Lifestyle

5 Tips Praktis Packing Koper Liburan ala Marie Kondo

  by: Alexander Kusumapradja       9/6/2018
  • Ladies, musim berlibur sudah di depan mata, dan bagi kamu yang akan berpergian itu artinya kamu harus melakukan satu hal yang tak terhindarkan: Mengemas barang-barang ke dalam koper liburan kamu. Terdengarnya sepele, namun jujur saja, hal itu tak pernah mudah. Entah kenapa kita selalu merasa takut ketinggalan sesuatu dan akhirnya malah memasukkan barang-barang secara berlebihan yang hanya akan merepotkan kita sendiri. Atau kamu sudah merencanakan paduan outfit yang akan kamu pakai selama liburan, namun saat tiba di tujuan dan membuka koper, semua bawaan kamu sudah berantakan. Mengesalkan bukan? Untungnya, ada beberapa tips dan metode packing yang bisa kita coba untuk mengatasi hal tersebut. Salah satu yang paling terkenal adalah metode dari Marie Kondo.





    Biasa dipanggil dengan nama KonMari, Marie Kondo adalah wanita Jepang berusia 32 tahun yang terkenal sebagai penulis buku dan konsultan tentang cara organizing benda-benda dalam hidupmu dengan cara yang praktis dan minimalis. Metode organisasi barang ajarannya biasa disebut sebagai KonMari method dan secara sederhana intinya adalah mengumpulkan satu per satu jenis barang tertentu dan hanya menyimpan benda yang membangkitkan rasa senang dalam dirimu. Ia menyebutnya barang-barang yang “spark joy” atau dalam bahasa Jepang disebut tokimeku yang artinya perasaan berdebar dalam dada.

    Contohnya, kamu mengumpulkan semua kaus milikmu yang tersimpan di dalam lemari. Pikirkan mana kaus yang masih ingin kamu pakai dan membuatmu merasa senang dan mana kaus yang sebetulnya tidak pernah kamu pakai lagi dan hanya teronggok di bawah lemari. Simpan kaus yang membuatmu senang, dan eliminasi kaus yang tidak kamu pakai lagi. Tapi, jangan asal buang saja. Kamu masih bisa menggunakan kaus tersebut untuk tujuan lain atau menyumbangkannya ke orang lain. Sebelumnya, ucapkan terima kasih karena kaus itu pernah berguna dalam hidupmu. Tindakan menghargai barang tersebut berakar dari ajaran Shinto yang pernah dipelajari KonMari. 



    Kembali ke soal packing koper liburan, metode KonMari pun tentu saja bisa diterapkan untuk hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa langkahnya:


    1. Membuat daftar barang yang akan dibawa

    Lihat lagi itinerary yang akan kamu lakukan dan catat pakaian apa saja yang akan kamu pakai untuk setiap hari dan kegiatan. Dengan begini kamu menghindari membawa terlalu banyak pakaian dan hanya membawa pakaian yang benar-benar akan kamu pakai dan tidak perlu pusing lagi untuk padu padan outfit. Untuk yang masih terbiasa membawa terlalu banyak barang, Marie mengusulkan agar kamu mencoba traveling dengan hanya membawa barang-barang yang benar-benar perlu saja. Semakin kamu terbiasa berpergian hanya dengan sedikit barang, kamu akan semakin tahu benda-benda apa saja yang benar-benar kamu butuhkan. 


    2. Pilih koper dan tas yang membuatmu merasa bahagia

    Marie Kondo menekankan bahwa semua harus dimulai dengan hal yang membuatmu merasa senang. Termasuk soal koper. Bosan dengan koper lamamu yang desainnya membosankan? Ini saatnya membeli koper baru dengan warna favoritmu. Hal itu pun bukan kewajiban, kalau kamu masih senang dengan koper lamamu pun tidak masalah. Sebelum mulai packing, buka kopermu dan cek apakah ada barang-barang yang masih tertinggal dari perjalanan sebelumnya. 



