Better You

Cara Packing Efisien di Koper Kabin, Pasti Muat Banyak!

  by: Hana A. Devarianti       8/6/2018
  • Selalu merasa kalau kamu membutuhkan koper yang lebih besar tiap kali packing untuk jalan-jalan? Well, ladies sebenarnya penyebabnya bukan karena koper kamu kurang besar, tapi kamunya yang kurang pintar mengepak barang-barang. Percaya atau tidak, koper kabin saja sudah cukup lho untuk traveling selama seminggu.Yes darling, dengan cara packing yang benar koper kabin kamu sebenarnya bisa memuat banyak barang.


    Kalau kamu berencana untuk traveling hanya dengan koper kabin agar perjalanan jadi terasa lebih praktis, berikut ada beberapa hal yang bisa kamu terapkan ketika akan mengepak barang-barang kamu.




    Before Packing

    1. Rencanakan baju yang akan dipakai

    Akui, deh kamu pasti pernah kan membawa terlalu banyak baju saat traveling. Rasanya ingin membawa seluruh isi lemari agar kamu tetap terlihat stylish selama melakukan perjalanan. Nah, ketika menggunakan koper kabin kamu memiliki ruang yang lebih terbatas sehingga otomatis kamu harus lebih cerdas memilih baju. Saran Cosmo, rencanakan pakaian dengan matang yang akan kamu kenakan selama traveling. Lakukan mix and match sebelum memasukkan baju ke dalam koper. Kalau perlu, foto saja hasil mix and match tersebut untuk melihat apakah baju yang kamu kenakan cocok.

    Untuk jumlah baju yang dibawa sebenarnya tergantung dari lama perjalanan kamu, tapi berdasarkan pengalaman Cosmo, kamu sebenarnya hanya membutuhkan satu baju tiap hari. Jika masih bingung harus membawa berapa banyak baju, kamu bisa menerapkan trik clothing countdown 5, 4, 3, 2, 1. Dilansir dari New York Times, kamu cukup bawa lima set kaus kaki dan celana dalam, empat baju atasan, tiga bawahan, dua pasang sepatu, dan satu topi. Kamu bisa juga menambahkan dua stel pakaian tidur, satu jaket yang nyaman, satu stel pakaian olahraga, dan satu swimsuit.


    2. Siapkan pouch untuk setiap barang

    Menaruh barang begitu saja di dalam koper dapat "memakan" ruang yang sebenarnya bisa dimaksimalkan. Jadi, siapkan tas kecil atau pouch untuk setiap barang kamu. Kalau mau, kamu bisa memasukkan baju ke dalam packing cubes. Packing cubes yang berbentuk persegi sangat pas dengan bentuk koper, memastikan kalau tidak ada ruang yang terbuang.

    Untuk bra dan celana dalam bisa kamu masukkan ke dalam topi supaya bentuknya tidak rusak, sedangkan kaus kaki bisa diselipkan ke dalam sepatu. Satu hal yang tak kalah penting adalah jangan lupa dimasukkan sepatu ke dalam tas sepatu atau kantung plastik, paling tidak gunakanlah shoe cover. Kamu tentu tidak ingin alas sepatu mengotori baju-baju kamu. Siapkan pula pouch untuk kabel charger gadget kamu untuk mencegah kabel charger kusut di dalam koper. Kamu bisa memanfaatkan tempat kaca mata untuk menaruh kabel-kabel kamu, lho.

    Satu hal yang perlu diperhatikan juga adalah kalau maskapai punya aturan untuk memasukkan benda cair (yang mana termasuk toiletries, skin care, dan parfum) ke dalam satu kantung re-sealable transparan yang ukurannya tak mencapai 20cm x 20 cm. Untuk ukuran botol benda cair itu sendiri tak boleh lebih dari 100ml.


    3. Pakai yang travel size

    Mengingat kalau ada aturan ketat soal benda cair, Cosmo saranakan kamu membawa segala macam benda cair dalam  travel size. Sudah banyak kok brand, termasuk brand skin care dan makeup, menyediakan produk mereka dalam travel size. Kalau memang tidak mau membeli yang trazel size, kamu bisa menggunakan container yang ukurannya tak lebih dari 100ml. Jika ingin yang lebih DYI, kamu bisa menggunakan tempat contact lens untuk menaruh moisturizer, lho.


