Beauty

8 Antioksidan Terbaik untuk Mempercantik Kulit

  by: Ainjia Phioltia Paat       26/6/2017
  • Kulit Anda pasti tak luput dari bahaya lingkungan yang dapat menghancurkan strukturnya, sebut saja sinar UV yang terkenal sebagai penyebab utama kerusakan kulit, polusi udara dari knalpot mesin kendaraan, serangan AC yang rutin, dan lain-lain. Maka dari itu, zat antioksidan merupakan harga mati untuk dapat memerangi radikal bebas sehingga kulit lebih sehat dan terawat. Selanjutnya, Cosmo mengajak Anda untuk mengecek komposisi perawatan kulit yang digunakan saat ini. Pastikan diantaranya tercantum nama-nama antioksidan terbaik seperti yang berikut ini!

    1. Vitamin E

    Sering disebut sebagai tocopherol ataupun tocotrienols, vitamin E mampu menutrisi kulit serta memerangi gejala kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan matahari. Cosmo loves: The Body Shop Vitamin E Overnight Serum-In-Oil, Rp229.000,- yang senantiasa memberikan efek segar seperti baru saja bangun dari beauty sleep selama 8 jam penuh!



     

    2. Vitamin C

    Penelitian membuktikan bahwa vitamin C berkhasiat mencerahkan wajah sekaligus memperbaiki warna kulit yang tidak merata. Our fave: LANEIGE Clear-C Advanced Effector, Rp475.000,- dengan kandungan Acerola yang mengandung vitamin C 65 kali lebih banyak sehingga mampu mengembalikan vitalitas kulit sekaligus mencegah pigmentasi berlebih seperti flek hitam di wajah.

     

    3. Retinol

    Jika Anda menginginkan kulit yang lebih kencang dan bebas dari gejala penuaan dini, sudah pasti Retinol adalah jawabannya. Selain tercatat sebagai antioksidan terbaik, Retinol alias bentuk hewani dari vitamin A ini juga merupakan senyawa anti-aging yang terbukti sangat efektif. Try: Avène RétrinAL 0.1 Intensive Cream, Rp1120.000,-. Berbeda dengan produk retinol lain pada umumnya, krim ini mengandung retinaldehyde sebagai bentuk lain vitamin A yang tidak bersifat mengiritasi kulit.

     

    4. Resveratrol

    Formula satu ini terkenal mampu meningkatkan produksi kolagen sekaligus memperbaiki sel-sel kulit yang telah rusak. Tidak hanya itu, ternyata Resveratrol juga mengandung zat anti-bakteri sehingga mampu mencegah timbulnya jerawat. Must have: MooGoo Anti-Ageing Face Cream, Rp380.000,- yang berkhasiat menyeimbangkan kadar minyak pada wajah sehingga membuatnya terasa lembut dan lebih awet muda.

     

    5. Teh Hijau



    Berbahagialah bila terdapat green tea dalam perawatan kulit Anda, karena berbagai riset telah membuktikan khasiatnya terhadap kecantikan. Perawatan kulit yang mengandung teh hijau juga sangat baik untuk dikenakan berbarengan dengan tabir surya karena mampu meningkatkan proteksinya. Cosmo likes: The Face Shop Green Tea Phyto Powder in Cleansing Foam , Rp99.000,- dengan ekstrak teh hijau yang mampu membersihkan permukaan kulit secara menyeluruh serta menutrisinya sehingga tampak sehat dan berseri.

     

    6. Niacinamide

    Niacinamide atau disebut juga Vitamin B3 merupakan antioksidan yang baik untuk keremajaan kulit wajah karena mampu menambah kekuatan perlindungan kulit dari agresi eksternal, menambah produksi ceramide untuk mengontrol kelembapannya, membantu mengurangi kemerahan, minyak berlebih, melambatkan pergerakan melanin ke epidermis kulit untuk mengurangi hiperpigmentasi, memancing terciptanya kolagen untuk menghindari kulit dari kerut halus, dan membantu memperbaiki kulit yang kusam dan tak cerah. Winner! Try: Olay Regenerist Revitalizing Serum, Rp198.000,-.

    7. Grapeseed Oil

    Kaya akan beta-karotin, Vitamin D, C, dan E, juga fatty acid seperti palmitic, stearic dan linoleic acid yang telah terbukti efektif mengontrol kerutan juga memudarkan noda pada kulit. Selain itu, minyak ini juga mengandung polyphenol, antioksidan yang mengurangi tanda penuaan dan munculnya acne. Selain itu, memiliki efek melembapkan dan oligomeric proanthocyanidins di dalamnya, atau dikenal juga dengan OPC, membantu melenyapkan efek radikal bebas di kulit dan melembutkan dan segar pada kulit. Cosmo loves: Skin Food Grape Seed Oil Cleansing Oil, Rp210.000,-.

     

    8. Charcoal

    Khasiatnya telah terbukti dari jaman Mesir Kuno karena manfaat antibakterial, pelenyap jamur dan bau tak sedapnya. Arang terkenal karena kemampuannya menghisap bahan kimiawi perusak dalam air seperti tembaga, timah, merkuri, klorin dan kadmium dan merilis mineral baik seperti magnesium, kalsium, potasium dan fosfat. Karena area permukaan yang luas, arang yang aktif memiliki kemampuan menyerap hingga 100 kali beratnya! Oleh karenanya, arang merupakan antioksidan yang baik untuk kulit berminyak dan berjerawat karena mampu mengangkat kotoran, racun, membersihkan pori-pori, minyak berlebih, dan mengurangi munculnya blackhead dan jerawat. Gunakan masker berbahan dasar charcoal namun pastikan masker Anda tak menggunakan perekat PVA yang dapat memancing reaksi alergi. Coba: Lux Crime Galaxy Charcoal Face Mask, Rp90.000,-.

     

    (Melur Pinilih, Ainjia Paat/AP/Image: Various)