Lifestyle

Ingin Nobar Piala Dunia? Pelajari Dulu Hal Dasar Ini!

  by: Alvin Yoga       13/6/2018
  • Ingin nobar piala dunia dengan gebetan tapi belum paham soal World Cup? Good news for you! Sebelum nonton world cup, ada baiknya kamu pelajari dulu hal dasar soal sepakbola. Cosmo sudah siapkan beberapa fakta berikut untuk Anda ingat-ingat agar bisa menjadi bahan obrolan bersama si dia. Simak!


    World Cup atau Piala Dunia merupakan pertandingan sepakbola terbesar yang diselenggarakan oleh anggota FIFA, dan diadakan setiap 4 tahun sekali. Nah, di tahun ini, World Cup 2018 akan diadakan di Russia selama 32 hari, mulai dari 14 Juni hingga 15 Juli 2018. Ini akan menjadi kali pertama World Cup diadakan di Eropa Timur, dengan semua stadium berada di European Russia agar waktu perjalanan setiap negara menuju Rusia tidak terlalu lama, dan juga agar waktu selama masa pertandingan dapat diatur dengan baik.



    Total 32 negara yang telah lolos dari proses kualifikasi akan bertanding dalam World Cup ke-21 ini. Berbeda dari World Cup ke-20 kemarin yang hanya menampilkan 20 negara. Psst, tahukah kamu? Sebagai tuan rumah, Russia tidak perlu mengikuti proses kualifikasi dan bisa langsung masuk dalam 32 besar, lho.

    Bagi kamu yang bertanya-tanya, kapan proses kualifikasinya dilakukan, 209 negara anggota FIFA telah mengikuti proses kualifikasi yang diadakan mulai dari 12 Maret 2015 hingga 15 November 2017 kemarin. Cukup lama, ya? Ini karena jumlah negara yang mendaftar ada ratusan! Plus, pihak dari FIFA harus berpindah-pindah dari satu negara ke negara lainnya untuk proses kualifikasi tersebut.

    Sayangnya, 2 negara, yakni Indonesia dan Zimbabwe, kemudian diumumkan mendapat diskualifikasi sebelum bisa melangsungkan pertandingan pertama mereka. Indonesia sendiri tidak bisa mengikuti proses kualifikasi karena adanya skorsing dari FIFA. Hal ini membuat Indonesia tidak bisa ikut serta dalam pertandingan internasional, mulai dari World Cup 2018 hingga Piala Asia 2019 nanti. Skorsing tersebut didapat ketika dulu pemerintah Indonesia sempat campur tangan dalam sepakbola Indonesia.

    Selain itu, 4 negara besar gugur dalam proses kualifikasi ini: Chili, Amerika Serikat, Belanda dan Italia. Padahal, keempatnya biasa merupakan lawan yang tangguh dan termasuk negara-negara yang sering diunggulkan ketika Piala Dunia. Kabar baiknya, 4 negara lainnya kembali hadir dalam pertandingan World Cup 2018 setelah bertahun-tahun absen. Mesir, yang kembali setelah 28 tahun absen. Maroko, setelah 20 tahun absen, Peru setelah 36 tahun absen, serta Senegal setelah 16 tahun absen. Tak hanya itu, 2 negara, yaitu Islandia dan Panama, akan melakukan debut pertama mereka dalam World Cup 2018.

    Nah, dari 32 negara yang lolos dari tahap kualifikasi kemarin, seluruhnya telah dibagi secara adil dalam 8 grup, dengan masing-masing grup berisi 4 tim, masing-masing mewakili negaranya sendiri-sendiri. Untuk pertandingan World Cup nanti, kamu akan melihat masing-masing tim bertanding terlebih dahulu dalam grupnya. Tahap ini disebut sebagai tahap penyisihan. Setiap kali sebuah negara menang dalam pertandingan, mereka akan diberi 3 poin. Dua negara dengan poin terbanyak dalam masing-masing grup (selanjutnya disebut sebagai juara dan runner up grup) inilah yang nanti akan lolos dalam babak 16 besar.

