Beauty

Ini Yang Akan Terjadi Jika Sun Cream Telah Kadarluasa!

  by: Astriana Gemiati       20/6/2018
  • Ini adalah hari sebelum liburan kamu tiba, namun kamu sudah sibuk untuk berkemas (alias, mengosongkan seluruh isi lemari pakaian kamu ke tempat tidur), dan seketika kamu pun teringat. Yaa.. Sun cream! Liburan tahun lalu, kamu meninggalkan sisa isi botol sun cream dengan ukuran setengah penuh, dengan meletakannya di bawah wastafel kamar mandi kamu. Pertanyaannya adalah, apakah kamu ingat kapan terakhir kamu beli? Dan bagaimana jika sun cream kamu sudah memasuki tenggat masa kadarluasa? Oooohh Noo....!!!

    Cosmo menanyakan kepada cosmetic dermatologist, Dr Mervyn Patterson dari Woodford Medical untuk mencari tahu apa yang terjadi jika sun cream sudah mengalami perubahan tekstur? Berapa lama bisa bertahan? Dan yang paling penting, bagaimana kita bisa tahu jika sun cream sudah kadarluasa?

    Mari kembali ke dasar...



    PERTAMA, APAKAH SUN CREAM KADARLUASA?

    “Kebanyakan sunscreens juga memiliki kadarluasa, maka dari itu ada baiknya jika kamu mengetahuinya dengan melihat tanggal kadarluasa yang tertera pada kotak tersebut pada saat pertama kali kamu membelinya,” jelas Dr Patterson. “Sangat penting untuk tidak mengabaikan ini karena bahan kimia di dalamnya akan menurunkan bahkan mungkin akan kehilangan efek perlindungannya.”

    Namun bagaimana jika kamu telah membuang kotak beserta tanggal kadarluasa yang tertera di kotak tersebut? Sebagai aturan praktis, Dr Patterson mengatakan kebanyakan produk tabir surya akan bertahan setidaknya satu tahun dari awal penggunaan.


    BAGAIMANA MENGATAKANNYA JIKA TERJADI SESUATU YANG BURUK

    Tanda-tanda peringatan yang harus dicari, adalah aroma dan tekstur. Jika sun protection kamu telah kadarluasa, formula tekstur di dalamnya akan “mulai berpisah atau tidak menyatu alami”. Jika kamu melihat ada sesuatu yang berbeda dari tekstur dan aroma dari ketika kamu pertama kali membelinya, ada baiknya kamu langsung membuangnya.


    APA YANG TERJADI JIKA SUDAH MENGGUNAKAN SUN CREAM YANG TELAH KADARLUASA TANPA SENGAJA?

    Ladies, short version? Kemungkinan besar kulit kamu akan merasakan seperti terbakar, karena formula itu sendiri dapat memicu reaksi dari kulit kamu. “Jika produk sunscreen sudah mulai mengalami perubahan, maka secara teori ada resiko perubahan dari bahan kimia.” Artinya.... Nah, ada kemungkinan lebih besar dari 'contact reactions' dengan kulit, yang berarti itu bisa mengganggu. Kulit Anda bisa memunculkan ruam dan seolah terbakar.. Ouucchh serem ya!!





    JADI APA YANG MENYEBABKAN SUNSCREENS BISA KADARLUASA? INI ADALAH PEMICUNYA...

    Kebanyakan sun cream dirancang untuk tahan lebih banyak dan lama, “namun apabila wadah dibiarkan terkena langsung di bawah sinar matahari (istilahnya ikut terjemur), formulasinya yang paling stabil pun dapat terdegradasi. Maka, “penyimpanan” di tempat yang baik itu penting.” Dr Patterson melanjutkan. Membiarkan tabir surya kamu memanggang di bawah sinar matahari, apakah itu di pantai, atau di jendela belakang mobil kamu, dapat memicu degradasi formula, dan itu membuat produk menjadi tidak berguna. 

    Tempat terbaik untuk menyimpannya? Di suatu tempat yang teduh, sebaiknya dingin dan kering.

    So ladies, jadi sekarang kamu sudah tahu kan apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan untuk menyimpan produk SPF kita terlalu lama.... Diingat ya, jangan ragu membuang barang lama dan membelinya dengan botol yang baru. Kita tahu produk tabir surya memang sangat mahal, tapi ada baiknya melindungi kulit kamu apapun yang terjadi.


    Artikel disadur dari: cosmopolitan.com/uk. Alih bahasa: Astriana Gemiati. Image: GIPHY,  zerbor©123RF.com . Perubahan telah dilakukan oleh editor