Beauty

31 Tips agar Bulu Mata Lentik tanpa Lash Extension!

  by: Ainjia Phioltia Paat       6/6/2018
  • Terapkan salah satu dari 31 tips di bawah ini agar bulu mata kamu lentik tanpa perlu eyelash extension!


    1. Lapisi bulu mata dengan concealer cair sebelum mengaplikasikan maskara untuk menambah volume bulu mata.

    Salah satu trik favorit Kim Kardashian adalah menggunakan concealer untuk bawah mata sebagai lash primer. Ia biasa menggunakan sikat kecil untuk mengaplikasikan concealer pada bulu matanya, tunggu sebentar sampai kering, baru melapisinya dengan maskara.




    2. Buat falsies kamu terlihat mewah dan mahal dengan menyisirnya dengan spoolie!

    False lashes murah biasanya terlihat kaku, terlalu rapi, dan tentunya, palsu. Agar terlihat mahal, tiru tips makeup artist Paloma Garcia, yaitu sisir bulu mata palsu kamu menggunakan spoolie dengan gerakan menyamping hingga terlihat wispy.


    3. Aplikasikan bulu mata palsu di BAWAH bulu mata atas kamu, bukan di atasnya, agar terlihat lebih natural.

    Selain jadi terlihat lebih flawless, karena lem bulu mata dan tulang bulu matanya pun akan tersamar, konon rasanya juga jadi lebih nyaman. Cosmo sarankan kamu menggunting dulu falsies dan tempel sedikit-sedikit, atau gunakan lashes individual. Penasaran mau coba? Check this vid out!


    Baca juga: 5 Cara Mudah Pakai Bulu Mata Palsu Tanpa Ribet


    4. Tumpuk beberapa lapis falsies untuk tampilan glam yang maksimal.

    Trik klasik ini biasa digunakan oleh para bintang panggung agar bulu mata makin stand out


    5. Tekuk kuas maskara agar pengaplikasiannya jadi lebih mudah!

    Tekuk pelan-pelan batang kuas maskara hingga membentuk sudut 90 derajat dengan pegangannya. Bentuk ini buat kamu jadi lebih mudah mengontrol penggunaan kuas. Kuas jadi bisa mencapai area-area yang sulit dicapai seperti bulu-bulu mata halus di sudut dalam garis mata!


    6. Angkat sisa maskara dengan tisu untuk mencegah terjadinya gumpalan.

    Pada penggunaan pertama, kuas maskara akan menyerap lebih banyak produk, yang menghasilkan bulu mata yang menggumpal. Jadi, bila kamu baru membeli maskara dan mau mengaplikasikannya untuk pertama kali, goreskan dulu bulu kuasnya di tisu untuk mengangkat produk yang menempel. Tips tambahan: ambil produk yang ada di tisu dengan fan brush dan aplikasikan di bulu mata bagian bawah! Jadi tak ada yang terbuang, kan...


    7. Bulu mata tetap turun walau sudah pakai maskara? Coba buat gerakan zig-zag di dekat akar saat menggunakan maskara, dan cukup sisir halus bagian ujungnya.

    Teknik ini membantu mengangkat bulu mata dan mempertahankannya tetap tegak lebih lama.

    Gerakan lurus akan memberatkan bulu mata, yang buat bulu mata kamu kembali lurus dan jatuh hanya dalam hitungan menit. Untuk mempertahankan kelentikan bulu mata, baiknya maskara diaplikasikan tebal di bagian akar, dan tipis di bagian ujung. Gerakan zig-zag akan menjaga produk jadi lebih banyak menempel di akar bulu mata, sedang sikat halus di bagian atas buat bulu mata bagian atas tetap ringan.


    8. Tumpuk maskara waterproof di atas formula yang biasa untuk memastikan maskara kamu tahan lama.

    Formula waterproof baik untuk mempertahankan kelentikan bulu mata dan buat maskara tak smudged seharian. Namun begitu, formula tersebut sulit untuk dibersihkan. Jadi, dengan mengenakan maskara biasa di awal dan melapisinya dengan yang waterproof akan memudahkan proses pembersihannya nanti. Smart!


    Baca juga: 8 Maskara Berbasis Waterproof Pilihan Cosmo!


    9. Lapisi kedua sisi bulu mata dengan maskara untuk efek menebalkan.

    Jika kamu memiliki bulu mata yang tipis atau warnanya terang, coba kenakan maskara di kedua sisi bulu mata, tak hanya bagian bawahnya saja. Untuk mengaplikasikan pada sisi atas, arahkan mata melihat ke bawah ya... 


