mosque. Ada banyak pegadang yang menjual makanan khas bulan Ramadan di Turki, misalnya saja güllaç (makanan penutup berbahan dasar susu dengan biji delima) dan baklava, yang keduanya punya cita rasa manis nan lezat.

     

    [ BACA JUGA: Negara Paling Aman untuk Para Solo Traveler ]

     

    Mumbai, India

     

    A post shared by saira (@shazaira) on

    Meski mayoritas penduduk Mumbai beragama Hindu, kota ini tetap merayakan bulan Ramadhan dengan meriah. Kota dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di India ini terkenal dengan bangunan peninggalan kolonial yang megah, tetapi kalau ditelusuri lebih dalam Anda juga dapat menemukan bazaar yang unik, kuil tersembunyi, bahkan tempat nongkrong para hipster.

    Tidak hanya itu, saat bulan Ramadhan, Mumbai dipenuhi dengan jajanan street food yang memanjakan lidah. Misalnya saja kebab daging sapi arang di daerah Jogeshwari yang oh-so-yummy! Oh ya, kota ini juga bisa menantang sisi petualang Anda dengan terbatasnya angkutan umum yang tersedia.

     

    [ BACA JUGA: 7 Negara yang Menarik Dikunjungi Saat Musim Semi ]

     

    Cape Town, Afrika Selatan

     

    A post shared by Carson Andersen (@carson_andersen) on



    Sebagai kota dengan komunitas muslim terbanyak di Afrika Selatan, Cape Town tentu nyaman dikunjungi ketika bulan puasa. Uniknya lagi, di kota ini terdapat sebuah daerah yang punya peninggalan sejarah Islam penting di Afrika Selatan, yaitu Bo-kaap.

    Daerah yang memiliki semangat multikultural ini juga sangat instragammable. Dengan rumah berwarna-warni yang cerah dan jalan-jalan yang berbatu, Anda tentu bisa menemukan spot menarik untuk diabadikan di feed Instagram. Kunjungi pula masjid pertama di negara ini, Auwal Mosque, di mana imam pertama di masjid tersebut berasal dari Tidore, Indonesia!

     

    Fes, Moroko

    Daerah Old Medina di Fes adalah salah satu pusat budaya muslim di Afrika. Di kota ini, Anda bisa merasakan keramaian kota sambil dikelilingi oleh bangunan bergaya abad pertengahan. Fes juga terkenal sebagai tempat universitas tertua di dunia, University of al-Qarawiyyin.

    Memasuki jam berbuka, Anda bisa menikmati hidangan khas Ramadhan sambil bergaul dengan masyarakat setempat. Coba deh sajian berbuka chebakia, kue wijen yang digoreng dan dilapisi madu sambil menyesap mint tea. Satu tradisi yang tidak kalah menarik juga adalah sebuah meriam akan ditembakkan sebagai penanda awal dan akhir puasa. Wow!

     

    [ BACA JUGA: Wow, Warga Muslim di Negara ini Berpuasa 21 Jam! ]

     

    Amsterdam, Belanda

     

    A post shared by I amsterdam (@iamsterdam) on

    Entah Anda menjelajahinya dengan naik sepeda atau naik kapal yang berlayar di sepanjang kanal, Amsterdam akan memberikan memori perjalanan yang tidak terlupakan. Menjalankan ibadah puasa di kota ini adalah pengalaman menarik. Sambil menunggu waktu berbuka Anda bisa menghabiskan waktu dengan mengunjungi museum dan taman kota yang apik.

    Dengan 14 persen dari populasinya beragama Islam, Anda dapat dengan mudah menemukan masjid dan restoran halal di tengah kota. Satu hal yang perlu diingat adalah di Eropa puasa berlangsung selama kurang lebih 18 jam. Hal ini tentu jadi tantangan tersendiri selama berjalan-jalan di sana. ( Hana Devarianti / SW / Image: Instagram.com )