Better You

Tips Bugar Dari Personal Trainer Rihanna, Jamie Granger

  by: Silvya Winny       14/6/2017
  • Kalau Anda memerhatikan akun Instagram Cosmo beberapa waktu lalu, Cosmo sempat diundang Puma Indonesia mengikuti aktivitas PumaRetreat selama tiga hari penuh di Phuket, Thailand. Bukan retreat biasa yang cenderung santai, tapi ini merupakan retreat yang penuh keringat. Cosmo berangkat bersama dengan figur sporty yang disebut #TeamFaster dari tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Para TeamFaster ini mostly adalah para pelatih olahraga dengan fisik dan komitmen olahraganya yang kompeten.


    Dari agendanya yang hampir semuanya adalah kegiatan membakar kalori, namun ada satu aktivitas yang sangat Cosmo tunggu-tunggu, yakni workout bersama dengan personal trainer Rihanna, Jamie Granger. Ia bahkan ikut keliling dunia bersama Riri untuk mempersiapkan kekuatan tubuh yang maksimal, membantu Riri membangun rutinitas hidup sehat, dan memotivasinya. Duh, jadi ingin mencuri banyak ilmu darinya. Untung Cosmo punya kesempatan untuk one-on-one interview dengan Jamie. Simak ya!

     



    Cosmo: Hi Jamie. Bagaimana rasanya melatih seorang selebriti?
    Jamie:
    Seru tapi juga melelahkan. Soalnya ada beberapa di antara mereka yang demanding. Saya bahkan pernah menunggu mereka berjam-jam karena jadwal mereka yang padat. Hahahaha, tapi saya tidak ingin mention siapa yaaa.

     

    Cosmo: Kami jadi penasaran, apakah Anda selalu tough dengan para trainee?
    Jamie:
    Yes, very tough. Bukan berarti harus jadi yang tercepat, tapi saya sangat rinci dengan ketepatan gerakan. Saya ingin gerakan yang dilakukan nantinya punya impact langsung ke klien saya. Tidak berarti harus jadi yang tercepat, tapi ketepatan gerakan!

     

    [ BACA JUGA: Olahraga yang Sesuai Untuk Suasana Hati Anda ]

     

    Cosmo: Sebagai seorang trainer, seperti apa latihan yang Anda lakukan untuk diri sendiri?
    Jamie:
    Saya tidak melakukan hal yang sama setiap kali latihan. Saya membaginya dengan beberapa aktivitas olahraga. Beberapa hari saya pergi ke gym, lalu saya bersepeda, berenang, kayaking, rock climbing. Saya harus memberi tantangan baru dan variasi ke rutinitas olahraga saya. Hal ini pula yang kerap saya rekomendasikan ke klien saya.

    Cosmo: Berapa lama biasanya waktu Anda untuk latihan?
    Jamie:
    Beberapa jam saya habiskan di gym, lalu saya bisa rock climbing seharian, kayaking bisa sampai enam jam. Tergantung juga dengan berapa waktu luang yang saya miliki. Tapi saya akan melakukannya semaksimal mungkin.

     



    [ BACA JUGA: Pilihan Olahraga Yang Tingkatkan Kualitas Seks Anda ]

     

    Cosmo: Lalu kalau Anda sedang bepergian apakah tetap olahraga?
    Jamie:
    Oh, tentu. Bila sedang bepergian biasanya saya akan mencari lokasi gym yang terdekat dari tempat menginap. Kalau tidak ada, kita juga bisa memaksimalkan apa yang ada di sekitar kita. Di kamar hotel sekalipun kita bisa pakai kursi, sofa kan sebenarnya. So no more excuses!

    Cosmo: Untuk wanita sibuk, apa sih rekomendasi olahraganya yang pas tapi juga optimal?
    Jamie:
    Buat wanita saya akan rekomendasikan untuk angkat beban karena ini sangat baik untuk intensitas tulang – mengaktifkan sekaligus membentuk otot. Lakukan ini 2 kali dalam seminggu, dengan berat beban 4-6kg. Setelah melewati umur 30, intensitas tulang wanita mulai menurun maka dengan latihan bisa membuatnya aktif lagi.

     

     

    Cosmo: Lalu bagaimana cara mencegah dari cedera saat olahraga?
    Jamie:
    Dari bentuk tubuh wanita, kadang kita sering mengalami cedera di area paha dan lutut, jadi saya sangat merekomendasikan untuk melakukan leg training, dan memaksimalkan latihan single leg untuk menguatkan otot kaki juga menggerakan otot medium (perut).

    Cosmo: Oh ya, adakah tips bagi untuk mereka yang sedang mempersiapkan pertandingan marathon?
    Jamie:
    Start with good meal! Mulai dengan mengonsumsi lebih banyak healthy carbs di pagi hari seperti oatmeal, whole wheat bread, dan memaksimalkan 3-2-1 rasio carbo protein, terutama di malam sebelum akan lari dan minumlah banyak air. Jika ingin memaksimalkan racing, istirahatkan tubuh Anda 2 hari sebelum pertandingan. Pastikan juga after workout meal Anda tepat untuk mengembalikan performa tubuh yang sudah terkuras.

    Cosmo: Apa diet plan yang Anda rekomendasikan untuk wanita yang ingin membuat tubuhnya lebih kering?
    Jamie:
    Lakukan olahraga yang membakar kalori seperti kardio. Dan pastikan ada melakukan pola clean diet yang bertujuan untuk menambah massa otot. (Silvya Winny / Image: dok. Cosmopolitan Indonesia, dok. GuavaPass)