Lifestyle

Ini Tips Mengirit Baterai Smartphone Agar Tahan Lama

  by: Alvin Yoga       10/6/2018
  • Siapa sih yang tidak kesal jika baterai smartphone habis di tengah mudik? Ingin berkirim pesan, tidak bisa. Mengambil foto, tidak bisa juga. Mendengarkan musik, tidak bisa juga. Ugh! Ingin tahu cara menghemat baterai smartphone ketika sedang mudik? Baca trik Cosmo berikut!


    Matikan Fitur 4G Jika Kamu Berada di Daerah



    Sinyal 4G memang memberikan koneksi yang jauh lebih cepat, namun baterai yang dikonsumsi pun lebih banyak. Apalagi jika kamu berlibur ke daerah tertentu yang sulit mendapatkan sinyal, smartphone kamu akan secara otomatis berusaha untuk mencari sinyal 4G yang mengakibatkan baterai terkuras dengan cepat. Gunakan sinyal 3G kamu, dan jika tidak begitu penting, hindari penggunaan smartphone.


    Go Go Power Bank Go

    Akui saja, siapa yang tidak membutuhkan power bank di saat-saat seperti ini? Selalu siapkan charger portable untuk berjaga-jaga apabila baterai smartphone kamu kehabisan daya, dan jangan lupa isi daya charger portable tersebut sebelum kamu pergi mudik. Pilihan lain, kamu bisa membawa kabel charger ponsel untuk mengisi baterai ketika di mobil.


    Turunkan Brightness Layar

    Brightness yang tinggi jelas akan menguras baterai, maka dari itu akan jauh lebih baik jika kamu menurunkan tingkat kecerahan layar untuk mengirit baterai. Opsi lain, atur terangnya layar dalam mode otomatis untuk mempermudah kamu.




    Aktifkan Sleep Mode

    Fitur ini memang tidak tersedia dalam setiap smartphone, namun dalam beberapa seri terdapat fitur Sleep Mode untuk akses internet. Ketika fitur ini diaktifkan, maka akses internet akan secara otomatis dimatikan apabila sudah tidak lagi digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.


    Manfaatkan Fitur Penghemat Baterai

    Di beberapa smartphone, fitur ini dikenal sebagai Power Saver. Keuntungan fitur ini adalah smartphone kamu akan secara otomatis mematikan beberapa fitur seperti GPS, wi-fi, hingga mengubah tampilan layar smartphone menjadi hitam-putih untuk menghemat baterai. Fitur ini juga bisa kamu atur, sehingga akan aktif secara otomatis ketika baterai smartphone sudah turun mencapai batas tertentu. Dengan begini, baterai kamu pasti akan bertahan lebih lama.


    Nyalakan Fitur Airplane Mode

    Jika perjalanan kamu masih panjang, dan kamu tidak membutuhkannya selain untuk memutar lagu, aktifkan mode pesawat untuk menghemat baterai. Matikan juga fitur lainnya seperti location atau GPS, auto-rotate, dan lainnya yang jelas akan sangat efektif untuk menghemat baterai. Sudah siap untuk mudik, dear?


    (Alvin Yoga / SW / Image: dolgachov©123RF.com)