Lifestyle

10 Instagrammer Makanan Halal yang Wajib Kamu Follow

  by: Alexander Kusumapradja       11/6/2018
  • Ladies, siapa sih yang tidak suka melihat feed Instagram dengan kurasi makanan lezat yang bisa menjadi penggugah selera sekaligus referensi? Akun khusus makanan atau food Instagrammer memang sudah tak terhitung jumlahnya dan tak jarang beberapa punya spesialisasinya sendiri seperti akun khusus makanan vegan atau akun khusus dessert misalnya. Namun, bagaimana dengan makanan halal? 

    Di Indonesia, mencari makanan halal jelas urusan yang sangat mudah, tapi bagaimana bila kita akan ke luar negeri, terutama ke negara-negara di mana konsep halal tidak seumum negara-negara dengan banyak penduduk muslim? Hal itu jelas menjadi tantangan tersendiri. Karena itu, Cosmo akan merekomendasikan beberapa akun halal food di Instagram dari berbagai negara yang bisa menjadi panduan kamu mencari makanan halal saat berkunjung ke negara mereka. 





    @halal_girl

    Dengan nama alias “Halal Girl”, pemilik akun ini merupakan gadis berusia 25 tahun yang tinggal di Inggris. Pencariannya akan makanan halal yang lezat dan menggugah selera tidak hanya berkisar di London saja, tapi juga di Dubai, Mumbai, hingga Costa Rica. Selain akun Instagram dengan 41,9K followers, ia pun memiliki food blog dan kanal YouTube sendiri yang berisi review restoran dan cerita perjalanan yang seru.



    @mybigfathalalblog_

    Juga berasal dari London, pemilik akun dengan followers sebanyak 36,3K ini adalah seorang mahasiswi kedokteran bernama Ayesha Razak. Dalam setiap perjalanannya baik di daerah Inggris Raya maupun luar negeri, ia tak pernah lupa membagikan review, inspirasi traveling, hingga resep-resep panganan halal tradisional keluarganya.  



    @thehalalfoodblog

    Akun Instagram dengan 48,9K followers ini dijalankan oleh Adam Shah dan Maryah Qubt, pasangan suami istri yang berdomisili di Singapura. Berangkat dari minimnya informasi tentang makanan halal membuat mereka tergerak untuk mengumpulkan sendiri informasi tersebut dan membagikannya lewat akun Instagram ini. 



    @halalgems

    Bagi yang ingin mencari hidden gems berupa restoran-restoran halal di Inggris, Uni Emirat Arab, dan negara-negara lainnya di penjuru dunia, akun dengan 29,4K followers ini bisa menjadi panduan jitu untuk mencari restoran dan takeaway yang dijamin halal dan lezat. 



    @havehalalwilltravel

    Have Halal, Will Travel bermula dari blog yang dijalankan oleh empat orang teman yang mengikuti pertukaran pelajar di Seoul, Korea Selatan. Tidak hanya menampilkan foto-foto makanan dan restoran halal, akun yang diikuti oleh 76,2K followers ini juga kerap mengunggah foto-foto traveling yang pastinya membangkitkan jiwa wanderlust dalam dirimu. 





    @amandasplate

    Pemilik akun ini adalah Amanda Saab, salah satu kontestan Master Chef keturunan Lebanon yang tinggal di Michigan, Amerika Serikat. Seperti yang bisa kamu harapkan dari akun peserta Master Chef, kamu tak hanya dimanjakan dengan foto makanan saja, tapi juga berbagai resep yang bisa kamu coba buat sendiri.



    @myhalalkitchen

    Dengan ayah berdarah Italia dan ibu keturunan Puerto Rico, Yvonne Maffei merupakan seorang koki rumahan dan penulis buku resep yang tinggal di Chicago. Sejak memutuskan beralih agama ke Islam, ia mulai menjalankan blog “My Halal Kitchen” di 2008 dan membagikan resep tradisional yang dipelajari keluarganya seperti lasagna dan spaghetti meatball dengan cara yang halal dan tentu tak kalah lezat. 



    @nourzibdehnutrition

    Walaupun followers-nya belum sebanyak akun lain yang ditampilkan di daftar ini, namun akun yang dijalankan oleh Nour Zibdeh ini akan menarik bagi yang ingin membuat masakan yang tak hanya halal tapi juga sehat dan penuh nutrisi. Hal itu karena Zibdeh sendiri merupakan seorang ahli nutrisi di Virginia yang tak pelit membagikan info dan tips tentang menu-menu makanan halal yang membuatmu tetap fit dan sehat.  



    @chefmalikaameen

    Tak bisa hidup tanpa dessert? Akun milik Malika Ameen ini cocok untuk kamu. Malika adalah seorang pastry chef keturunan Pakistan yang telah merilis buku resep berjudul Sweet Sugar, Sultry Spice yang penuh dengan resep makanan penutup yang halal dan pastinya finger licking good.  



    @msapandi

    Makanan Jepang memang salah satu warisan kuliner terbaik di dunia, namun sayangnya tidak semua bahannya termasuk halal. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa menemukan makanan Jepang yang halal, seperti yang ditunjukkan oleh akun milik Marhamah Sapandi ini, seorang chef yang pernah menuntut ilmu di Tokyo Sushi Academy dan kini tinggal di Singapura menjalankan usaha katering rumahan makanan Jepang yang dijamin halal dan tetap umami


    (Image: dok. Instagram @mybigfathalalblog_)