Lifestyle

Yummy, Menu Berbuka Puasa Berbagai Negara yang Lezat

  by: Hana A. Devarianti       10/6/2017
  • Kalau Indonesia punya kolak untuk menu berbuka puasa. Nah, bagaimana dengan negara lain? Ternyata empat negara ini punya menu berbuka yang tidak kalah lezat, lho. Dijamin bikin ngiler!

     

    Gullac, Turki



    Makanan bercita rasa manis ini terbuat dari susu, delima, dan semacam pastry kering. Yang membuat sajian khas bulan Ramadhan ini unik adalah, lapisan pastry kering yang dimasukkan ke dalam susu dan rose water dengan taburan walnut. Unik, bukan? Oh ya, sajian menu ini sudah ada sejak abad ke-14, lho.

     

    Navy Bean Pie, Amerika

     

    A post shared by Stephanie Jeter (@stephiecayce) on

    Yup, Negeri Paman Sam ini ternyata juga punya sajian berbuka puasa. Disebut sebagai “the muslim pie”, awalnya pie ini adalah makanan berbuka untuk organisasi Islam Amerika di Michigan, Nation of Islam. Navy bean pie bisa disajikan panas atau dingin. Untuk menambah kelezatannya, biasanya pie disantap dengan whipped cream atau es krim vanilla. Super yum!

     



    Briouat, Moroko

    Di Moroko, bulan Ramadhan tidak lengkap tanpa makanan briouat. Puff pastry yang bisa bercita rasa manis atau asin ini adalah makanan tradisional Moroko. Jika disajikan asin, briouat diisi dengan daging ayam atau domba dan dicampur dengan keju serta lemon. Kalau manis isi dari puff pastry ini adalah almond atau pasta kacang, digoreng, lalu dicelupkan ke dalam madu hangat yang dibumbui dengan air jeruk.

     

    Samosa, India

     

    A post shared by Saurabh Nirmal (@thatdelhifoodie) on

    Hidangan yang satu ini mirip dengan pastel di Indonesia. Isinya bisa bermacam-macam, namun kalau di India pastry goreng ini berisi sayuran seperti kentang rebus, kacang polong hijau, rempah-rempah dan cabai hijau atau buah-buahan. Sebagai pelengkap, samosa disajikan bersama dengan saus khas India atau yoghurt. (Hana Devarianti/SW/Image: instagram.com)