Lifestyle

8 Lagu K-Pop Terbaru Yang Wajib Ditunggu Bulan Ini!

  by: Alexander Kusumapradja       6/6/2018
  • Memasuki bulan Juni, sejumlah grup maupun solois K-Pop siap mengeluarkan single terbaru mereka yang akan mengisi playlist musim panas kamu untuk tahun ini. Siapa saja? Yuk lihat satu per satu!





    Wanna One

    Setelah dikabarkan berpindah agensi dari YMC Entertainment ke Swing Entertainment, grup jebolan Produce 101 Season 2 ini merilis album spesial bertajuk 1÷x=1 (Undivided) tanggal 4 Juni kemarin dengan single terbaru mereka, “Light” yang langsung menduduki peringkat atas setiap tangga lagu beken Korea Selatan seperti Melon, Genie, Mnet, Naver, dan Soribada.

    Selain “Lights”, album ini juga berisi empat unit songs di mana para member berkolaborasi dengan musisi pencipta lagu terkenal lainnya. Keempat unit song tersebut adalah “Kangaroo” oleh Triple Position (Kim Jae Hwan, Kang Daniel, Park Woo Jin) yang diproduseri Zico Block B, “Hourglass” oleh The Heal (Lee Dae Hwi dan Ong Seong Woo) yang diproduseri Heize, “Forever and a Day” oleh Lean on Me (Hwang Min Hyun, Ha Sung Woon, Yoon Ji Sung) yang diproduseri oleh Nell, dan “11” oleh No. 1 (Park Ji Hoon, Bae Jin Young, Lai Guan Lin) yang diproduseri oleh Dynamic Duo. Saat dirilis, keempat unit song ini pun berhasil masuk ke daftar top ten!

    Dengan berpindahnya mereka ke agensi baru yang khusus menangani mereka, sempat ada harapan bahwa mereka akan memperpanjang kontrak mereka. Namun, sampai sekarang belum ada info yang jelas soal itu, tapi yang pasti di akhir bulan Juni ini mereka akan menggelar tur dunia berjudul “ONE: The World”. 


    A.C.E

    Grup besutan Beat Interactive ini termasuk salah satu grup underrated saat mereka debut. Alhasil, kelima member grup ini pun ikut dua survival show untuk mendongkrak nama mereka. Dua member yaitu Jun dan Chan ikut program The Unit sementara tiga member lainnya yaitu Donghun, Wow, dan Kim Byeongkwan mengikuti program Mix Nine. Partisipasi mereka di dua acara tersebut bisa dibilang cukup sukses mempopulerkan grup ini. Chan berhasil debut di grup pemenang The Unit yang bernama UNB. Begitupun dengan Byeongkwan dan Donghun yang berhasil masuk ke grup pemenang Mix Nine. Sayangnya mereka tidak jadi debut bersama pemenang Mix Nine lainnya karena pembatalan debut yang diputuskan Yang Hyun-Suk (YG Entertainment) sebagai konseptor acara tersebut. 

    Di comeback mereka kali ini dengan album Adventures in Wonderland yang akan dirilis tanggal 7 Juni, mereka hanya tampil berempat karena Chan masih terikat kontrak dengan UNB. Album comeback ini sendiri dikabarkan akan berisi tiga lagu lama dan tiga lagu baru dengan single pertama "Take Me Higher" yang mengambil konsep musim panas.


    SHINee

    SHINee is back! Selepas kepergian Jonghyun, kembalinya grup SM Entertainment ke blantika K-Pop telah sangat dinantikan tak hanya oleh para Shawol tapi juga oleh pecinta K-Pop pada umumnya. Tanggal 28 Mei lalu mereka telah merilis album mini The Story of Light dengan single “Good Evening” dan di tanggal 11 Juni ini mereka akan merilis sekuelnya dengan single “I Want You” yang akan dilanjutkan dengan mini album ketiga di tanggal 25 Juni dengan single “Our Page”. 

    Nantinya, ketiga album mini tersebut akan digabungkan menjadi full album keenam mereka yang berisi 15 lagu sekaligus merayakan ulang tahun debut mereka yang kesepuluh. Meskipun banyak yang cemas bahwa SHINee mungkin akan bubar setelah ditinggal pergi Jonghyun, namun tampaknya ketakutan itu tak terbukti. Dalam acara Radio Star di MBC, keempat personel SHINee sempat membocorkan bahwa mereka telah melanjutkan kontrak mereka dengan SM yang artinya SHINee masih akan terus berkibar untuk beberapa tahun ke depan.   