    Bagi kamu yang bertanya-tanya, pertandingan pertama akan diadakan pada 14 Juni 2018, dengan tim pertama yang akan bertanding adalah Rusia melawan Arab Saudi. Sedangkan pertandingan final akan diadakan pada 15 Juli mendatang di Luzhniki Stadium di Moskow. Psst, 2 pertandingan akan diadakan setiap harinya, masing-masing dilaksanakan pada jam yang berbeda.

    Untuk pertandingan sepakbola sendiri, masing-masing berdurasi 90 menit (2x45 menit) dengan durasi istirahat 15 menit antara babak pertama dan kedua. Bagi kamu yang penasaran, "Lalu bagaimana jika pertandingannya seri setelah 90 menit?" 30 menit tambahan akan diberikan jika hasil dari pertandingan tersebut adalah seri. Tapi jika setelah 30 menit tambahan tersebut hasilnya tetap seri, maka akan diberlakukan adu penalti dengan total 5 tendangan penalti. Jika hasilnya tetap seri, 1 tendangan penalti akan terus ditambahkan pada masing-masing dan seterusnya hingga salah satu tim gagal memasukkan bola. Dengan catatan masing-masing anggota tim hanya boleh menembakkan 1 bola ketika penalti.

    Total pertandingan dalam World Cup 2018 ini adalah 64 pertandingan, dengan 48 pertandingan di babak penyisihan grup, dan 16 pertandingan dengan sistem gugur mulai dari 16 besar. 12 stadion untuk pertandingan telah disiapkan di 11 kota di Rusia. Psst, Rusia kabarnya menghabiskan hingga US$11.8 miliar atau sekitar 165 triliun rupiah untuk biaya renovasi dan pembangunan stadion baru. Wow!

    Total 23 orang akan bermain dalam satu tim, dengan 11 pemain utama dan 12 pemain cadangan. Nah, dalam satu tim diharuskan terdapat 3 orang kiper, satu sebagai kiper utama dan 2 sebagai kiper cadangan.


    Berikut adalah daftar 32 negara yang telah lolos dalam proses kualifikasi. Mana nih yang kamu "jagokan"?


    Grup A: Rusia, Arab Saudi, Mesir, Uruguay

    Grup B: Portugal, Spanyol, Maroko, Iran



    Grup C: Prancis, Australia, Peru, Denmark

    Grup D: Argentina, Islandia, Kroasia, Nigeria

    Grup E: Brazil, Swiss, Kosta Rika, Serbia

    Grup F: Jerman, Meksiko, Swedia, Korea Selatan

    Grup G: Belgia, Panama, Tunisia, Inggris

    Grup H: Polandia, Senegal, Kolombia, Jepang


    Fun Facts:

    3 pemenang World Cup terakhir berasal dari Eropa: Jerman pemenang World Cup 2014, Spanyol pemenang World Cup 2010, dan Italia pemenang World Cup 2006. Nah, Cosmo sudah bertanya pada 15 pria mengenai perkiraan pemenang World Cup 2018. Tanpa Belanda dan Italia, ada 4 negara lain yang diperkirakan akan bertanding dalam 4 besar: Jerman, Brazil, Argentina dan Portugal.

    Oh ya, catat: tak semua kapten tim adalah striker, mayoritas kapten tim justru adalah pemain belakang atau kiper.

    Ada beberapa nomor punggung yang menjadi “tren” di kalangan pemain sepakbola; nomor 1 biasanya dikenakan oleh sang kiper utama, nomor 7 biasanya dikenakan oleh striker atau pemain sayap yang sering mencetak gol, nomor 9 biasanya dikenakan oleh striker, sedangkan nomor 10 biasanya dikenakan oleh playmaker.


    Bagaimana? Sudah siap menonton Piala Dunia sama si dia?


    (Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Bernard Bodo©123RF.com)