Love & Sex

Cek! Serasikah Anda & Si Dia Dalam Mengatur Keuangan?

  by: Silvya Winny       17/6/2017
  • Membahas masalah finansial ke pasangan memang cukup tricky. Namun, Anda perlu mulai mengarahkan obrolan ini, cepat atau lambat.

    Anda sudah menjalin hubungan, punya akun bersama di Netflix, bahkan mengasuh binatang peliharaan berdua. Meskipun sudah lama bersama, ada satu percakapan yang Anda berdua hindari: ketika Anda bertemu dengan seseorang, Anda mencoba untuk cari tahu apakah Anda secara fisik, emosional, dan rohani saling cocok, tapi insting Anda cenderung kurang fokus pada apakah Anda cocok secara finansial atau tidak.

    Nah, jika cara pikir Anda seperti tadi, Anda baru saja membuat kekeliruan besar, karena uang punya kendali besar dalam menentukan kebahagiaan nantinya. Kalau Anda serius dengan pria yang Anda kencani, coba simak jawaban Anda berdua dari beberapa pertanyaan ini.



    1. Habis Untuk Apa Gaji Bulanan ?
    Cari tahu apa saja pengeluaran rutinnya, supaya Anda tidak meributkan hal ini nantinya.

    Bagaimana melacak uangnya?
    Mungkin ia sudah punya pos untuk setiap pengeluaran, atau malah finansialnya seberantakan apartemennya. Berlaku juga pada Anda. “Pola mengatasi pengeluaran
    Anda di usia 20an dan awal 30an memang masih berubah-ubah,” kata Hilary Hendershott, manajer konsultan finansial di Amerika. “Jika Anda berniat untuk melaraskan gaya pengelolaan uang Anda berdua, bicarakan dengan spesifik sesuai kenyamanan Anda.”

    Lalu, siapa saja tanggungan Anda?
    Oh, jelas Anda harus terbuka pada si dia bila Anda rutin mengirimkan ibu Anda uang tiap bulan. Keterbukaan soal ini memberikan bayangan jelas tentang keuangan Anda. Bagus ia tahu sejak awal. Apabila Anda mendanai kehidupan ibu Anda seumur hidupnya, pasti akan ada kemungkinan ia akan ikut membantu keuangan Anda – jika Anda berterus terang.

     

    [ BACA JUGA: Tip Menabung Saat Kondisi Keuangan Memburuk ]

     

    Apa belanjaan Anda yang sulit dikendalikan?
    Member gym setiap bulan? Daily yoga class? Entah itu mewah atau biasa saja, buat pengakuan ke pasangan untuk mencegah kepahitan yang bakal terjadi kemudian. “Ketika Anda jujur tentang hal yang sulit Anda kompromi, lebih mudah ia tahu segera supaya ia lebih siap,” kata Torabi.

     



    [ BACA JUGA: Tip Mengatur Keuangan Saat Tinggal di Luar Negeri ]

     

    2. What Are Your Money Dreams?
    Saat Anda punya ambisi untuk satu dekade bahkan lebih... sementara dia?

    Apa keinginan besar yang membuat Anda semangat menabung?
    “Suatu keinginan yang ada dambakan dalam hidup menggambarkan apa yang Anda hargai,” tutur Janice Goldman, penulis Let's Talk About Money. Menanyakan seputar hal ini ke pasangan Anda akan menyoroti prioritas Anda berdua. Terutama bila Anda berdua ternyata sama-sama menyimpan uang untuk alasan punya rumah. Lain lagi ceritanya jika tabungan si dia ditujukan untuk berburu tiket menuju destinasi baru sementara Anda mengumpulkan biaya sekolah lagi. Anda berdua perlu mencari solusi.

     

    [ BACA JUGA: Ini Dia Jawaban Seputar Keuangan yang Sering Ditanyakan ]

     

    Bagaimana Anda melihat hidup Anda 10 tahun ke depan?
    Terangkan dengan spesifik mengenai visi Anda ke depan. Coba saling tanya, “Rumah impian kamu seperti apa?” “Mobil yang kamu suka seperti apa?” “Gimana cara kamu untuk dapat semua itu?”, Rapley menyarankan lagi. Dari jawabannya akan terlihat  besarnya niat serta apakah Anda berdua sedang dalam proses mengubah keinginan menjadi realita. Jika nanti responsnya disertai dengan beberapa rencana untuk mencapai tujuannya, ya Anda sudah ada di jalan, eh, pria yang benar. (Silvya WInny / FT / Image: Africa Studio / Shutterstock / Clickphotos)