Lifestyle

Ini Daftar Ruas Tol Baru untuk Jalur Mudik Lebaran 2018

  by: Hana A. Devarianti       8/6/2018
  • Ladies, Hari Raya Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari. Ini berarti beberapa dari kamu sedang bersiap-siap untuk mudik ke kampun halaman. Nah, kabar baiknya di tahun 2018 ini pemerintah telah menyiapkan ruas tol baru yang bisa kamu jadikan opsi untuk mudik lebaran. Ruas tol baru ini tak hanya di Jawa saja, di Sumatera pun ada ruas tol baru yang bisa digunakan ketika mudik lebaran. Hal ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang sering dihadapi pemudik saat kembali ke kampung halaman.

     

    Beberapa ruas adalah tol operasional yang telah diresmikan dan berbayar. Namun, ada juga yang merupakan tol fungsional yang belum diresmikan, tapi layak digunakan. Adapun, untuk menggunakan tol fungsional kamu tidak perlu membayar uang tol, alias gratis. Meski telah layak digunakan, kamu disarankan lebih waspada ketika melewati jalur tol fungsional. Sebaiknya kamu berkendara tak lebih dari 40-60km/jam. Tol fungsional sudah boleh dilewati mulai dari hari Jumat, 8 Juni 2018 pukul 6 pagi.



     

    Berikut adalah daftar ruas tol baru untuk jalur mudik lebaran 2018:

     

    Tol Trans Jawa

    1. Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi)

    Selama mudik lebaran tahun ini, tol baru Bocimi yang akan dibuka secara fungsional khusus untuk seksi I saja dari Ciawi ke Cigombong dengan panjang sekitar 15,3km. Pemerintah memberlakukan sistem one way untuk jalur tol ini. Pada tanggal 8-14 Juni 2018, tol hanya bisa dilewati untuk kendaraan dari arah Jakarta ke Sukabumi. Sedangkan, pada tanggal 15-24 Juni 2018, tol hanya bisa dilewati dari arah sebaliknya. Untuk rest area tersedia di KM 10+700 yang dilengkapi parkir kendaraan, toilet, juga mushola.

     

    2. Tol Pejangan - Pemalang

    Tol yang ada di Jawa Tengah ini membentang sepanjang 57,5km. Sebagian besar telah beroperasi sebagai tol operasional, meskipun ada beberapa titik yang masih beroperasi sebagai tol fungsional. Terdapat dua rest area di Tol Pemalang - Pejangan, yaitu rest area tipe A yang lebih lengkap di KM 287. Sedangkan, rest area tipe B yang memiliki fasitilas tak sebanyak rest area tipe A ada di KM KM 275.

     

    3. Tol Pemalang - Batang

    Pada mudik lebaran tahun lalu, tol ini masih digunakan sebagai jalur darurat. Nah, di tahun ini tol ini telah beroperasi meskipun masih secara fungsional. Dengan panjang 39,2km, tol ini memiliki tiga rest area. Ada dua rest area tipe A di KM 321+500, KM 344+500, juga terdapat rest area di KM 252.

     

    4. Tol Batang - Semarang

    Tol Batang - Semarang juga berlokasi ada di Jawa Tengah. Tol sepanjang 75km masih beroperasi secara fungsional, jadi sebaiknya lebih berhati-hati melewati tol ini. Ada tiga rest area di jualur tol ini, yaitu di KM 360, KM 378+900, dan KM 389+200 yang mana seluruhnya adalah rest area tipe A.

     

    5. Tol Semarang - Solo

    Tol dengan panjang 72,64KM ini memang sebagian telah beroperasi sejak 2009. Namun, di tahun ini seksi III hingga seksi V-nya akan mulai beroperasi. Untuk seksi III Bawen - Salatiga akan beroperasi secara operasional, sisanya yaitu Salatiga - Boyolali dan Boyolali - Kartosuro masih beroperasi secara fungsional. Nah, rest area di jalur baru ini terdapat pada KM 467 dan KM 682.

     

    6. Tol Solo - Ngawi

    Jalur tol yang mencapai 90,25km ini memang telah berstatus operasional, tapi kamu tak perlu membayar tarif tol ketika melewati jalur ini. Yup, jalur tol ini masih gratis. Jalur tol ini juga akan dioperasikan dua arah selama 24 jam. Ada empat rest area di sepanjang tol Solo - Ngawi, yaitu di KM 519, KM 538, dan JM 575.

     

    7. Tol Ngawi - Kertosono



    Tol yang menghubungkan tiga kabupaten di Jawa Timur ini telah diresmikan Presiden Jokowi pada bulan Maret lalu. Tol sepanjang 87,02km ini ada yang beroperasi secara operasional maupun fungsional. Ngawi - Nganjuk beroperasi secara operasional, sedangkan Nganjuk - Wilangan masih fungsional. Sejauh ini rest area ada di KM 597.

     

    8. Tol Mojokerto - Jombang - Kertosono

    Ruas tol ini yang telah direncanakan sejak lebih dari dua dekade lalu, lho. Tol sepanjang 40,5 km ini sebagian telah mulai beroperasi sejak 2014 lalu dan berhasil dirampungkan pada tahun 2017. Seluruhnya kini beroperasi secara operasional. Jika ingin beristirahat saat berkendara di tol ini, kamu bisa mengunjungi rest area di KM 687 dan KM 695.

     

    9. Tol Surabaya - Mojokerto (Sumo)

    Tol yang menghubungkan Surabaya dan Mojokerto ini telah beroperasi sejak tahun 2017 lalu. Yup, tol sepanjang 36.27km ini juga tol operasional. Kalau kamu akan mudik menggunakan ruas tol ini, coba mampir ke rest area di KM 725 A arah Surabaya. Rest area ini dibangun di atas lahan seluas 4 hektar, lho.

     

    10. Tol Gempol - Pasuruan (Gempas)

    Setelah tahun lalu seksi I dari tol ini dioperasikan, tahun ini kamu bisa melewati pula seksi II dari tol Gempol - Pasuruan yang mencangkup Rembang - Sentra Mebel Bukir, kota Pasuruan. Meskipun ini sudah menjadi tol operasional, seksi II dari tol ini hanya dibuka selama musim mudik saja, yaitu pada H-7 hingga H+7 lebaran. Tarif tol untuk seksi II juga masih gratis.

     

    Tol Trans Sumatera

    1. Tol Medan - Bijai

    Tol yang menghubungkan dua kota di Sumatera Utara ini membentang sepanjang 16,8km. Seluruh jalur yang ada di tol ini sudah dapat dilewati secara operasional. Namun, untuk seksi I yaitu Tanjung Mulia - Helvetia masih belum berbayar.

     

    2. Tol Palembang - Indralaya

    Seksi I dari tol ini, yaitu Palembang - Pamulutan sudah bisa digunakan secara operasional. Untuk kedua seksi lainnya masih beroperasi secara fungsional.

     

    3. Tol Bakauheni - Terbanggi Besar

    Meski tol ini sudah ada yang operasional, Tol Bakauheni - Terbangi Besar belum dikenalan biaya. Jalur operasional dari tol ini mulai dari akses Pelabuhan Bakahueni - Sidomulyo sepanjang 8,9KM. Sedangkan, untuk 21,6KM sisanya masih dipakai secara fungsional.

     

    Nah, itu dia ladies ruas tol baru untuk jalur mudik lebaran 2018. Semoga dengan adanya ruas tol baru ini, perjalanan mudik kamu jauh dari kata macet ya!

     

    (Image: Elena Elisseeva©123RF.com)