Better You

Bahan-bahan Alami ini Tuntaskan Bibir Kering Kamu

  by: Redaksi       18/6/2018
  • Udara yang tidak bersahabat seperti sekarang ini bikin kita jadi sering badmood dan kesehatan tubuh juga menurun, termasuk masalah kekeringan di area bibir. Kalau bibir sudah kering dan pecah-pecah rasanya menyebalkan karena kamu jadi tak bisa menggunakan lipstick andalan. Selain lip balm yang menjadi solusi bibir kering, menggunakan bahan-bahan alami bisa menjadi pilihan baru untuk dicoba (hasilnya juga akan lebih berkhasiat, lho!). Berikut beberapa bahan alami untuk mentuntaskan bibir kering kamu!

    1.    Madu
    Kamu mungkin pernah mendengar khasiat madu untuk bibir. Nyatanya, madu memang mampu membuat bibir kita lebih lembab dan merah merona. Madu memiliki sifat antibakteri serta dapat mencegah terjadinya infeksi saat bibir pecah-pecah. Meskipun saat ini hadir lip balm dengan kandungan madu, tetapi mengoleskan madu asli di bibir khasiatnya akan jauh lebih baik.

    2.    Lemon
    Lemon ternyata juga memiliki manfaat untuk bibir kering. Karena kandungannya yang kaya akan vitamin C, lemon mampu membantu menghilangkan sel-sel bakteri di bibir. Wow, buah lemon bisa fit in dimana saja ya, baik sebagai penyedap makanan, minuman, dan kesehatan tubuh. All hail the power of lemon!

    3.    Mentega
    Mentega? Seriously? Yes. Kamu pasti juga heran kalau bahan makanan yang biasanya terletak di dapur ini juga memiliki khasiat untuk bibir kering kamu. Kandungan asam lemak yang ada di dalam mentega ternyata berfungsi untuk menjaga kelembaban bibir. Tinggal oles mentega di bibir kamu (bukan oles di roti, ya), bibir akan jauh dari kata kekeringan!

    4.    Aloe Vera
    Tumbuhan yang satu ini memang lagi in banget karena kaya akan manfaat seperti melembabkan kulit di wajah, tubuh, serta menyuburkan rambut. Aloe Vera atau biasanya disebut dengan lidah buaya juga memiliki manfaat untuk mencegah iritasi pada bibir. Cukup aplikasikan gel lidah buaya di bibir, maka sensasi dingin yang terasa di bibir kamu akan membantu merawat bibir menjadi lebih lembab dan terlihat shining.

    5.    Minyak Kelapa
    Kalau kamu biasanya menggunakan minyak kelapa untuk menumis makanan, sekarang coba ubah cara kamu memakai bahan tersebut! Karena kandungan asam laurat yang dimiliki minyak kelapa memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan bibir. Kandungan tersebut efektif mengurangi peradangan dan melawan bakteri di bibir. Dengan menggunakan minyak kelapa di malam hari hasilnya akan jauh lebih optimal karena bibir kamu akan menyerap lemak alami yang berasal dari minyak kelapa. Ladies, berani mencobanya?

    (Nadhifa Arundati / Image: Gleb TVC123RF.com)