Better You

Cara Ampuh Cegah Perut Kembung Saat Puasa

  by: Hana A. Devarianti       13/6/2017
  • Gangguan perut kembung seringkali menjadi masalah utama saat berpuasa. Biasanya penyebab utamanya adalah karena kesalahan makan saat sahur dan berbuka. Kok bisa ya? Nah, Cosmo akan berbagi tip agar Anda akan semakin nyaman saat menjalankan ibadah puasa, and say goodbye to the bloated belly!

     

    Hindari Makanan yang Mengandung Gas dan Fosfat
    Saat santap sahur sebaiknya hindari makanan yang mengandung gas seperti kol, ubi, dan nangka muda. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tersebut dapat meningkatkan produksi asam lambung dan menyebabkan perut kembung.



     

    Kurangi Asupan Garam
    Utamakan untuk mengonsumsi makanan segar saat sahur dan berbuka puasa. Meski mudah dan cepat untuk dimasak, processed food seperti sosis memiliki kandungan garam yang lebih tinggi. Sodium yang terdapat pada garam akan mengikat garam pada perut dan memicu perut kembung. Oh, no!

     

     

    Stay Hydrated
    Kurangnya asupan air bisa menyebabkan perut kembung. Membiasakan diri Anda minum dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas di malam hari, dan  dua gelas air putih saat sahur akan membantu dalam menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh.

     

    [ BACA JUGA: Cara Cegah Dehidrasi saat Puasa Ramadhan ]

     

    Konsumsi Stroberi
    Mengonsumsi stroberi adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi gas penyebab perut kembung. Cobalah untuk mengonsumsi empat hingga enam buah stroberi seusai Anda bersantap sahur agar ketidaknyamanan karena perut kembung akan teratasi.

     



    Hindari Makanan Berlemak yang Sulit Dicerna
    Perut kembung adalah sinyal bahwa ada sesuatu yang tidak dicerna dengan baik, dear. Saat sahur hindari makanan yang mengandung banyak MSG seperti mie instan, minuman bersoda, dan makanan dengan kadar lemak tinggi.

     

    Tetap Berolahraga

    Tanpa gerakan fisik, Anda akan lebih mudah sembelit dan ini kemudian dapat berujung pada perut kembung. Maka dari itu Cosmo sarankan Anda untuk tetap berolahraga selama puasa. Tidak perlu olahraga yang terlalu berat, cukup olahraga ringan yang dilakukan satu atau setengah jam sebelum berbuka.

     

    [ BACA JUGA: 5 Olahraga Fun yang Cocok Dilakukan Saat Puasa ]

     

    Penuhi Nutrisi Tubuh Ketika Sahur

    Sahur jadi waktu makan yang krusial waktu berpuasa. Sebaiknya penuhi kebutuhan 40%-50% nutrisi tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak sehat, serta mineral ketika sahur. Perbanyak juga konsumsi sayur dan buah, ya.

     

    Jangan “Balas Dendam” Saat Berbuka Puasa
    Menyantap makanan favorit untuk berbuka puasa memang paling menyenangkan ya. Tapi ingat, jangan terburu-buru untuk memakan semuanya. Makanlah perlahan agar lambung bisa menyesuaikan diri setelah lebih dari 12 jam berpuasa. (Soca Massardi/Hana Devarianti/VP/SW/Image: Africa Studio/shutterstock/clickphotos)