Better You

Berat Badan Anda Naik Sejak Bekerja? Ini 10 Penyebabnya

  by: Kezia Calesta       12/6/2017
  • Apakah berat badan Anda bertambah sejak bekerja di kantor? Anda tidak sendiri – menurut survei oleh Harris Interactive di tahun 2013, 41% dari 3000 pekerja di CareerBuilder mengalami kenaikan badan, khususnya mereka sering merasakan stres dan yang menghabiskan banyak waktu di tempat duduk.

     



    Ada tiga faktor ini yang mempengaruhi naiknya berat badan di antaranya adalah: diet, aktivitas tubuh, dan kebiasaan Anda. Nah, Cosmo sudah merinci beberapa hal yang bisa memicu naiknya jarum timbangan Anda. Simak!

     

    1. Duduk Berjam-Jam

    Menghabiskan waktu di meja kantor tanpa banyak bergerak dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore? No wonder tubuh bisa melebar... apalagi bila Anda tidak berolahraga.

     

    [ BACA JUGA: 10 Alasan untuk Olahraga, Meski Anda Membencinya ]

     

    2. Perjalanan Ke Kantor

    Sebuah studi dari British Medical Journal membuktikan bahwa para pekerja yang memakai transportasi umum, bersepeda atau berjalan ke kantor memiliki BMI (Body Mass Index) yang lebih rendah ketimbang yang bolak-balik menyetir mobil.

     

    3. Stres Pekerjaan

    Bila level stres Anda naik, hormon kortisol yang membuat Anda ingin mengemil pun juga naik, lho. Stres pekerjaan juga dapat meningkatkan risiko diabetes – so avoid stress, please!

     

    [ BACA JUGA: Stres Dengan Kehidupan Kantor? Lakukan Ini! ]

     

    4. Kurang Tidur

    Berdasarkan riset University of Pennsylvania, pekerja yang mendapatkan 4 jam tidur selama 5 hari berturut-turut mengalami kenaikan berat badan dibandingkan mereka yang beristirahat selama 8 jam. Ketika Anda lembur atau tidur malam, Anda pasti tergoda untuk mengemil, kan?

     

     

    5. Pilihan Makan Siang

    Kabar buruk: bila daerah kantor Anda dikelilingi oleh restoran, warung atau dekat dengan mal, risiko obesitas akan meningkat dua kali lipat. So, bila tempat terdekat tidak menyediakan pilihan makanan yang sehat, mungkin Anda bisa membawa bekal dari rumah.



     

    [ BACA JUGA: Tingkatkan Daya Ingat Dengan 5 Makanan Ini ]

     

    6. Godaan Camilan di Kantor

    Apakah kantor Anda memiliki meja snack di mana biasanya ada persediaan camilan? Bila Anda mudah tergoda oleh camilan manis dan asin (apalagi kalau gratis), ingat untuk membatasi diri, ya!

     

    7. Menaiki Lift

    Perubahan sederhana seperti berpindah dari lift ke tangga akan membantu Anda membakar kalori setelah makan siang. Bila kantor Anda berada di lantai 8, naiki tangga sampai lantai 3 saja sebelum memasuki lift supaya Anda tidak ngos-ngosan.

     

    [ BACA JUGA: Olahraga yang Sesuai Untuk Suasana Hati Anda ]

     

    8. Makan Sambil Kerja

    Makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda pun tidak akan dirasakan bila Anda sedang fokus ke pekerjaan dan multitasking. Membaca email, bersiap-siap untuk presentasi, telepon klien, atau bahkan online shopping – aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tersebut akan membuat Anda lupa bahwa Anda sudah makan siang, dan Anda pun akan lanjut mengemil.

     

    9. Kurang Sinar Matahari

    Cara alami untuk melawan obesitas adalah mendapat sinar matahari pagi. Riset dari Northwestern University membuktikan bahwa orang yang terekspos sinar matahari selama 20-30 menit diantara jam 8-10 pagi dapat meregulasi ritme sirkadian yang menyeimbangkan energi tubuh. Hasilnya? Efek slimming!

     

    [ BACA JUGA: Cara Tepat Lindungi Kulit dari Matahari! ]

     

    10. Kebiasaan Makan Rekan Kantor

    Coba perhatikan, apakah rekan-rekan kantor Anda lebih sering membawa bekal dan makan sehat atau mereka lebih sering memesan pizza? Sebuah studi oleh Academy of Nutrition and Dietetics membuktikan bahwa Anda cenderung untuk mengikuti kebiasaan makan para rekan, lho. Jangan sampai akhirnya Anda menyantap gorengan setiap hari, ya...

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Shutterstock)