Better You

8 Ramuan Essential Oil Ini Bakal Berguna Saat Liburan

  by: Silvya Winny       10/6/2018
  • Jika kamu pengguna sosial media yang aktif, mungkin kamu pasti cukup peka dengan kehadiran essential oil. Minyak ini belakangan cukup hype dibahas saking memiliki manfaat media dan telah dibuktikan memiliki efek menyembuhkan. Sebenarnya, masih belum bisa dipastikan sebarapa faktual klaim menyembuhkan tersebut. Ada yang efektif menyembuhkan, namun di beberapa kasus individu efek tersebut tidak kentara. Tapi harus diakui bahwa aroma essential oil dapat memanjakan indera penciuman kamu.  

    Jika kamu telah membeli rangkaian essential oil sendiri dan tidak yakin cara meraciknya, artikel ini dapat membantu untuk menemukan kegunaan tersembunyi untuk tubuh kamu. Perlu diingat juga bahwa respons orang terhadap aroma ini kemungkinan berbeda. Jika butuh penanganan ekstra, kamu bisa konsultasikan aroma tersebut kepada dokter ahli yang dapat melakukan tes kecil pada kulit.

    Cosmo telah mengumpulkan cara meracik essential oil yang pasti akan sangat berguna saat kamu liburan nanti. Gulir ke bawah untuk tahu lebih lanjut:




    1. Spearmint untuk Nafas Lebih Segar

    Sekali lagi, kamu pastikan dulu essential oil aroma spearmint kamu itu berkualitas food grade. Kemudian siapkan botol semprot, lalu tuang beberapa tetes spearmint (sesuai keinginan Anda) dan air matang. Ta-da! Tak peduli berapa banyak opor atau makanan dengan dominan bawang yang kamu makan nanti, kamu bisa basmi nafas tak sedap dengan campuran essential oil ini.


    2. Peppermint untuk Efek Mendinginkan

    Sedikit yang bisa digali dari wangi peppermint adalah kamu dapat meracik cooling mist dengan menambahkan satu tetes minyak peppermint ke secangkir air, lalu tempatkan dalam botol semprot. Coba deh kamu rasakan manfaatnya usai berolahraga atau ketika AC di rumah sedang tidak berfungsi.



    3. Lavender untuk After Sun

    Kita sudah tahu apa bahaya terlalu lama berada di bawah sinar matahari, namun beberapa dari kita malah “mencari” matahari untuk menghangatkan tubuh, bukan? Minyak aroma lavender memiliki efek yang baik untuk menenangkan kulit setelah berpanas-panasan. Campur dengan air dan apple vinegar dan beberapa tetes minyak ke dalam botol semprot supaya tersebar merata ke tubuh.



    4. Citronella untuk Usai Digigit Serangga

    Citronella telah lama dianggap sebagai anti serangga paling ampuh, dan minyak esensial yang diekstraksi dari dua varietas sereh (lemongrass) ini kuat melindungi kulit dari nyamuk. Bagi beberapa orang, citronella dapat menyebabkan kulit jadi iritasi, maka pastikan untuk mencampur beberapa tetes minyak esensial ke dalam minyak pelarut (carrier oil) sebelum membasuhnya di kulit kamu.




    5. Grapefruit untuk Atasi Kembung

    Beberapa dari kamu pasti sering mengalami perut kembung, dan beberapa pengguna setia menganjurkan bahwa minyak grapefruit ini dapat membantu menguransi retensi air dalam lambung. Campur beberapa tetes minyak esensial ke dalam wadah seperti minyak kelapa dan pijat di area yang terasa kembung.


    6. Lemon untuk Menyegarkan Air

    Duh, sudah memasuki musim panas nih, dan tetap terhidrasi menjadi sebuah tantangan tersendiri. Jika kamu memiliki essential oil dengan kualitas food-grade, kamu bisa menggunakannya. Para penggemar minyak esensial menyarankan untuk menambahkan tetesan minyak ini ke dalam air minum untuk memberi rasa segar. Mencampur grapefruit dan peppermint juga merupakan ide bagus, lho.


    7. Jeruk untuk Memurnikan Udara

    Selain aroma yang menyegarkan, minyak lemon memiliki sifat antibakteri yang luar biasa. Kamu dapat menggunakannya untuk membersihkan udara dalam ruangan, tambahkan beberapa tetesnya ke parfum pembersih ruangan supaya aroma ruangan tercium lebih segar.


    8. Tea Tree Oil Untuk Pembersih Yoga Mat

    Musim panas membuat sesi olahraga terasa lebih berkeringat. Ya, kan? Apakah matras yoga kamu terasa lebih lengket dan licin belakangan ini? Gunakan tea tree oil untuk membantu membersihkan matras kamu. Caranya: tambahkan dua tetes minyak esensial tea tree ke ¾ cangkir air. Untuk memaksimalkan efeknya, kamu bisa juga menambahkan ½ cangkir cuka putih lalu campur semuanya ke dalam botol semprot. Voila! Kamu baru saja punya solusi simpel untuk bersihkan matras kotor.

    (Image: shikibu©123RF.com)