Career

Ups, Ini 6 Tanda Bahwa Kamu Sebenarnya Boros!

  by: Kezia Calesta       20/6/2018
  • Apakah kamu bukan tipe wanita yang bisa berbelanja secara impulsif dan pulang dengan 5 shopping bag besar? Well, hal tersebut tidak membuktikan bahwa kamu bukan pembelanja yang boros, lho. Berikut adalah tanda-tanda kecil yang menunjukkan bahwa kamu sebenarnya cukup boros!


    1. Kamu seringkali berpikir, “Uang saya ke mana, ya?”

    Nah, ini dia tanda pertama yang membuktikan bahwa kamu sebenarnya boros! Jika kamu sering bertanya-tanya kepada diri sendiri dan melupakan pengeluaran tersebut digunakan untuk apa, you’re spending too much. 




    2. Kamu lebih sering menggunakan kartu kredit dibanding debit.

    Ingat, setiap kali kamu menggunakan kartu kredit, kamu sebenarnya sedang meminjam uang. Jika menjadi kebiasaan, angka-angka yang tadinya terlihat kecil akan menumpuk dan hutang pun menjadi besar! Tentunya, kartu kredit boleh saja dipakai… namun jika kamu selalu menggunakan credit card untuk ngopi dan nonton di bioskop, itulah tanda bahwa pengeluaran kamu terlalu banyak. Gunakan kartu debit saja - pay for it with the money you actually have! Simpanlah kartu kredit untuk hal-hal yang lebih penting, ok?



    2. Kamu sering menggandakan pembelian.

    Pernah tidak sengaja membeli barang yang sudah kamu miliki di rumah? Saat kamu tidak ingat bahwa kamu sudah mempunyai barang tersebut, itu artinya bahwa kamu terbiasa dengan membeli hal-hal yang tidak penting. Lagipula, apakah kamu benar-benar membutuhkan tank top yang sama dalam 5 warna berbeda? Think, and then think again before you shop.


    3. Kamu tidak memiliki budget.

    Ada banyak cara untuk mengatur pengeluaran uang, ladies. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu luang, kamu tidak perlu membuat sistem budgeting yang mendetil, kok. Yang penting, kamu tahu jumlah uang yang dikeluarkan untuk kebutuhan bulanan dan jalan-jalan. Bila kamu suka shopping tanpa tujuan, kemungkinan untuk overspending pun akan membesar - maka jika kamu ingin berbelanja, miliki daftar agar perhatian tidak teralih dengan mudah! Berikut adalah 5 aplikasi jitu yang bisa membantu kamu menabung dan mengatur budget





    4. Kamu tidak memiliki tabungan.

    Duh, tapi gaji saya per bulan saja tidak banyak!” Ladies, buang pikiran tersebut jauh-jauh. Emergency funds sangat penting, maka sisihkan gaji kamu pada setiap awal bulan untuk ditabung. Sedikit pun tidak apa-apa, kok. Jika kamu terus konsisten dan menabung setiap awal bulan, kamu pun akan memiliki tabungan yang berguna untuk masa depan.


    5. Teman-teman menelepon kamu jika mereka mau shopping.

    Siapa sih, yang tidak menikmati shopping time bersama para BFF? Namun jika kamu seringkali dijadikan teman shopping mereka, itu bukan pertanda yang baik! Itu artinya, mereka tahu bahwa kamu tipe teman yang akan mendukung keinginan mereka untuk berbelanja atau bahkan… ikutan berbelanja juga. Duh! Jika teman-temanmu sering mencari kamu untuk menemani mereka berbelanja, that’s not good... karena itu artinya kamu memiliki reputasi sebagai seorang big spender!



    (Image: doc. Kaspars Grinvalds©123RF.com)