    3. Lipat pakaianmu dengan metode KonMari

    Biasanya kita melipat baju dengan cara melipatnya menjadi bentuk persegi yang melebar lalu ditumpuk secara vertikal. Tapi coba ingat lagi deh, bila kita ingin mengambil baju di tumpukan bawah mau tak mau kita harus mengangkat dan mengeluarkan semua baju di atasnya dulu yang hasilnya justru bisa berantakan. Cara yang disarankan Marie Kondo adalah menggulung atau melipat pakaian menjadi bentuk segitiga yang bisa ditegakkan. Pakaian lalu dijajarkan secara horizontal. Dengan begitu kamu jadi lebih mudah melihat semua pakaianmu di dalam koper dan tidak harus membongkar koper untuk mengambil pakaian yang kamu mau. Selain itu dengan teknik melipat ini, pakaianmu jadi tidak mudah kusut.


    Bagaimana caranya? Lets see:





    Pakaian lengan pendek

    1. Buka dan letakkan pakaian di permukaan rata dengan bagian depan menghadap ke Anda
    2. Lipat sisi kanan pakaian ke bagian depan dengan rata
    3. Lipat ujung lengan yang belum terlipat
    4. Ulangi langkah yang sama untuk bagian kiri sehingga pakaianmu berbentuk persegi panjang
    5. Lipat pakaian dari bagian atas (leher/hem)
    6. Lipat setengah panjang pakaian
    7. Lipat setengah lagi sehingga bentuknya mirip seperti lipatan koran dan bila dilakukan dengan benar, pakaianmu bisa diberdirikan di bagian sampingnya



    Pakaian lengan panjang

    1. Letakkan merata pakaian lengan panjang di depanmu
    2. Lipat sisi kanan pakaian dengan bagian lengan ikut terlipat horizontal
    3. Lipat bagian lengannya ke bawah (vertikal) sehingga membentuk segitiga
    4. Ulangi untuk sisi kirinya
    5. Lipat dari bagian atas sampai benar-benar terlipat rapi dan bisa berdiri tegak



    Celana panjang

    1. Letakkan celana panjang dengan merata di depanmu
    2. Lipat bagian kaki kiri ke kanan
    3. Kalau masih tersembul, lipat bagian selangkangan sehingga celana panjangmu benar-benar berbentuk segitiga panjang
    4. Lipat dari bagian ujung kaki sampai ke arah pinggang dengan menyisakan sekitar satu inci
    5. Lipat ke dalam sampai celana panjang terlipat rapi dan bisa berdiri tegak



    Celana pendek

    1. Letakkan merata celana pendek di depanmu
    2. Lipat menjadi dua memanjang (horizontal), area selangkangan ke pinggang
    3. Lipat bagian sampingnya ke dalam sehingga berbentuk seperti amplop
    4. Lipat lagi celana secara memanjang sehingga bentuknya padat dan bisa ditegakkan


    4. Simpan perintilan di tas kecil dan letakkan di tempat yang mudah terjangkau

    Untuk perintilan seperti kosmetik dan peralatan mandi, Marie merekomendasikan menyimpannya dalam tas kecil agar tidak tercecer. Terutama pilih tas atau kantung yang berbahan waterproof agar kalaupun kenapa-kenapa, tumpahannya tidak akan mengotori seisi kopermu yang lain. Letakkan di bagian atas tumpukan pakaian atau di tempat penyimpanan yang mudah diraih sehingga kamu tidak perlu mengobrak-abrik isi koper hanya untuk mencari sikat gigi. 


    5. Tetap rapi sampai pulang ke rumah

    Sekarang isi kopermu sudah tersusun rapi, tapi jangan lupa untuk menjaganya tetap rapi saat kamu sudah tiba di tujuan. Simpan pakaian kotormu dengan cara yang sama (dilipat) di sisi koper yang tidak tercampur dengan pakaian yang masih bersih. Hal itu pun bisa membuatmu membereskan koper dengan cepat begitu kamu pulang ke rumah. Kamu bisa langsung memasukkan baju kotor ke cucian dan menyimpan pakaian bersih ke lemari pakaianmu. 


    (Image: Chutima Chaochaiya©123RF.com)