Lifestyle

Lakukan Ini Sebelum Belanja Pakaian Online!

  by: Sky Drupadi       13/6/2017
  • Ah, the new era of shopping. Berbelanja online memang seru, baik hanya melihat-lihat, memasukkan ke shopping cart, dan langsung log out (we know you do that), atau ketika Anda benar-benar melakukan pembayaran. Tapi banyak juga yang takut membeli pakaian online, terutama untuk perihal kualitas dan ukuran. Di sini, Cosmo berikan tips penting yang perlu Anda baca sebelum mentransfer uang ke si penjual!

     

    Measure Yourself



    Sudah jelas, untuk menemukan pakaian yang fit, Anda harus mengukur badan seakurat mungkin. Cara paling mudah adalah dengan bantuan seorang pro. Sebelum Anda mengeluh malas, ingat, Anda hanya perlu melakukan ini sekali, lho! Pasti ada kan tukang jahit favorit di sekitar rumah Anda. Sempatkan waktu untuk mengunjunginya dan minta ia mengukur tubuh Anda seluruhnya. Done and easy!

    Jika tidak mau ke tukang jahit, Anda bisa saja meminta teman atau mencoba mengukur sendiri. Tapi ada beberapa hal yang tidak boleh dilupakan ya. Bukan sekedar panjang kaki saja, Anda harus ukur lingkar dada, pinggang, dan pinggul. Berikut beberapa trik yang dapat Anda lakukan.

    1.Berdiri di depan cermin dengan pakaian dalam.
    2.Untuk mengukur dada, lingkarkan pita ukur dari belakang. Coba sejajarkan dengan tali punggung Anda. Lalu, bawa ujung pita ke bagian payudara tertinggi. This is your bust size. Kemudian, turunkan tali pita tepat di bawah bra untuk mengukur lingkar dada.
    3.Untuk menemukan pinggang Anda, miringkan tubuh sehingga terlihat lipatan alami di samping perut. That's your waist. Ukur pada garis tersebut dengan tali pita. Ingat, jangan ditahan perutnya!
    4.Ukur pinggul Anda pada bagian tertinggi bokong (biasanya sekitar 20cm dari pinggang). Jangan melingkarkan pita terlalu ketat ya, nanti celana Anda malah kesempitan...

     

    [ BACA JUGA:Tip Belanja Online Aman dari Situs Luar Negeri ]

     

    Study The Sizing Chart

    Setelah mencatat ukuran tubuh, Anda bisa membandingkannya dengan sizing chart pada online shop keinginan Anda. Berbentuk seperti tabel, hampir semuanya punya kok. Untuk pakaian yang dijual di Instagram, baca caption secara teliti karena biasanya penjual menulis sizing-nya di situ. Memang, beberapa penjual tidak menyediakan informasi ini. Tapi adalah sebuah hak sebagai pembeli untuk bertanya, so go for it!

     

    Read The Reviews

    Jangan pernah scroll and skip bagian reviews, darling. Karena di sinilah Anda bisa membaca pendapat jujur orang-orang yang sudah menggunakan produk tersebut. Tampung segala masukan positif dan negatif, lalu tentukan apakah Anda 100% yakin melanjutkan pembelian tersebut.



     

    Make Notes

    Pernah kan membeli ukuran M di dua toko berbeda, namun ternyata yang satu kebesaran? Standar ukuran tiap toko memang berbeda, maka ketika menemukan ukuran yang pas, selalu catat. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan yang sama karena lupa bahwa ukuran toko tersebut lebih kecil dari toko lain. 

     

    [ BACA JUGA: 5 Online Shop Favorit Cosmo ]

     

    Remember: Return Policy

    Honey, jangan ragu-ragu untuk mengembalikan barang Anda. Para pemilik toko tahu betul kok risiko berjualan online. Bacalah return policy dengan baik, karena biasanya ada kebijakan yang memperbolehkan Anda mengganti ukuran atau menukar pakaian tersebut dengan voucher. Beberapa toko pun juga berbaik hati untuk mengembalikan uang Anda. Know your rights as a customer.

     

    Ready The Scissors

    In the end, berbelanja online memang agak menegangkan. Walaupun Anda tidak perlu repot ke toko, Anda harus menyiapkan diri untuk kecewa. Tapi sebenarnya Anda tidak perlu menangis terisak-isak ketika cullotes idaman Anda terlalu besar. Bawa saja ke tukang jahit terpercaya, dan voila! Anda akan memiliki pakaian yang pas dan indah. It's all part of the experience, dear. (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. Kamil Macniak / shutterstock / clickphotos)