Fashion

10 Tips Anti Gagal Membeli Sepatu yang Pas di Kaki

  by: Sky Drupadi       18/6/2017
  • Ada yang berkata bahwa sahabat terbaik wanita adalah sepasang sepatu manis yang membuat Anda merasa cantik. Tapi bukan hanya manis dan cantik, sepatu Anda harus nyaman dipakai juga. Percaya deh, jika Anda berjalan dengan sepatu kesempitan (atau kebesaran), orang lain pasti akan sadar dari cara jalan Anda yang awkward. Jadi, sebelum membeli, coba cek 10 tips berikut yang bisa membantu Anda menemukan the perfect fit!

     



     

    What's It For?

    Anda tidak mungkin menggunakan high heels saat hendak pergi ke pantai. Atau mengenakan sendal jepit ke acara kawinan teman di sebuah ballroom hotel. So, sebelum membeli sepasang sepatu, tanyakan pada diri Anda untuk apa sepatu ini akan digunakan. Jika Anda ingin mulai berolahraga, Anda bisa menginvestasikan sepasang running shoes berkualitas. Berencana naik gunung? Silahkan saja beli sepasang boots yang strong dan tebal.

    Memvisualisasikan pakaian Anda juga membantu, lho. Ketika melihat sepasang flats, coba bayangan pakaian yang ada di lemari Anda. Apa ada yang cocok? Jika hanya bisa digunakan untuk satu dress saja, sayang kan dibeli?

     

    Flexibility is Key

    Satu hal penting yang menandakan bahwa sepatu itu nyaman adalah fleksibilitasnya. Pegang kedua ujung sepatu dan bengkokkan sedikit (hati-hati, merusak berarti membeli!) Seharusnya sepatu tersebut selalu kembali ke kondisi awal, tanpa lekukan. Cara lain untuk mengecek fleksibilitas adalah dengan menekan bagian di mana jempol Anda akan berada, karena ini adalah bagian yang paling lebar. Sepatu tersebut sebaiknya bounce back dengan sempurna.

     

    Follow Your Bigger Foot

    Percaya tidak, kebanyakan orang memiliki satu ukuran kaki lebih besar dari yang lain. Jika ini kasus Anda, maka ikuti ukuran kaki Anda yang lebih besar. ALWAYS. Bicara soal ukuran, jangan membeli sepatu berdasarkan angka pada sol-nya ya. Tiap toko memiliki ukuran berbeda. Bisa jadi Anda memakai size 40 pada brand tertentu, lalu “menciut” jadi 38 dengan brand lain.

     

    Wiggle Your Toes

    Saat mencoba sepatu, kaki Anda harus pas pada bagian tumit, namun lenggang pada jari-jari kaki. Kira-kira, Anda membutuhkan ruang kosong sebanyak 1-2cm, cukup untuk jari kaki Anda bergerak di dalam. Setiap Anda melangkah, kaki pasti akan terdorong ke depan. Jadi pastikan ada ruang gerak agar Anda selalu merasa nyaman. Ingat ya, ladies. Jangan pernah berkata, “ah, nanti akan melar kok!” Jika terasa sempit sekarang, pasti akan sama di masa depan.

     

    Afternoon Shop



    Waktu ideal untuk membeli sepatu adalah sore sampai malam hari. Hal ini karena kaki Anda akan sedikit “membengkak” di jam tersebut. Makanya sepatu Anda bisa merasa pas di pagi hari, namun sempit di malam hari. Sebelum hal tersebut terjadi, sebaiknya sedia payung sebelum hujan dengan menghindari morning shopping.

     

    Socks Up

    Gunakan kaos kaki andalan Anda saat hendak membeli sneakers atau boots. Karena mencoba tanpa kaos kaki (atau menggunakan kaos kaki yang jarang Anda pakai) tentunya akan sangat berbeda ketika sudah dibawa pulang. Terutama jika kaos kaki favorit Anda memiliki ketebalan yang signifikan.

     

    Know Your Heels

    High heels banyak dikaitkan dengan kesehatan kaki. Dan memang benar, memakai sepatu tinggi cantik ini terlalu lama bisa berdampak negatif pada kaki. But don't freak out. Catat saja: tinggi heels yang aman adalah tidak melebihi 7,5cm. Anda masih bisa bebas bergerak, tidak terlalu memberi tekanan pada tumit, dan tetap terlihat elegan.

     

    Inside Out

    Jangan hanya fokus pada luarnya saja, tapi dalamnya juga. Kualitas sepatu yang nyaman seharusnya empuk, lembut, tanpa ada bekas jahitan yang mengganggu punggung kaki.

     

    Walk On Solid Surface

    Ini merupakan peraturan nomor satu dalam membeli sepatu. Selalu coba menggunakannya sambil berjalan. Tapi pastikan Anda berjalan di atas permukaan yang rata seperti lantai kayu atau marmer. Carpet is a big no-no. Honey, semua sepatu akan terasa nyaman jika digunakan di atas karpet!

     

    Shoe = Protect Your Feet

    Selucu dan seindah apa pun sepatu tersebut, tujuan utamanya adalah untuk melindungi kaki Anda dari celaka. Jangan sampai flat shoes Anda ternyata sangat tipis dan justru mudah ditembus oleh benda tajam. Coba bayangkan, jika Anda tidak sengaja memecahkan gelas di lantai, apakah kaki Anda bisa aman di dalam sepatu tersebut? Safety first, darling! (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. Moustache Girl / Shutterstock / Clickphotos)