Better You

Lari di Luar atau Treadmill, Mana Yang Lebih Baik?

  by: Kezia Calesta       12/6/2018
  • Ladies, apakah kamu lebih suka berlari di luar atau di atas treadmill? Banyak pelari berpikir bahwa olahraga indoor dan outdoor sama-sama penting, namun memiliki manfaat yang berbeda. Sebelum kamu memillih salah satu, ketahui dulu keuntungan dan kekurangan dari masing-masing pilihan agar kamu tahu gaya berlari yang lebih cocok untuk lifestyle kamu.


    Apa keuntungannya berlari di atas treadmill?






    1. Treadmill memiliki lower impact.

    Riset dari Sports Health telah membuktikan bahwa berlari di atas treadmill memiliki dampak yang lebih rendah terhadap sendi lutut dan kaki, khususnya saat kamu menggunakan tipe treadmill dengan landasan khusus yang lebih nyaman. Ditambah lagi, sebuah studi baru oleh Arthritis Care & Research yang mengalanisa kebiasaan berolahraga membuktikan bahwa para pelari yang berolahraga secara reguler memiliki kecenderungan sakit lutut yang lebih rendah dibanding orang yang jarang berlari.


    2. Kamu dapat membakar lebih banyak kalori.

    Dengan bantuan treadmill, kamu bisa berlari tanpa hambatan dan kamu juga bisa mengatur intensitas berlari dengan lebih mudah. Saat kamu memilih program yang efektif dan melakukan interval training di atas treadmill, tenaga yang dikeluarkan dan kalori yang dibakar menjadi semakin banyak!


    3. Treadmill sangat efisien dan efektif.

    Bila kamu tidak memiliki banyak waktu luang untuk berolahraga, treadmill sangat cocok untukmu! Kamu tinggal memencet tombol start dan mengatur waktu berlari yang singkat, kemudian kamu bisa langsung menuju shower setelah selesai. Saat kamu berlari di luar, kamu masih harus mempersiapkan diri untuk perubahan cuaca atau kemacetan jalan raya, kan?


    4. Risiko cedera lebih rendah.

    Tidak ingin terpeleset dan jatuh ke belakang treadmill? Prevention is easy. Gunakan safety clip berwarna merah untuk menjaga keamananmu! Ya, tidak ada klip yang akan menjagamu saat berlari di luar – jika tidak berhati-hati, pelari dapat beresiko tertabrak kendaraan, cedera kaki di tanah yang tidak rata, atau terpapar sinar UV matahari. Pikirkan juga perasaanmu saat sedang berlari sendiri di luar, ladies. Jika kamu merasa tidak aman atau nyaman, treadmill merupakan opsi yang lebih baik untukmu.


    Kalau begitu, apa manfaatnya berlari di luar?






    1. Kamu bisa memicu pertumbuhan tulang.

    Dengan berlari di atas permukaan yang lebih kasar, kamu akan menstimulasi pertumbuhan tulang! Seiring waktu, jika pertumbuhan tulang berhenti, risiko cedera akibat pengeroposan tulang pun akan membesar. Maka dari itu, olahraga sangat penting untuk menjaga tulang agar tetap sehat. Treadmill pun baik untuk pertumbuhan tulang, namun berlari di luar lebih bermanfaat karena permukaan tanah yang lebih keras.


    2. Bokong kamu akan menjadi lebih kuat!

    Saat berlari di atas treadmill, permukaan di bawah kaki kamu sudah bergerak secara otomatis. Saat menapak satu kaki ke depan, treadmill belt akan menarik kaki ke belakang dengan sendirinya… maka otot bagian hamstring dan glutes kamu tidak digunakan dengan maksimal. Saat berlari di luar, setiap otot kaki harus bekerja agar kamu terus bergerak, dan itu artinya bokong kamu akan terbentuk dengan lebih cepat.


    3. Gerakan kamu lebih bervariasi.

    Di atas treadmill, kamu hanya memiliki satu arah – ke depan. Kamu tidak pernah merubah arah, sedangkan berlari di luar memberikan alur alami dengan berbelok ke kanan, kiri, atau berputar balik. Dengan begitu, koordinasi kamu akan semakin lancar dan stabilitas kaki juga lebih terlatih.


    4. Kamu belajar beradaptasi.

    Kondisi permukaan tanah yang tidak stabil, ditambah lagi dengan keadaan sekitar yang terus berubah akan melatih kamu untuk fokus dan beradaptasi dengan lingkungan. Selain itu, kesehatan mental kamu juga akan meningkat dengan berlari di alam luar dengan udara segar dan sinar matahari (gunakan sunscreen di atas jam 10!). Riset oleh University of Exeter membuktikan bahwa perjalanan di alam luar dapat meningkatkan energi dan meredakan perasaan stres dan depresi!


    So, apakah kamu lebih cocok berlari di luar atau di atas treadmill? (Image: doc. lzflzf©123RF.com)