Better You

12 Makanan Enak Ini Berkalori Tinggi dan Tidak Sehat!

  by: Hana A. Devarianti       4/6/2018
  • Kamu pasti sudah tahu kalau ingin mendapatkan tubuh yang sehat kamu harus mengonsumsi makanan yang sehat pula. Itu berarti makanan yang bisa memenuhi asupan nutrisi kamu tiap hari.


    Kalori adalah salah satu nutrisi penting buat tubuh kamu, ialah yang memberikan energi untuk kamu beraktivitas sehari-hari. Ada banyak makanan berkalori tinggi yang sehat, tapi yang tidak sehat juga tak kalah banyak. Menurut nutritional therapist Frances Phillips, penting untuk mengetahui apa saja yang termasuk makanan berkalori "kosong" alias empty calories tersebut, "Meskipun boleh mengonsumsi makanan tersebut, tapi ada hal yang bisa dilakukan untuk membuatnya jadi lebih sehat," tuturnya.




    Hmm, apa saja yang termasuk makanan berkalori "kosong" tersebut? Berikut adalah 12 makanan lezat berkalori tinggi dan terbukti tak sehat buat tubuh. Read on, ladies!


    1. Latte (terutama dengan sirup perasa)

    Minuman yang satu ini mungkin jadi minuman wajib kamu sehari-hari. Namun, mengonsumsi gula dan susu dalam jumlah besar sebenarnya hanya menambah jumlah kalori dan tak memberikan asupan nutrisi yang berarti pada tubuh. Ternyata, satu latte dengan sirup perasa yang berukuran large sudah mengandung 380 kalori.

    Kalau ingin menikmati kopi di pagi hari, Cosmo sarankan untuk tidak menambahkan gula dan susu. Pilihan terbaik adalah membuat kopi sendiri di rumah, sehingga kamu bisa meracik sendiri kopi tanpa harus khawatir sang barista memasukkan terlalu banyak perasa. Okay okay, boleh kok kalau mau tambah gula dan susu tapi pastikan kalau jumlahnya sedikit, ya.



    2. Roti putih

    Roti putih yang telah diproses sebenarnya sudah tidak "segar" lagi. Dengan kalori mencapai 100 tiap lembarnya, makanan yang satu ini sebenarnya tak berkalori tinggi. Hanya saja makanan ini tidak memiliki banyak nutrisi. Ketika sarapan dengan roti putih yang telah diproses, kamu cenderung akan lebih mudah merasa lapar bahkan sebelum jam makan siang tiba.

    Jika mau makan roti, lebih baik pilih yang wholegrain. Sourgouh spelt dan rye bread juga bisa jadi pilihan karena fermentasi keduanya dapat meningkatkan kemampuan menyerap nutrisi seperti zat besi, zinc, magnesium, dan vitamin B.


    3. Jus kemasan

    Kalau minum ini dalam satu takaran saji saja, kalori tubuh kamu sudah bertambah sebanyak 100 kalori. Tak hanya itu, karena menggunakan bahan pengawet, banyak nutrisi dalam buah yang hilang. Sehingga, jumlah vitamin C yang didapatkan juga tak seberapa. Malah, sering kali jus kemasan mengandung vitamin C sintesis. Lebih baik minum jus segar tanpa gula serta susu, atau jus sayur dan buah yang cold-pressed deh, ladies.


    4. Burger, kentang goreng, dan piza

    Kalau tiga makanan ini rasanya jelas saja ya berkalori tinggi. Satu pan piza bisa mengandung lebih dari 1000 kalori, sedangkan burger dan kentang goreng dapat mencapai 845 kalori. Tapi, harus diakui kalau sulit rasanya untuk tidak tergoda mengonsumsi makanan yang lezat ini. Tenang ladies, kamu masih bisa kok mengonsumsinya.

    Kamu bisa makan burger yang disajikan dengan salad dan ubi sweet potato wedges. Jika ingin makan piza, pilih yang crust-nya sourdough serta ber-topping sayur-sayuran. Kalau kentang goreng, kamu bisa ganti dengan kentang panggang atau kentang rebus.

    Baca juga: Supaya Sehat, Hindari Konsumsi Ini saat Makan Siang


    5. Alkohol

    Harus diakui kalau setelah hari yang melelahkan kamu terkadang butuh segelas wine. Hanya saja, minuman keras sebenarnya tidak memiliki manfaat gizi buat tubuh. Bukan cuma itu, alkohol juga menghabiskan nutrisi kunci dalam tubuh, salah satu diantaranya adalah vitamin B. Kamu sering merasa lelah? Bisa jadi kalau ini adalah penyebabnya.

    Saat ladies night dengan the girls sebaiknya pilih alkohol yang berwarna bening, misalnya saja tequila, soda, atau gin yang dicampur dengan air soda dan perasan lemon segar. Tidak hanya bikin kamu tak mudah mabuk, jenis minuman keras ini mengandung kalori yang lebih rendah dibanding yang berwarna gelap seperti whiskey dan brandy. Selain itu, wine juga cenderung lebih rendah kalori.


    6. Es krim

    Sad to say, ¼ pint dari es krim favorit kamu punya kalori yang tak tanggung-tanggung, yaitu mencapai 350 kalori. Tingginya jumlah gula yang digunakan untuk membuat es krim juga menghilangkan mineral utama pada susu, termasuk magnesium. Dan, hal ini bisa bikin kamu ngidam makan makanan yang manis lagi.