    4. Vakum baju kamu

    Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menambah ruang di koper kamu adalah dengan vakum baju kamu memakai vacuum travel bag. Ketika baju dipak dalam vacuum travel bag, sudah tidak ada lagi udara di dalamnya. Ini membuat baju-baju kamu terkompresi dan kamu pun jadi punya lebih banyak ruang untuk menyimpan baju. Keuntungan lainnya dari menyimpan baju di vacuum travel bag adalah baju kamu tak akan berbau tidak sedap. HAnya saja, kekurangannya adalah baju akan sedikit kusut kalau dipak menggunakan vacuum travel bag.

    Beberapa vacuum travel bag ada yang membutuhkan pompa untuk menyedot udara di dalam kantung. Tapi, beberapa ada juga yang hanya butuh digulung untuk mengeluarkan udara.




    5. Cek aturan soal power bank

    Kamu pasti sudah tahu kan kalau ingin membawa powerbank kamu harus memasukkannya di koper kabin. Nah, saat ini sudah ada aturan soal membawa powerbank ini. Berdasarkan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Indonesia, setiap penumpang boleh membawa powerbank atau baterai lithium cadangan yang mempunyai daya per jam (watt-hour) tidak lebih dari 100 Wh. Sedangkan peralatan yang mempunyai daya per jam (watt-hour) lebih dari 100 Wh tapi tidak lebih dari 160 Wh harus mendapatkan persetujuan dari maskapai dan diperbolehkan untuk dibawa maksimal dua unit per penumpang. Adapun, powerbank yang mempunyai daya 160 Wh dilarang untuk dibawa. Adapun, menurut IATA, kamu boleh membawa maksimal 15 powerbank.

    Aturan yang harus kamu perhatian juga adalah kamu tidak boleh menggunakan powerbank selama penerbangan, ya.


    When You Pack

    1. Susun Layaknya Sedang Bermain Game Tetris

    Goal kamu ketika packing di koper kabin adalah mengisi semua ruang yang ada. Jadi, bayangkan saja kalau kamu sedang bermain game tetris saat packing, di mana tak boleh ada ruang yang tersisa. Kamu bisa taruh sepatu di bagian bawah koper. Ini akan jadi layer pertama di koper kamu. Taruh juga pouch toiletries dan makeup di bagian bawah koper. Sehingga, kalau ada toiletries atau makeup yang bocor, cairannya tak mengotori baju kamu. Di atasnya kamu bisa taruh baju yang berbahan tebal, seperti celana jeans, jaket, atau blazer. Layer berikutnya adalah baju yang berbahan lebih ringan, misalnya t-shirt dan tank top. Nah, untuk layer paling atas kamu bisa taruh baju yang tak ingin kamu lipat atau gulung karena mudah kusut, contohnya kemeja. Kalau masih ruang yang kosong di koper, kamu bisa mengisinya dengan celana dalam atau kaus kaki.


    2. Taruh benda yang mudah pecah di bagian tengah koper

    Kamu akan membawa barang yang mudah pecah dalam koper? Sebaiknya taruh barang tersebut di bagian tengah koper. Bungkus terlebih dahulu barang tersebut dengan koran atau bisa juga dengan salah satu t-shirt yang kamu bawa. Ini akan mencegah barang tersebut pecah di dalam koper.


    3. Kenakan pakaian yang paling tebal dan berat

    Berat koper yang dibawa di kabin pesawat tak boleh lebih dari 7kg. Maka dari itu, akan lebih baik kalau kamu memilih untuk mengenakan pakaian yang paling tebal dan berat sebagai outfit selama penerbangan. Beberapa benda yang bisa bikin koper berat adalah sepatu, jaket tebal, dan syal tebal. Tidak hanya mencegah koper kamu tidak overweight, hal ini juga memberikan lebih banyak ruang di dalam koper kamu.


    Itu dia, ladies beberapa tips untuk packing di koper kabin. Kira-kira untuk libur lebaran kali ini kamu berani tidak hanya bawa koper kabin saja selama traveling?


    (Image: Cathy Yeulet©123RF.com)