Better You

4 Cara Termudah Supaya Kamu Berhenti Kecanduan Ponsel

  by: Silvya Winny       5/6/2018
  • Bisa jadi ini benda yang pertama kamu raih saat bangun tidur dan yang terakhir kamu sentuh di malam hari. Bila dipikir-pikir lagi entah berapa kali kamu memegang ponsel dalam sehari. Mungkin tak terhitung lagi.

    "Kamu bisa memiliki kecenderungan untuk kecanduan secara psikologis terhadap apa pun — termasuk, dan mungkin khususnya, telepon Anda," kata Earl Miller, PhD, seorang profesor ilmu saraf di Picower Institute for Learning and Memory di MIT.

    Sebuah smartphone pada dasarnya adalah pabrik dopamin mini, yang memberikan perasaan senang secara cuma-cuma ketika baru mendapat like di akun sosial media, atau sebagai objek pengusir rasa bosan. Sayangnya, “sistem dopamin ini tidak akan bisa dipuaskan, maka kamu akan merasa butuh akan benda ini,” kata psikolog klinis Elyssa Barbash, PhD, dari DoctorElyssa.com.

    Itulah sebabnya setiap orang rata-rata meraih ponsel mereka 80 kali sehari, menurut satu survei (hmm, sepertinya bisa lebih ya). Bahkan lebih dari setengah individu usia 18 dan 24 mencari kesenangan dengan bantuan sosmed, menurut laporan baru-baru ini.

    Studi lain memberikan fakta kalau jauh dari ponsel sangatlah penting, karena dari penelitian dibuktikan bahwa terobsesi pada benda berlayar ini dapat menguras otak, lho. Belum memegangnya bahkan (baru berpikir soal ponsel di mana, dll) dapat menguras memori kerja dan kemampuan kamu untuk mengerjakan tugas, menurut studi di tahun 2017. Whoaaa!

    Untungnya, kamu tidak perlu benar-benar bermusuhan dengan ponsel untuk mengurangi efek negatifnya. Semakin banyak kamu melatih diri untuk tidak memegang, katakanlah, bermain HP saat sedang BAB di toilet, main hp saat menunggu kereta, maka semakin berkurang pula kebutuhan kamu akan benda ini. Ya semacam rehab kecil-kecilan untuk diri sendiri. Apa lagi yang bisa kamu lakukan untuk berhenti ketergantungan dengan ponsel ya? Lanjutkan membaca.





    1. Hapus aplikasi yang paling adiktif

    Kami tidak mengatakan kamu mulai sekarang tidak bisa menggunakan Instagram, Facebook, atau Twitter sama sekali — mungkin kamu bisa mulai mengecek update-nya via laptop saja. Terlalu kejam? Okay, hapus satu atau dua aplikasi tersebut dari ponsel kamu. Ini membantu untuk menciptakan rasa “bosan” untuk melihat ponsel (karena ada perasaan “itu lagi-itu lagi” atau “gak seru”). Tujuannya: Jadikan ponsel begitu membosankan supaya tidak sering-sering dilihat.

    2. Menyiapkan penghalang pandang

    Untuk berhenti meraih ponsel saat sedang merasa bosan yang kedua adalah, "Ikat dia dengan kunciran rambut kamu," saran Catherine Price, penulis buku How to Break Up With Your Phone. "Ia akan bertindak seperti pengganjal yang akan menyentak otak kamu ketika akan meraihnya.” Ketika kamu melihat ikat rambut tersebut, tanyakan pada diri sendiri apakah kamu benar-benar perlu membuka aplikasi apa pun saat itu. Jika jawabannya tidak, simpan ponsel kembali di dalam saku (atau lebih baik lagi di ruangan lain).





    3. Jaga Jarak
    Sama halnya dengan "Jika kamu seorang perokok dan ada rokok di depan mata dan sementara kamu berusaha menghindarinya, otak secara otomatis tetap akan memunculkan keinginan untuk mengambil sebatang rokok tersebut," kata Price. Hilangkan godaan dengan menyimpan ponsel di tas saat berada di kantor atau di laci meja saat kamu sedang ngobrol dengan kolega kantor, bahkan mengaktifkan fitur “Do Not Disturb”. Jika kamu FOMO (Fear of Missing Out), atur settingan ponsel yang memungkinkan untuk menerima panggilan hanya dari orang-orang terdekat saja.

    4. Download ini untuk detox
    Dua aplikasi yang benar-benar dapat membantu menghentikan kebiasaan scrolling tanpa henti kamu.

    Space
    Awalnya kamu akan melewati sebuah kuis yang bakal mendiagnosa bagaimana pemakaian ponsel kamu (seberapa sering kamu attached dan mengukur fungsi ponsel tersebut bagi kamu). Setelahnya kamu diminta untuk menetapkan target, dan Space akan mengukur seberapa ketergantungan kamu dengan ponsel. Gratis di iOS dan Android.

    Moment

    Masukkan jumlah waktu yang ingin kamu habiskan untuk ponsel setiap hari dan Momen akan memberi tahu ketika kamu telah melewati batas tersebut. Ia juga akan mencatat penggunaan setiap aplikasi yang akan memberitahu pengguaan aplikasi tersering kamu. Gratis di iOS.

    (Image: Fabio Formaggio©123RF.com, Thanapol Kuptanisakorn©123RF.com)