    10. Pegang kuas secara horizontal bila menginginkan bulu mata tebal, sedang kalau mau hasil yang lebih natural, pegang kuas secara vertikal.

    Cara memegang kuas pun bisa menghasilkan perbedaan yang besar, lho. Posisi horizontal dan gerakan zig-zag di akar akan buat bulu mata kamu jadi lebih tebal, dan posisi vertikal dengan penggunaan ujung atas kuas di seluruh bulu mata kamu akan menghasilkan bulu mata yang terlihat panjang dan alami. Noted!


    11. Celupkan botol maskara kamu ke dalam mangkuk berisi air hangat untuk buat formulanya tetap cair, tidak clumpy.

    Tips ini akan buat formulanya lebih tipis dan mudah digunakan.

    Teknik ini bisa digunakan bila maskara kamu sudah mau habis dan belum melewati waktu kadaluwarsanya, yaitu 3 bulan. Girls, jangan pernah menyimpan dan menggunakan maskara lebih dari 3 bulan untuk mencegah infeksi mata! 


    12. Hindari maskara mengenai kulit bawah mata dengan meletakkan sendok di bawah mata saat mengaplikasikan maskara pada bulu mata bawah. 

    Pegang sendok dengan bagian punggungnya ke arah luar, dan kenakan maskara seperti biasa. Lengkungan sendok akan mencegah maskara menempel di kulit bawah mata. Trik ini juga bisa kamu gunakan untuk bulu mata bagian atas, lho.


    13. Lupa bawa eyeliner? Psst, pakai maskaramu jadi pengganti eyeliner.

    Ambil sedikit maskara dengan eyeliner brush, dan gunakan untuk melukis garis di lash line atas (dan bawah). Efeknya akan seperti gel liner. You’re welcome!


    14. Setelah lapisan pertama maskara, sebelum yang kedua, coba taburkan sedikit bedak tabur di bulu mata biar bulu mata terlihat lebih voluminous!

    Translucent powder memiliki kekuatan menempel yang baik, jadi bulu mata akan terlihat lebih tebal.


    15. Beri beberapa tetes obat mata ke dalam botol maskara untuk mengembalikan kecairan maskara yang telah mengeras.

    Saat maskara belum melewati 3 bulan namun sudah mulai mengeras, teteskan air pembersih mata untuk memudahkan kamu menggunakannya kembali!




    16. Angkat maskara yang menempel di kelopak atau kulit bawah mata dengan cotton bud.

    Bila maskara tergores tak sengaja di kulit sekitar mata, tunggu hingga kering, lalu tempel tanpa menekan terlalu dalam, dan putar cotton bud hingga noda terangkat sempurna. Pastikan nodanya sudah kering, karena bila masih basah akan buat noda melebar dan jadi lebih parah.


    Baca juga: 5 Cara Efektif Ini Menghentikan Maskara Dari Luntur


    17. Pisahkan bulu mata yang menggumpal akibat maskara dengan sikat gigi bersih.

    Ambil sikat gigi bersih, dan sisir bulu mata dari akar hingga ujung. Bulu sikat gigi akan mengangkat maskara yang buat bulu mata jadi menggumpal


    18. Ingin alis terlihat bushy dan tebal? Bisa kenakan maskara untuk mewarnai, mengisi dan men-set bentuknya.

    Selain jadi gel liner, maskara bisa merangkap jadi brow gel! Pertama-tama, seka kuas maskara di sisi mulut botol, lalu sikat bulu alis dengan gerakan atas-bawah. Teknik ini akan membantu menebalkan dan mengisi alis dan menjaganya tetap rapi. Pastikan warna maskaranya yang sesuai dengan warna alis kamu ya!


    19. Kenakan maskara di akar rambut untuk menyamarkan warna dasar rambut atau rambut putih!

    Gunakan maskara dengan warna yang sama dengan rambut kamu untuk diaplikasikan pada akar rambut untuk menyembunyikan warna rambut yang baru tumbuh atau bahkan grey hair!


    20. Jepit bulu mata dengan eyelash curler saat mengaplikasikan maskara, di waktu yang bersamaan untuk mempertahankan kelentikannya!

    Jepit bulu mata di bagian akar saat mengaplikasikan lapisan pertama maskara. Maskara yang basah buat bulu mata jadi lebih berat, namun penggunaan curler sekaligus saat mengaplikasikan maskara akan buat bulu mata tetap lentik.


