Celebrity

Samuel Rizal Bicara Tentang Film Terbarunya, Target

  by: Alexander Kusumapradja       12/6/2018
  • Ladies, have you heard? Sembilan orang public figure diajak untuk syuting film berjudul Target, namun ternyata mereka dijebak dalam sebuah gudang kosong di mana sosok misterius bernama Game Master muncul dan memaksa mereka mengikuti berbagai permainan mematikan dengan nyawa sebagai taruhannya. Dalam 24 jam ke depan, hanya akan ada satu orang yang selamat dari permainan tersebut. 


    Sounds crazy? Well, untungnya cerita di atas hanya premis dari film terbaru besutan Raditya Dika yang berjudul Target. Diproduksi oleh Soraya Intercine Films, Target adalah sebuah film aksi komedi yang dibintangi oleh 9 public figure di mana dalam film ini mereka memerankan diri mereka sendiri dalam skenario yang sudah Cosmo ceritakan di atas. Kesembilan orang tersebut adalah Raditya Dika himself, Cinta Laura Kiehl, Samuel Rizal, Willy Dozan, Abdur Rasyad, Hifdzi Khoir, Ria Ricis, Romy Rafael, dan Anggika Bolsterli. Cast yang bisa dibilang beragam, baik dari segi usia maupun latar belakang. Beberapa sudah dikenal kepiawaiannya dalam mengocok perut sebagai stand up comedian, namun beberapa mungkin baru kali ini terlibat dalam proyek bernapaskan komedi, termasuk Samuel Rizal.




    Outerwear: Painter Man Jackets oleh Tenue de Attire.


    Sosok aktor dan pebasket kelahiran 26 November 1980 tersebut memang lebih lekat dengan film-film bertema drama, khususnya perannya sebagai Adit yang cool dan jutek di Eiffel… I’m in Love, salah satu film drama percintaan remaja Indonesia paling ikonik di dekade 2000-an silam. Namun, saat bertandang ke kantor Cosmo untuk berbincang tentang film terbarunya ini, pria yang akrab dipanggil Sammy tersebut tampaknya memang senang bergurau dalam kehidupan sehari-harinya.    


    Dok. Soraya Intercine Films


    “Habis selesai Eiffel… I’m in Love 2, saya bilang ke produser kalau saya ingin exploring karakter baru. Jadi saya coba kejar itu di film Target ini dan produser puas dengan exploring saya. Sebagai pemain, kita memang kalau bisa jangan main karakter yang itu-itu saja, tetap harus eksplor berperan jadi ini-itu. Saya pun terima tantangan itu di film ini.”


    Di film ini, setiap pemain memang berperan sebagai diri mereka sendiri namun tentu dengan versi yang exaggerated bila dibandingkan kepribadian sehari-hari mereka. Begitupun yang dirasakan oleh Sammy. “Iya memang Sammy di film ini berperan jadi Samuel Rizal, tapi tentu saja ada yang beda dengan Sammy sebagai Adit di Eiffel dengan Sammy di kehidupan nyata dan Sammy di film ini. Karena ini film action comedy, Sammy yang di film ini adalah Sammy versi komedi, tapi aslinya saya juga tukang banyol sih, hehe,” ungkapnya sambil menyunggingkan senyum. 


    Dok. Soraya Intercine Films




    Dengan cerita yang kuat unsur komedi dan dikelilingi oleh beberapa cast yang berakar dunia komedi, Cosmo membayangkan suasana syuting yang tak pernah absen gelak tawa, yang kemudian disetujui oleh Sammy. “Setiap hari pasti ada saja kelakuan lucu dari pemain lain. Pas syuting atau break, ada saja hal yang lucu. Waktu itu mereka iseng main apa tuh, permainan Ask Peter? Saya dipanggil, ‘Sam, Sam sini deh, ada setan online,’ saya tidak percaya terus coba sendiri tanya, ‘Coba gue lagi di mana?’ eh beneran dijawab lagi syuting di bangunan tua. Kok benar? Tapi saya tahu sih itu cuma mainan, haha.” 


    Sammy pun menceritakan bahwa syuting intensif selama satu bulan dengan lokasi syuting yang 75% berlangsung di sebuah gudang, bukan hal yang mengherankan bila akhirnya para pemain memang menjadi dekat, termasuk yang belum pernah kenal sebelumnya sekalipun. “Sebelumnya cuma kenal sama Radit dan Romy, tapi di film ini jadi akrab sama Cinta soalnya kami sama-sama pecinta olahraga dan suka makan sehat juga. Banyak kesamaannya lah, tapi di film ini memang jadi dekat sama semuanya, apalagi setiap orang punya karakternya sendiri. Ada yang suka makan, ada yang baterainya tidak habis-habis, pecicilan, ada yang kerjanya syuting-makan-tidur-syuting lagi, macam-macamlah,” paparnya. 


    Film Target sendiri akan ditayangkan saat hari Lebaran tanggal 15 Juni nanti dan siap bersaing dengan banyak judul film lokal yang juga akan memenuhi layar bioskop. Sammy tetap optimis bahwa film ini bisa menyedot perhatian penonton yang mencari hiburan dan tak sabar untuk ikut beberapa road show yang akan berlangsung di beberapa kota besar.  


    Yang jelas, terlibat di film Target memang selaras dengan target utama Sammy dalam kariernya sebagai seorang aktor, yaitu terus mengeksplorasi peran dan genre baru. “Target di karier memang tetap exploring karakter. Mungkin orang tahunya saya sebagai Adit yang cool atau jutek, tapi kalau film Target ini sudah tayang semoga bisa break image saya sebagai Adit di Eiffel juga dan orang jadi berpikir ‘Oh Sammy bisa main peran yang lain juga ya?” harapnya. 


    Di luar akting, Sammy mengaku masih menemukan keseimbangan hidup lewat aktivitas olahraga yang telah ia tekuni sejak dulu dan traveling, baik bersama sang putri kesayangan maupun mengikuti program My Trip My Adventure. Kebetulan, saat datang ke Cosmo, kulit Sammy memang terlihat lebih legam dari biasanya karena ia baru saja pulang syuting My Trip My Adventure di Biak, Papua. 


    Namun, saat ini akting memang masih menjadi fokus utama. Eksplorasi Sammy pada akting tak berhenti di film layar lebar. Selain Target dan upcoming movies lainnya, Sammy pun akan terlibat dalam pementasan teater yang berjudul Langit 7 Bidadari. “Main teater ini juga termasuk eksplor karakter, sebenarnya di hati sih masih bisa dibilang belum berani, tapi saya ambil saja tawaran ini, perkara bisa atau tidak nantinya ya memang harus bisa,” tegasnya.

    Terakhir, Cosmo pun bertanya apa peran atau genre yang ingin ia coba selanjutnya. “Action sih,” jawabnya cepat. “Kalau ada kesempatan untuk main film action, pasti saya ambil,” tutupnya dengan mantap. 


    (Foto: Muhammad Elano.)