    Ada banyak kok alternatif dari es krim yang terbuat dari susu sapi. Kamu bisa coba es krim yang terbuat dari coconut milk alias santan, juga es krim dari kacang mete yang tidak menggunakan gula halus. Jangan khawatir, rasanya tak kalah enak kok!





    7. Minuman soda

    Ini faktanya: minuman soda tak punya manfaat nutrisi dan mengandung gula yang tinggi. Satu kaleng dari minuman bersoda punya kalori sampai 130, dan kalori tersebut tidak memberi asupan gizi apapun buat tubuh. Jangan tertipu dengan klaim "diet" yang dibilang lebih baik karena tak mengandung kalori. Sebab, gula buatan yang ada dalam minuman tersebut dapat meningkatkan risiko kamu terkena masalah kesehatan mematikan, seperti penyakit diabetes, sindrom metabolik, dan kardiovaskular atau jantung. Alternatif yang lebih sehat kalau ingin minum soda? Coba deh sparkling water dengan perasan lemon atau jeruk nipis. Lebih segar dan tentunya sehat!

    Baca juga: Efek Minum Soda Pada Tubuh Yang Perlu Kamu Tahu


    8. Keripik

    Memang keripik adalah salah satu kudapan yang lezat juga praktis. Tapi, keripik kentang tak punya kandungan gizi yang cukup buat tubuh. Satu kantung keripik yang sudah asin punya 158 kalori dan tidak mengandung vitamin atau mineral lain. Yikes! Padahal kamu rasanya seperti makan "angin" alias tak kenyang setelah makan keripik kentang. 

    Saat sedang ngidam mengunyah sesuatu yang asin dan renyah, kamu bisa makan sayur mentah seperti wortel dan brokoli dengan humus. Kamu tak begitu suka sayur? Kabar baiknya sekarang sudah tersedia berbagai keripik sayur dan buah yang enak rasanya.


    9. Pastry

    Terkadang pastry jadi menu sarapan yang paling mudah (plus paling lezat) buat sarapan. Namun, satu croissant mengandung 300 kalori, sedangkan pain au raisin punya 360 kalori dan pain au chocolat punya 380 kalori. Hmmm, sepertinya masih ada deh pilihan menu sarapan yang lebih mengeyangkan dan kaya akan nutrisi. Misalnya saja chia seed, telur, dan oatmeal.


    10. Cereal bars

    Eits, mengonsumsi cereal bars itu belum tentu lebih sehat darling. Memang sih cereal bars biasanya mengandung kalori tak lebih dari 150 kalori, tapi kandungan gula dari makanan yang satu ini tinggi. Bahkan, lebih tinggi dari cokelat lho! Jika ingin mengonsumsi makanan ini sebaiknya pilih yang berisi buah dan kacang kering, bukan gandum atau gula tambahan. Atau mengapa tidak makan buah segar saja? Dengan begitu kamu benar-benar bisa mendapatkan gizinya. 

    Baca juga: 9 Hal yang Terjadi di Tubuh Kalau Berhenti Makan Gula


    11. Cokelat

    Okay, bukannya benci cokelat. Justru karena Cosmo menyukainya dan tahu kalau kamu juga tak bisa lepas dari makanan yang satu ini, kami mencari alternatif yang lebih sehat untuk menikmatinya. Kebanyakan cokelat yang kamu temukan mengandung 100-300 kalori. Dan, kalau mengonsumsi cokelat yang berasal dari kakao yang telah diproses kamu tidak akan mendapatkan manfaat antioksidan tinggi yang dimiliki oleh makanan ini. So, pilih dark chocolate organik dengan kandungan kokoa mencapai 70%. Dijamin lebih baik buat tubuh kamu!
     

    12. Biskuit, kue, dan donat

    Sudah tahu kan kalau tiga makanan ini tinggi kalori? Jumlah kalori dari ketiga makanan ini sangat beragam, tergantung dari jenis yang kamu konsumsi. Akan tetapi, pada intinya semuanya mengandung kalori "kosong" yang tak memiliki manfaat berarti buat tubuh. Ada baiknya kamu membatasi menikmati tiga makanan ini. Jika ingin lebih "rajin", coba saja membuatnya di rumah. Jangan lupa untuk ganti gula halus dengan coconut sugar, maple syrup, atau kurma dan ganti tepung putih dengan brown rice flour atau almond flour, ya. Ini bakal membuat kue bikinan kamu lebih sehat.



    Well, 12 makanan yang ada di atas memang sebaiknya kamu hindari. Tapi, Cosmo tahu kalau ada beberapa makanan yang sulit untuk kamu tolak dan tak bisa kamu lepaskan. Boleh saja sebenarnya mengonsumsi makanan berkalori tinggi, tapi satu hal yang harus kamu ingat: kamu hanya boleh melakukannya sekali-kali saja. Sisanya, tentu saja mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi! 

    Baca juga: 10 Hal Yang Terjadi di Tubuh Jika Berhenti Makan Karbo


    (Artikel disadur dari: cosmopolitan.com/uk. Alih bahasa: Hana Devarianti. Image: DOK. Olena Kachmar©123RF.com. Perubahan telah dilakukan oleh editor)