Lifestyle

Koper Hilang di Bandara? Tenang, Ini Tipsnya!

  by: Alvin Yoga       12/6/2018
  • Baru saja bernapas lega karena kamu akhirnya sampai di tempat tujuan dengan selamat, namun ketika mengantri untuk mengambil koper, tiba-tiba saja kamu tidak bisa menemukan di mana kopermu. Duh, kesal! Masa sih, harus hilang di saat seperti ini? Dear, tarik napas pelan-pelan, dan baca tips ini saat kopermu hilang di bandara. Semoga kamu bisa cepat menemukan kopermu yang hilang, ya!


    Buat laporan kehilangan



    Kementerian BUMN, melalui akun resmi Twitter-nya, @KemenBUMN, menuliskan bahwa begitu kamu menyadari bahwa koper atau barang bawaanmu tidak terlihat di conveyor belt, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah segera melapor pada petugas maskapai yang kamu gunakan, atau hubungi customer service maskapai yang bersangkutan. Semakin cepat kamu melaporkan, semakin cepat masalah bisa diselesaikan. Pada banyak kasus, koper tersebut biasanya tidak hilang namun berada pada penerbangan yang salah, terutama jika penerbanganmu adalah penerbangan transit.

    Nah, kamu juga wajib melaporkan ke kantor Baggage Service di area kedatangan sebelum meninggalkan bandara apabila bagasi tidak diterima pada waktu kedatangan atau bagasi dalam keadaan rusak. Laporan tersebut wajib dilengkapi dengan dokumen baggage tag number, kartu identitas, dan boarding pass. Jangan lupa juga untuk memberikan informasi selengkap-lengkapnya mengenai waktu keberangkatan, kelas penumpang dan sebagainya. Selanjutnya, petugas akan memberikan bukti laporan yaitu Property Irregularity Report (PIR).

    Pastikan saja kamu menyimpan salinan laporan kehilangan bagasi, agar jika koper tersebut tidak ditemukan, kamu memiliki bukti kuat agar mendapat ganti rugi.


    Pastikan Kamu Mendeskripsikan Koper yang Hilang dengan Baik

    Deskripsikan koper tersebut mulai dari warna, desain, ukuran, fitur dan lain-lain. Beberapa orang juga sering menyelipkan syal atau scarf di kopernya agar mudah dikenali. Deskripsikan juga hal ini secara detil untuk mempermudah pihak maskapai dalam pencarian. Tips Cosmo, ada baiknya kamu juga menyimpan gambar kopermu agar lebih mudah ditemukan saat hilang.


    Jangan Sampai Kehilangan Tag Number

    Seringkali kehilangan bagasi membuat kamu panik. Dear, tenang dulu, tarik napas pelan-pelan, dan berpikirlah dengan jernih. Proses kehilangan bagasi memang cukup panjang, dan permintaan petugas memang terkadang membuatmu harus banyak berpikir. Ikuti saja setiap prosedurnya dengan baik, namun di satu sisi, jangan lupa juga untuk selalu menyimpan tag number bagasi dan boarding passmu. Keduanya akan sangat berguna ketika kamu akan melakukan klaim nantinya.




    Cari Tahu Kebijakan Maskapaimu Mengenai Kompensasi Kehilangan

    Setiap maskapai memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Cari tahu apa saja kompensasi yang bisa diberikan jika kopermu hilang. Terkadang aturan mengenai kompensasi ini juga tertera pada tiket ketika kamu membelinya. Cek e-mailmu untuk mencari tahu, dan pastikan kamu mengetahui peraturannya sebelum melakukan klaim pada maskapai.


    Terus Pantau Status Kopermu

    Bukan berarti setelah melapor pada pihak maskapai kamu bisa bersantai-santai menunggu mereka menyelesaikan masalah. Terus pantau status kopermu setiap hari. Jika dalam waktu tiga hari masih belum ada kepastian dari pihak maskapai, coba lakukan pelacakan dengan menelepon layanan bagasi bandara, atau jika perlu langsung datangi kantor resmi maskapai penerbangan. Kopermu akan dinyatakan hilang jika dalam kurun waktu 14 hari sampai 21 hari (tergantung kebijakan masing-masing maskapai) masih belum ditemukan.


    Urus klaim secepatnya

    Inilah pentingnya membeli asuransi dari maskapai, juga asuransi perjalanan jika kamu membelinya. Kamu bisa segera melakukan klaim agar pihak asuransi dapat memberi uang pengganti sementara untuk barang-barangmu yang belum ditemukan. Beberapa asuransi perjalanan bahkan memberikan layanan khusus, sehingga merekalah yang akan menghubungi pihak maskapai dan mengatur proses klaimmu, serta memberimu uang pengganti untuk membeli barang-barang keperluan selama kopermu belum ditemukan. Jadi ingat, setelah mengetahui bahwa kopermu hilang, segera lakukan klaim terhadap koper tersebut agar maskapai dapat mengganti rugi barang-barang penting yang hilang.

    Itu dia tips untuk menghadapi koper yang hilang di bandara, semoga bermanfaat untukmu, dan semoga kopermu cepat ditemukan. Fighting!

    (Alvin Yoga / SW / Image: Dok.bowie15©123RF.com)