Lifestyle

Cara Upgrade Tiket Pesawat ke Kelas Bisnis, Gratis!

  by: Hana A. Devarianti       11/6/2018
  • Harus diakui, terbang menggunakan kelas bisnis terasa jauh lebih nyaman dibandingkan berada di kelas ekonomi. Well, siapa sih yang tidak merasa nyaman di pesawat kalau kamu punya ruang kaki yang lebih besar, kursi yang lebih empuk dan nyaman, serta makanan yang lebih enak rasanya?


    Problemnya adalah tiket pesawat kelas bisnis tak terlalu ramah di kantong. Terkadang, harga tiket kelas bisnis bisa mencapai tiga kali lipat dari tiket kelas ekonomi. Yikes...




    Tapi, tahu tidak kalau kamu sebenarnya bisa upgrade tiket kamu yang kelas ekonomi jadi kelas bisnis secara gratis? Yes ladies, ada lho triknya. Berikut cara upgrade tiket pesawat ke kelas bisnis secara gratis!


    1. Dress the part

    Simpan celana legging, jeans robek, dan flip flop kamu. Kesempatan kamu akan lebih kecil untuk bisa upgrade gratis ke kelas bisnis kalau mengenakan pakaian yang terlalu santai. Well, tahu kan kalau mereka yang menggunakan kelas bisnis akan mengenakan yang pakaian yang lebih "elegan"? Tidak perlu berlebihan, kok. Cukup kenakan sesuatu yang lebih rapi dan profesional, sehingga kamu terlihat blend in dengan penumpang kelas bisnis lainnya.


    2. Travel solo

    Ingin upgrade ke kelas bisnis secara gratis saat kamu sedang liburan dengan the girls? Rasanya ini sulit. Kamu akan lebih mungkin mendapatkan upgrade gratis ketika terbang sendirian. Sebab, seat yang tersedia di pesawat untuk kelas bisnis pun biasanya tak lebih dari dua seat.




    3. Datang lebih awal

    Karena seat yang tersisa untuk kelas bisnis tak seberapa, mendapatkan upgrade secara gratis adalah soal siapa cepat dia dapat. So, datanglah lebih awal supaya kesempatan kamu jadi lebih besar. Kalau datang lebih awal, antrean untuk check in juga belum terlalu panjang. Ini membuat petugas tidak dalam keadaan sibuk dan terburu-buru. Kamu bisa mendapatkan perhatian penuh, plus menerima pelayanan yang lebih!


    4. Jangan takut bertanya
    Terkadang kalau kamu menginginkan sesuatu, kamu harus bertanya. Jadi, saat check in coba saja pasang wajah percaya diri dan bertanyalah pada petugas. Katakan dengan sopan, "Kalau kalian sedang meng-upgrade kelas tiket para penumpang, saya boleh lho dipertimbangkan." Jangan lupa untuk bersikap ramah dan menunjukkan senyum terbaik kamu saat melakukan ini. Ingat, para petugas yang ada di check in adalah yang paling sering menerima keluhan dari penumpang. Mereka pasti akan lebih memperhatikan dan menghargai kamu ketika kamu dapat bersikap santun.


    5. Cek tempat duduk kamu

    Kesempatan kamu untuk mendapatkan upgrade gratis masih ada bahkan ketika kamu sudah naik pesawat, lho. Begitu duduk di kursi kamu, cek apakah seluruh fungsi yang ada di kursi dapat bekerja dengan baik. Apakah armrest kamu berfungsi? Bagaimana dengan tray table? Atau dengan seat belt kamu? Segera sampaikan ke pramugari kalau ternyata ada yang tidak beres di kursi kamu. Kemungkinan besar pramugari akan mencari kursi lain buat kamu, dan tidak menutup kemungkinan itu adalah kelas bisnis.


    6. Rajin cek promo

    Yup, saat ini sebenarnya sudah banyak kartu kredit yang menawarkan fasilitas promo untuk upgrade gratis ke kelas bisnis. Jadi, cek saja kartu kredit apa saja yang bisa memberikan fasilitas ini serta bagaimana cara mendapatkannya. Kamu juga bisa mendaftar jadi frequent flyer di maskapai yang sering kamu gunakan. Poin yang kamu peroleh setiap kali terbang bisa ditukar dengan upgrade gratis ke kelas binis.


    (Image: Валерий Качаев©123RF.com)