    Woo Jin Young & Kim Hyun Soo

    Bagi yang mengikuti Produce 101 Season 2, nama Woo Jin Young tentu sudah tidak asing. Meskipun tidak berhasil debut menjadi bagian dari Wanna One, namun kemampuan dan karismanya sebagai rapper berhasil diakui banyak orang. Karena itu, tak heran ketika ia mengikuti survival show berikutnya, Mix Nine, ia termasuk salah satu kontestan paling diunggulkan dan bahkan menjadi posisi pertama di episode final. Sayangnya, seperti yang sudah disebutkan di atas, grup pemenang Mix Nine batal debut. Tapi jangan kecil hati dahulu, karena untuk mengobati kekesalan para penggemarnya sekaligus sebagai bentuk terima kasih, ia pun akan merilis sebuah album mini bertajuk PRESENT bersama rekan satu agensinya Kim Hyun Soo yang juga berkompetisi di Mix Nine. Album ini akan dirilis 12 Juni dan akan berisi lagu solo masing-masing serta lagu duet mereka. Album ini pun bisa dibilang teaser sambil menunggu keduanya resmi debut bersama para trainee Happyface Entertainment lainnya.  


    Kim Yong Guk 

    Satu lagi kontestan Produce 101 Season 2 yang sukses walau tak berhasil masuk Wanna One adalah Kim Yong Guk yang juga dikenal dengan nama Jin Longguo. Sempat bergabung bersama beberapa kontestan Produce 101 populer lainnya untuk membentuk grup JBJ yang sayangnya harus bubar karena masalah kontrak, ia akan merilis single terbaru berjudul “Clover” di tanggal 13 Juni. Tak tampil sendiri, di lagu ini ia juga mengajak rapper perempuan Yoon Mi Rae sebagai bintang tamu. Akan seperti apa kolaborasi keduanya? Ditunggu saja ya.   



     

    Blackpink

    BLACKPINK IN YOUR AREAAA! Our favorite bad girls are back! Penantian yang cukup lama untuk girlgroup asal YG Entertainment ini akan usai di tanggal 15 Juni dengan dirilisnya album mini pertama mereka yang berjudul Square Up

    Selain single “DDU-DU DDU-DU” yang dikabarkan akan menjadi single utama, album ini juga akan berisi tiga lagu baru lainnya yang berjudul “Forever Young,” “Really,” dan “See U Later” yang semuanya diproduseri dan ditulis oleh Teddy, sosok di balik lagu-lagu sukses mereka sebelumnya. 

    Kembalinya Blackpink ini memakan waktu hampir setahun setelah single “As If It’s Your Last” dirilis tanggal 22 Juni 2017 lalu, maka tak heran semua penggemar mereka yang disebut Blinks sangat bersemangat dengan kabar ini dan untuk merayakannya, baru-baru ini Blackpink pun merilis official lightstick dengan desain unik berupa palu mainan dengan hati di ujungnya. Badass and cute at the same time just like the girls themselves!   


    BtoB

    Seperti tak mau kehilangan momentum, CUBE Entertainment terus merilis comeback untuk grup yang bernaung di bawahnya. Kali ini giliran grup yang sudah terbilang senior di agensi tersebut, BtoB. Grup beranggotakan 9 orang ini akan merilis album mini kesebelas mereka dengan judul This Is Us di tanggal 18 Juni nanti. Seperti di hampir semua lagu sebelumnya, salah satu member berbakat di BtoB Im Hyunsik kembali berperan sebagai pencipta lagu dan penulis lirik. Di album ini Hyunsik akan bekerjasama dengan penyanyi dan komposer EDEN untuk membuat single terbaru mereka. Selain Hyunsik, member BtoB lainnya yaitu Ilhoon, Peniel, dan Minhyuk pun dikabarkan turut ambil bagian dalam pengerjaan lirik lagu baru mereka.   


    Momoland

    Walaupun telah debut sejak 2016, namun bisa dibilang nama Momoland baru benar-benar melejit setelah mereka merilis single “Bboom Bboom” yang sukses besar di tangga lagu dan menjadi salah satu lagu K-Pop paling ikonis di awal tahun ini. 

    Menyusul kabar agensi mereka yang berganti nama dari Duble Kick Company menjadi MLD Entertainment, di bulan Juni ini girlgroup dengan 9 personel ini pun bersiap melakukan debut resmi mereka di Jepang pada tanggal 13 Juni serta akan merilis lagu baru mereka di tanggal 26 Juni dalam acara “2018 MOMOLAND Comeback Show-Con”. Pada acara tersebut mereka akan menampilkan lagu comeback mereka dan melakukan berbagai aktivitas seru. Setiap penjualan tiket yang mereka dapat di acara ini akan disumbangkan untuk biaya medis anak-anak yang mengalami kecelakaan mobil di area sekolah. Sounds awesome right? Comeback kali ini pun merupakan comeback pertama mereka setelah kesuksesan “Bboom Bboom” sekaligus pembuktian bagi Momoland jika mereka bukan sekadar one hit wonder.


    (Image: dok. Instagram @fromyg)