Better You

6 Tips Menyetir Mobil ke Luar Kota dengan Aman

  by: Kezia Calesta       10/6/2018
  • Apakah kamu sedang berencana untuk mengemudi jarak jauh? Tips Cosmo ini akan membantu kamu mencapai tujuan dengan aman dan nyaman!






    1. Pastikan kamu mendapat tidur yang cukup.

    Bayangkan jika kamu harus menyetir selama 7 jam - namun di jam pertama, kamu sudah mengantuk! Untuk menghindari kejadian tersebut, dapatkan 7 jam tidur sejak dua malam sebelumnya untuk mengumpulkan energi, ladies. Sebaiknya hindari juga aktivitas mengemudi pada jam 1-3 siang, di saat temperatur tubuh lebih rendah dan rasa kantuk melanda. 


    2. Kumpulkan energi dengan makanan bernutrisi.

    Bawalah camilan sehat dalam mobil seperti kacang-kacangan dan buah segar. Tahan keinginan kamu untuk menyantap fast food, karena karbohidrat dapat menyebabkan rasa kantuk dan kekenyangan. Kamu boleh-boleh saja meminum kopi, tetapi ingat untuk menjaga konsumsi kafein agar kamu tidak mengalami caffeine crash! Meskipun pada awalnya kamu akan merasa segar, efek tersebut akan berkurang seiring waktu dan malah memudarkan fokus saat sedang menyetir. Please, hindari alkohol saat mengemudi - meskipun satu kaleng bir tidak akan membuat mabuk, alkohol dapat membuat kamu mengantuk.


    3. Rencanakan waktu istirahat.

    Setiap dua jam, carilah rest stop atau tempat istirahat lainnya di mana kamu bisa keluar dari mobil, mendapatkan udara segar, dan meregangkan otot tubuh. Jika kamu sedang traveling bersama teman-teman atau keluarga, mintalah salah satu dari mereka untuk menggantikan kamu dan menyetir selama beberapa jam. Dengan begitu, kamu bisa beristirahat dengan baik! Bila kamu sedang traveling sendirian, nyalakan musik dan biarkan jendela mobil sedikit terbuka untuk ventilasi yang lebih lancar.






    4. Gunakan wewangian segar dan kunyahlah permen karet.

    Saat menyetir jarak jauh, bawalah wewangian lemon atau peppermint untuk menyegarkan pikiran - penyegar alami ini terbukti bisa mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan, lho. Selain itu, mengunyah permen karet juga merupakan proses pengulangan yang dapat meningkatkan sirkulasi dan kewaspadaan. Yay, double freshness!


    5. Simpan semua barang di tempat yang aman.

    Letakkan barang-barang berharga kamu di dalam bagasi, laci, atau kotak penyimpanan yang terkunci. Ingat juga untuk menjaga kebersihan mobil dengan membuang sampah di dalam kantong plastik bekas atau tong sampah yang sudah disiapkan.


    6. Hindari penggunaan smartphone jika tidak penting.

    Nah, ini satu hal yang wajib dipatuhi para millenials yang tidak bisa berhenti mengecek Instagram. Saat ingin membalas chat, pastikan bahwa kamu sedang di dalam posisi dan situasi yang aman (seperti menunggu lampu merah). Saat kamu harus mengangkat telepon, gunakan headset agar kedua tangan kamu bisa tetap memegang setir. Ingat, kamu tidak perlu melakukan selfie atau merekam video saat sedang menyetir. Lakukan saat kendaraan sudah berhenti! Safe travels, ladies.


    (Image: doc. langstrup©123RF.com)