Better You

7 Cara Menyembuhkan Kulit Terbakar Sinar Matahari

  by: Kezia Calesta       13/6/2018
  • Sun’s out, buns out! Saat berlibur, Cosmo mengerti jika kamu ingin bersantai di bawah terik sinar matahari. Eits, apakah kamu sudah terkena sunburn akibat terlalu lama berjemur tanpa perlindungan sunscreen? Nah, Cosmo berikan tips untuk menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari agar kamu dapat kembali beraktivitas dengan nyaman!


    1. Hindari sinar matahari

    Bila kulitmu sudah mulai menunjukkan tanda-tanda sunburn, hindari sinar matahari agar kulitmu tidak semakin terbakar. Pasir, air laut, dan klorin juga bisa membuat kulit perih akibat iritasi dan terkena infeksi. Tidak bisa menghindari pantai? Gunakan sunscreen yang lebih efektif (minimum 30 SPF) pada wajah dan tubuh, dan gunakan pakaian yang bisa menutupi bagian kulitmu yang terbakar.




    2. Bilas dengan air dingin

    Biasanya kulit yang terbakar sinar matahari tidak hanya berubah warna, tetapi juga membengkak. So, mandilah dengan air dingin untuk meredakan inflamasi. Kamu juga bisa mengoles havermut atau sabun yang memiliki kandungan kedelai untuk melegakan kulit! Hindari air panas atau klorin yang bisa membuat kulit semakin kering.


    3. Redakan dengan es batu

    Ada cara yang lebih mudah untuk meredakan sunburn. Masukkan 5-10 es batu ke dalam plastik, lalu bungkus dengan handuk dan aplikasikan ke area kulit yang terbakar selama 5 menit. Do this several times a day!


    4. Oleskan aloe vera

    Untuk menyembuhkan lapisan kulit yang terbakar oleh sinar matahari, gunakan moisturizer yang bisa melindungi kulit dari infeksi dan iritasi. Pengobatan alami yang paling efektif? Aloe vera gel, a.k.a lidah buaya! Aloe vera memiliki properti anti-inflammatory alami yang juga bekerja sebagai cooling agent. Ladies, hindari parfum dan losion harum untuk mencegah iritasi kulit, ya.




    5. Kurangi pemakaian produk skincare

    Sunburn akan membuat kulitmu ekstra sensitif, maka perhatikan produk skincare yang biasanya kamu pakai. Hindari pemakaian face mask, obat jerawat, produk anti-aging, toner, dan scrub yang bisa membuat kondisi kulit semakin parah. Oh, dan jangan menutupi kemerahan kulitmu dengan makeup! Hal tersebut hanya akan membuat kulitmu semakin menderita.


    6. Perbanyak konsumsi air putih

    Kulit yang terbakar sinar matahari bisa membuat tubuh dehidrasi, so drink more water, ladies! Perbanyak konsumsi air putih dan hindari alkohol, karena minuman tersebut malah akan membuat kulit semakin kering. Duh, menyeramkan!


    7. Gunakan pakaian yang nyaman

    Baju ketat yang bergesek dengan kulit akan membuat kulit iritasi. Pilihlah pakaian yang lebih longgar, pilihlah bahan sintetis seperti polyester dan nylon yang sejuk. Get well soon!


    (Image: doc.twelvetribes©123RF.com)