Better You

Ini Cara Redakan Sakit Gigi Saat Tidak Ada Dokter

  by: Kezia Calesta       22/6/2017
  • Pernahkah Anda mengalami sakit gigi, namun Anda tidak bisa langsung ke dokter? Praktikkan 4 solusi temporer dari Cosmo untuk melegakan rasa sakit Anda.



     

    1. Berkumur Air Garam

    Campurkan satu sendok tehh garam dalam air mendidih. Setelah air sudah tidak terlalu panas, berkumurlah selama 30 detik. Perasaan sakit tidak hanya menurun, tetapi pembengkakan juga akan mengurang. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

     

    2. Kompres Dengan Es Batu

    Masukkan beberapa butir es batu kecil dalam kantung plastik, kemudian bungkus dengan handuk kecil. Kompres daerah yang sakit selama 10-15 menit hingga syaraf tidak sesensitif sebelumnya dan sakit mengurang.

     

    3. Berkumur Hidrogen Peroksida

    Bila Anda bisa menemukan solusi hidrogen peroksida (3%) di apotek atau supermarket, Anda beruntung! Hidrogen peroksida sangat berguna dalam membunuh bakteri dan melegakan rasa sakit. Setelah berkumur, jangan lupa mencuci mulut dengan air putih juga. Oh ya, hidrogen peroksida juga bisa menghilangkan bau mulut dalam sekejap, lho.



     

    [ BACA JUGA: Perawatan Tubuh Simpel dengan Hydrogen Peroxide ]

     

    4. Gunakan Teh Pepermin

    Peppermint tea sangat berguna dalam meredakan pembengkakan dan sakit gigi. Selain berkumur dengan teh, Anda juga bisa menggunakan kantong teh yang sudah direndam sebagai kompres untuk bagian gigi yang sakit.

     

    Untuk menghindari sakit gigi, lakukan 5 hal ini dengan konsisten:
     

    • Hindari konsumsi gula setiap hari.
       
    • Kunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk check-up.
       
    • Hindari minuman yang terlalu panas atau dingin.
       
    • Sikatlah gigi setidaknya 2 kali sehari, dan ganti sikat setiap 3 bulan. Mouth wash dan dental floss juga sangat membantu kesehatan gigi.

     

    Bila sakit berlanjut, hubungi dokter terpercaya untuk pengobatan dan perawatan selanjutnya, ok? (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Shutterstock)