Career

Begini Caranya Supaya Uang THR Tidak Cepat Habis!

  by: Hana A. Devarianti       14/6/2017
  • Yeay, uang Tunjangan Hari Raya (THR) sudah masuk dalam rekening! Eits, tapi jangan buru-buru kalap berbelanja ya. Supaya THR lebih awet, Anda harus pintar mengaturnya. Caranya? Baca saja artikel ini sampai habis!

     

    Segera Buat Rencana Pengeluaran



    Yup, ini jadi hal pertama yang harus Anda lakukan begitu uang THR sampai di tangan. Saran Cosmo, buat rencana pengeluaran yang detail dengan membaginya jadi pengeluaran pokok, sekunder, dan tersier. Seperti, yang Cosmo sudah contohkan ini:

     

    via GIPHY

     

    Pengeluaran Pokok = Kebutuhan Hari Raya

    Sesuai namanya, THR memang diperuntukan untuk kebutuhan Hari Raya. Jadi, pengeluaran THR memang umumnya paling besar ada di sini. Hitung dengan cermat apa saja yang Anda perlukan untuk Hari Raya, misalnya saja membeli tiket mudik dan “salam tempel” untuk para keponakan.

    Berbelanja baju baru dan makeup untuk Idul Fitri juga bisa masuk dalam kelompok ini. Hanya saja, Anda harus benar-benar cermat dan bijak untuk mengatur pengeluarannya. Jangan sampai gara-gara berbelanja, uang THR ludes dan Anda sudah tidak punya sisa uang untuk pengeluaran sekunder dan tersier.

     



    [ BACA JUGA: Investasikan Uang Anda ke 6 Produk Kecantikan ini! ]

     

    Pengeluaran Sekunder = Pembayaran Utang dan Dana Darurat

    Nah, uang THR juga bisa membantu Anda membayar utang. Kalau memang sisa uangnya cukup untuk membayar lunas, segera bayar dengan lunas. Akan tetapi, jika memang tidak cukup paling tidak bayarlah setengah jadi jumlah utang Anda. Dengan begitu, saat Lebaran nanti Anda juga “bersih” dari utang.

    Untuk Anda yang sudah tidak punya utang, gunakan saja uangnya untuk dana darurat. Idealnya nominal untuk pengeluaran sekunder adalah 15% dari total THR.

     

    [ BACA JUGA: 4 Metode Pengaturan Uang Untuk Anda ]

     

    Pengeluaran Tersier = Tabungan dan Investasi

    Masih punya sisa uang? Kalau begitu manfaatkan saja untuk kebutuhan masa depan. Masukkan sisa uang Anda di rekening tabungan atau bahkan untuk investasi. Dengan modal yang “cuma-cuma” ini, uang THR bisa makin bermanfaat untuk kehidupan finansial Anda. Kalau bisa, pakai sekitar 10% uang untuk pengeluaran di pos ini. (Hana Devarianti/SW/Image:)