Better You

Cara Mudah Turunkan Berat Badan Tanpa Mengurangi Makan

  by: Kezia Calesta       18/6/2018
  • Psst, mau menurunkan berat badan tanpa menjalankan diet ribet yang membuat perut sengsara? Nothing is impossible! Cosmo ada 6 tips jitu untuk mewujudkan keinginan kamu!





    1. Tingkatkan konsumsi makanan kaya serat.

    Memangnya makanan yang kaya serat bisa menurunkan berat badan? The answer is yes! Makanan berserat seperti havermut, paprika, beras cokelat, dan kacang-kacangan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Dengan begitu, kamu akan merasa kenyang dengan cepat dan lebih lama, dan keinginan untuk mengemil akan tertahan! Selain itu, makanan tinggi serat (khususnya chia seeds) juga melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi, lho.


    2. Perbanyak jam tidur.

    Riset dari Harvard dan National Sleep Foundation telah membuktikan bahwa kekurangan tidur dapat meningkatkan body mass index dan membuat berat badan naik. Sulit tidur? Ladies, 4 minuman ini bisa membuat kamu tidur dengan lebih nyenyak!



    3. Perbanyak santapan kaya protein.

    Selain serat, makanan kaya protein seperti telur, tempe dan buah avokad juga bisa membuat kamu merasa lebih kenyang. Ingin sistem yang lebih efektif? Lakukan “Protein Pacing” - makanlah 4-6 kali sehari dengan porsi yang lebih sedikit dan menu yang tinggi protein. Sistem ini bisa membuat tubuh semakin enerjik saat berolahraga dan mendukung penurunan berat badan!




    4. Jaga tubuh agar tetap terhidrasi.

    Kebiasaan meminum banyak air putih bisa menurunkan body mass index, lho. Riset telah membuktikan bahwa meminum lebih banyak air putih (2-3 liter dalam sehari) bisa menurunkan berat badan, karena pencernaan menjadi semakin lancar dan kamu juga akan lebih sering berjalan ke kamar mandi untuk membuang air kecil! LOL. But seriously, konsumsi air putih yang cukup harus dijadikan prioritas jika kamu ingin tubuh dan kulit yang sehat. Ini 5 tanda yang menunjukkan bahwa kamu perlu minum lebih banyak air putih. 


    5. Tukar camilan dengan makanan sehat.

    Apa sih, hal terburuk yang akan terjadi jika kamu menukar satu bungkus keripik kentang dengan camilan yang lebih sehat? Tidak ada! Justru dengan menyantap camilan seperti apel atau roti gandum dengan selai kacang, your body will thank you. Kamu tidak hanya mengisi perut dengan santapan bernutrisi, tetapi juga mengurangi konsumsi MSG yang berbahaya untuk kesehatan!



    6. Perbanyak kegiatan berolahraga.

    Tentunya, kamu perlu berolahraga jika kamu ingin menurunkan berat badan tanpa diet. Dengan tubuh yang lebih aktif bergerak, kamu pun bisa menyantap makanan favorit tanpa merasa terlalu bersalah. Did you know? Kamu bisa membakar 1000-2000 kalori setiap harinya dengan melakukan aktivitas sehari-hari. So, dengan berolahraga, kalori dan lemak yang terbakar pun akan semakin banyak! Ladiesini 10 alasan yang bisa memotivasi kamu untuk mulai berolahraga, meski kamu membencinya!


    (Image: doc. [email protected])