    21. Hangatkan eyelash curler dengan hairdryer!

    Besi curler yang hangat akan buat bulu mata jadi jauh lebih lentik dan tahan lama. Sama seperti kalau kamu menggunakan curling iron di rambut! Tapi, pastikan besi curler tidak terlalu panas ya agar tak berbahaya di kulit kelopak mata.

     

    22. Jepit bulu mata dari 3 angle berbeda, dasar bulu mata, tengah, dan ujung, untuk melentikkannya.

    Jepit bulu mata di bagian akar selama beberapa detik. Lalu lepas, dan gerakan penjepit ke tengah bulu mata, dan jepit bagian tersebut dengan sedikit mengangkat penjepit bulu mata hingga paralel. Tahan beberapa detik. Terakhir, jepit bagian ujung bulu mata dengan posisi penjepit hampir tegak.


    23. Tak punya penjepit bulu mata? Pakai saja sudut lempengan sendok teh!

    Caranya, letakkan pinggir sendok teh di atas bulu mata atas dengan bagian punggung sendok menempel di kulit kelopak mata. Lalu, dengan jari, tekan bagian akar bulu mata ke sendok. Setelah beberapa detik, gerakkan sudut sendok ke tengah bulu mata, dan ke bagian ujung untuk membentuk bulu mata yang lentik.


    24. Letakkan cermin kecil di meja, sandarkan siku di meja dan menunduklah ke arah cermin untuk mengaplikasikan bulu mata palsu.

    Posisi ini akan mengontrol gerakan jari dan lengan saat menempel bulu mata serta membantumu melihat dengan lebih jelas.


    25. Tempelkan helai falsies di seputar pegangan makeup brush selama beberapa lama untuk melengkungkannya.

    Dengan begitu, tulang bulu mata palsunya akan lebih mudah menempel di garis mata. 

    Gemas karena bagian ujung bulu mata tak menempel? Tips ini akan membantu karena akan mencegah ujung bulu mata tetap “tegak” saat kamu menempelkannya.


    26. Atau, tak usah tempel bagian ujungnya sama sekali!

    Aplikasikan tips ini jika kamu memakai full eye makeup. Tempel bagian tengah helai bulu mata tepat di atas bola mata untuk memberi efek fluttery dan buat mata terlihat lebih panjang!


    27. Gunakan cotton bud atau bobby pin untuk mengoleskan lem bulu mata di falsies.

    Untuk mengontrol banyaknya lem di tulang bulu mata, gunakan cotton bud atau bobby pin untuk mengoleskan dan meratakannya sepanjang tulang bulu mata. Lalu, tunggu beberapa detik hingga lem mengering, baru tempel.


    28. Atau, coba oleskan lem bulu mata di garis mata kamu langsung.

    Jika kamu menemukan kesulitan untuk mengaplikasikan lem di tulang falsies, cara lebih mudahnya adalah dengan menggarisi lash line dengan lem, tunggu kering sejenak, dan tempelkan bulu mata di atasnya.


    29. Gunting helai bulu mata palsu jadi dua atau tiga bagian untuk memudahkan pengaplikasian.

    Bulu mata palsu yang panjang lebih sulit untuk diatur, maka coba untuk menempelkannya satu persatu bagian. Mulai dari sudut luar, dan terakhir pada sudut dalam. Bila ingin tampilan yang lebih natural, cukup tempel bulu mata dari sudut luar dan tengah!


    30. Setelah mengaplikasikan bulu mata palsu, kenakan eyeliner cair warna hitam di lash line untuk menyamarkan garisnya.

    Tempelkan bulu mata sedekat mungkin dengan lash line, namun bila kamu belum berhasil dan masih menyisakan jarak antara bulu mata asli dan palsu, atau bahkan sisa lem, cukup tumpuk dengan liquid liner hitam dan “dosa”nya pun hilang deh! Trik ini lebih mudah dipakai dibanding harus mengangkat helai bulu mata palsu dan memulai semuanya dari awal, kan?


    31. Untuk mengangkat bulu mata palsu dengan mudah, tempel bola kapas yang telah dibasahkan oleh makeup remover pada kelopak mata selama beberapa detik untuk “mengendurkan” gigitan lem di kulit kelopak mata.

    Daripada langsung menarik false lashes dari kulit, yang tak hanya menyakitkan tapi juga bisa mencabut helai bulu mata kamu, basahkan bola kapas dengan makeup remover tanpa minyak dan tempelkan di kelopak mata selama 20 detik untuk membantu melepaskan lem dari falsies dan bikin kamu lebih mudah melepaskannya!


    Disadur dari www.cosmopolitan.com