Better You

Tetap Bisa Tidur Nyenyak Meski Pasangan Mendengkur

  by: Silvya Winny       15/6/2017
  • Tidur itu seharusnya bikin Anda terlihat bercahaya, bukannya meninggalkan kantung mata setiap pagi. Sayangnya, banyak pasangan memiliki “partner ranjang” yang mengusik tidur mereka beberapa malam dalam seminggu. Kehilangan waktu tidur secara kumulatif ternyata bisa membahayakan Anda – juga hubungan dengan si dia. Sebuah universitas medis terpandang melakukan studi dan menemukan kalau wanita menerima banyak imbas kurang tidur dibandingkan dengan pria. Hiii! Mulai dari gampang terserang depresi, mudah baper (terbawa perasaan), cepat kesal dan marah, juga dekat dengan risiko masalah jantung dan diabetes. Saran Cosmo? Jaga si dia, dan perbaiki kebiasaan tidur dengan terapi ini.

     

    Manfaatkan White Noise
    Mungkin mesin ini bisa jadi pembelian pertama untuk meredam suara berisiknya saat tidur. Namanya Marpac Dohm-DS Sound Machine, sebuah mesin terpercaya dalam menutupi suara bising yang berasal dari elemen kipas di dalamnya. Jauh lebih efektif daripada memakai rekaman.




    … Atau Pasang Earplug
    Pilihan lebih murahnya? Earplug berkualitas baik. Ethan Green, mantan pejuang insomnia dalam blog-nya No Sleepless Nights merekomendasikan Moldex SparkPlugs dalam daftar teratasnya, earplug standar yang digunakan NASCAR. Namun, juga tanyakan lembut padanya untuk memeriksakan diri ke dokter, karena ada kemungkinan ia menderita apnea tidur yang bisa serius bila tak ditangani segera.

     

    [ BACA JUGA: 5 Makanan dan Minuman yang Dihindari Sebelum Tidur ]

     

    Ubah Posisi Tidurnya
    Ini merupakan cara lama namun paling efektif untuk meredakan dengkuran si dia yang melebihi suara kuda itu. Kebanyakan orang akan berhenti mengorok jika mereka mengubah posisi tidurnya. Jika suaranya makin membesar saat tidur terlentang, goyang-goyang tubuhnya dan minta untuk tidur menyamping. Kalau ia agak terusik dengan cara ini, tak apa, demi kerutan mata berkurang dan mendapat durasi tidur bak princess, boleh dong?



     

    [ BACA JUGA: Posisi Tidur Anda dan Artinya Pada Hubungan Percintaan ]

     

    Perhatikan Berat Badannya
    Ini bisa sangat tricky, karena Anda akan menyentuh sudut yang sensitif. Tapi faktanya, pria yang kelebihan berat badan cenderung besar untuk mendengkur. Ketebalan leher dan tonjolan perutnya yang “semakin maju” itu berbanding lurus dengan intensitas dengkurannya. Wow, selamat mencoba! (Silvya Winny / Image: Syda Productions / Shutterstock / Clickphotos)