Lifestyle

Tips Perjalanan Mudik Nyaman Bersama Keluarga

  by: Alvin Yoga       19/6/2017
  • Yeay, sebentar lagi hari raya! Ingin mudik bersama keluarga? Cek apa saja yang harus Anda persiapkan untuk membuat perjalanan mudik nyaman.

     

    Siapkan Obat Anti Mabuk



    ...terutama jika ada anggota keluarga Anda yang mudah mabuk darat. Anak-anak pun biasanya lebih rentan mengalami mabuk perjalanan, apalagi jika perjalanan Anda cukup jauh. Bersiap-siap selalu lebih baik, kan.

     

    Bawa Kantong Plastik

    Kantong plastik punya banyak kegunaan, semisal untuk mengumpulkan sampah bekas makanan atau minuman kemasan, atau untuk berjaga-jaga jika ada keluarga yang mabuk perjalanan. Ada baiknya kantung ini tidak transparan dan degradable.

     

    Cukup Tidur

    Karena terlalu antusias menghadapi liburan, kebanyakan orang malas tidur lebih awal dan justru menghabiskan waktu untuk bermain ponsel. Padahal, perjalanan panjang membutuhkan banyak tenaga. Pastikan Anda cukup tidur agar tubuh tetap fit sampai di tujuan. Tak ingin kan, sesampainya di tujuan Anda justru masuk angin dan justru jatuh sakit?

     

    Siapkan Bantal Leher

    Ini merupakan salah satu barang yang penting untuk dibawa. Selain berguna membuat leher Anda terjaga agar tidak pegal, bantal leher juga sangat berguna jika Anda ingin beristirahat di dalam kendaraan.

     

    Bawa Pakaian Hangat

    Pastikan Anda tidak memasukkan pakaian hangat di dalam tas, apalagi jika perjalanan Anda memakan waktu. Alih-alih, bawa atau pakai baju hangat Anda. Anda tak akan pernah tahu kapan Anda membutuhkannya.

     

    Makanan Ringan



    Siapa sih yang tidak suka ngemil? Apalagi jika Anda sedang dalam perjalanan jauh dan bosan di dalam kendaraan. Pastikan saja Anda memasukan camilan sehat dalam daftar makanan ringan, seperti roti lapis atau buah potong. Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa air mineral sehingga kebutuhan air Anda tetap terjaga. Psst, menyiapkan makanan ringan dari rumah akan membuat Anda lebih hemat, karena harga makanan di tempat wisata cenderung lebih mahal. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot mencari camilan ketika sedang bosan.

     

    Jangan Lupa Tanda Pengenal

    Yup, semisal KTP, SIM, STNK dan alat pengenal lainnya. Meninggalkan tanda pengenal di rumah akan merepotkan Anda nantinya. Tak ingin kan liburan Anda menjadi terhambat karena tertangkap tidak membawa tanda pengenal?

     

    Pastikan Kondisi Kendaraan

    Jika Anda membawa kendaraan pribadi dan tidak menggunakan kendaraan umum, penting sekali untuk memastikan kondisi kendaraan agar terjauh dari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini juga baiknya dilakukan dari jauh-jauh hari agar Anda tidak perlu repot memastikan segalanya pada saat akan berangkat.

     

    Siapkan Uang Receh

    Uang dalam pecahan kecil akan sangat memudahkan Anda untuk melakukan banyak hal, seperti membeli hal kecil di perjalanan, atau jika Anda ingin membayar parkir. Hal ini juga mempercepat jalur antrian saat mengantre sesuatu. Ingat, uang pas selalu lebih baik dibanding uang dalam pecahan besar.

     

    Baterai Gadget

    Jika Anda membawa peralatan elektronik seperti kamera dan telepon genggam, pastikan semua peralatan tersebut sudah siap dipakai sebelum Anda berangkat. Charge baterai ponsel sebelum berangkat, karena Anda akan membutuhkannya di perjalanan. Ada baiknya Anda tidak memanfaatkan fasilitas charge di mobil karena hal tersebut akan mengonsumsi banyak aki yang Anda butuhkan

    (Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Outnow.ch)